Kamis, 30 Oktober 2014

[SPOILER] ouran high school


Postingan sebelumnya saya cerita soal ketertarikan saya pindah dari anime ke manga. Biasanya orang akan suka manga dulu baru anime, tapi ada juga kasus terbalik kayak saya ini. Kali ini intens saya kasih tau salah satu dari 3 manga shoujo kesukaan saya berikut adaptasinya ke anime yang saya sukai. Tentu aja kali ini temanya adalah shoujo.
Lets talk about “ouran high school” first. Manga yang dibikin oleh “bisco hatori” sensei ini bertemakan romance school comedy with reverse harem in. Jadi terkisah lah Fujioka haruhi yang merupakan murid undangan atau murid yang mendapatkan beasiswa penuh dari pihak ouran untuk bersekolah disana yang terjebak dalam sebuah club cowok cowok penghibur yang diberi nama “host club”. Keterjebakannya ini karena dia ceroboh masuk ke kelas yang salah saat mencari tempat yang enak buat belajar, yang ternyata kelas itu adalah sarang nya “host club” yang dikomandani seorang cowok narsis gila pujian dan gila akhlak bernama Suoh Tamaki, terus ada kyoya yang berkepribadian ganda (baik keorang kalau orang itu memberikan keuntungan baginya), sikembar hikaru dan kaoru yang  suka seenaknya, hani si imut dan mori si gentle. Disinilah masalahnya dimulai, haruhi mecahin guci yang dipajang disana seharga 8 juta yen, tentu aja haruhi g bisa bayar, seragam sekolah aja g mampu beli apalagi ganti itu guci. Dengan kebijakan yang dikeluarkan tamaki, haruhi harus bekerja di host club sampai bisa melunasi hutangnya. Awalnya hanya sebagai pesuruh gitu, tapi setelah tidak sengaja melihat potensi haruhi, tamaki menjadikannya seorang host juga. Pada awalnya hanya kyoya yang sadar kalau haruhi itu adalah cewek, lalu perlahan anggota yang lain juga mulai sadar. Yang terakhir tau itu tamaki, sang hero inti, yang tau pas g sengaja masuk ruang ganti haruhi buat ngasih seragam. Dari kesadaran sang tamaki kalau haruhi adalah cewek sudah Nampak ada tanda tanda suka disini tapi sang hero bodoh ini g sadar sadar juga kalau itu cinta, dia menyangkalnya dengan kebodohannya sendiri, dasar. Padahal anggota club lain tau apa yang sebenarnya dirasaan tamaki, tapi kebodohannya benar benar menepis semua petunjuk yang diberikan kyoya padanya. Cerita nya berlanjut seru dengan perkembangan masing masing karakter haruhi dan para harem nya. Yah, walau banyak cowok disini yang suka haruhi tu g semuanya, yang intens itu tamaki dan si kembar hikaru (kaoru mengalah ke hikaru, padahal keduanya sama sama suka haruhi). Kyoya memandang haruhi menarik sedang hani dan mori punya dunianya sendiri, haha.
Saat baca manga nya kita tau hubungan tamaki x haruhi lebih dalam dan gampang aja menebak akhir nya akan bersama siapa. Walau gampang ditebak tapi proses ke sananya g monoton, bahkan sangat enak untuk diikuti belum lagi manga ini berunsurkan komedi  yang kentara juga. Jadi sembari menunggu ending, kita g akan bosan diajak berkeliling dulu.
Soal karakter haruhi, dia adalah cewek yang cuek dan g peka dengan perhatian cowok ke dia. Dia juga g gampang blushing. Dia adalah cewek yang focus pada tujuan dan cita citanya. Terbukti saat dia baru saja pacaran dengan tamaki dengan penuh tekad dia tetap menerima pertukaran pelajar ke amerika dengan pikiran tamaki tetap di jepang. Yah, dia g sangka aja ternyata si tamaki yang ikut ikutan dia ke amerika, padahal udah sedih bakal pisah.
Haruhi adalah tipe heroin yang saya suka, cuek, santai, serba bisa, penuh tekad dan tanggung jawab, dan pasti dia g lebay. Saat tamaki sadar kalau dia mencintai haruhi dan mulai blushing sana sini jika dekat dekat haruhi, bisco hatori sensei juga memberikan perkembangan perasaan haruhi ke tamaki dengan membuat haruhi sadar bahwa dia  juga mencintainya. Tapi cara mencintai haruhi g selebay tamaki. Dia tetap kalem dengan segala perasaannya ke tamaki. Yah, walau yang sadar cinta duluan itu tamaki ntah kenapa yang confess duluan malah haruhi. Tamaki benar benar keterlaluan buat bikin cewek yang disukainya confess mendului dia. Tapi pas pacaran yang lebay itu si tamaki, yang g pengen pisah itu juga tamaki, yang posesif dan overprotektif juga dia,hah. Pasti si haruhi capek nih pacaran sama nih alien.
Finishing dari manga ini benar benar bikin senyum senyum sendiri. Saya g nyesal  udah ngikutinnya.
Bagaimana dengan anime nya. Sangat menyenangkan mengetahui bahwa adaptasi anime nya ada, melihat mereka bergerak dan bersuara akan sangat membantu otak mengimajinasikan ceritanya lebih baik. Tapi saat menontonnya agak sedikit kecewa, mungkin karna dilandasi dengan baca manga dulu baru nonton anime jadi kesan manga lebih bagus dari anime itu jadi lekat, apalagi di anime kadang rada lebay dan adanya penambahan yang  yang berarti. Atau bisa jadi karna yang dibayangkan di imajinasi g sesuai dengan yang ditampilkan.
26 episode g cukup untuk mengcover cerita ini, akibatnya berending gantung. Kesadaran cinta haruhi jadi dimajukan karna terbatasnya episode. Sialnya, g ada lanjutan dari serial ini. Yah, dari yang saya lihat anime shojo emang susah laku dipasaran sehingga studio jadi g mau memberikan sekuel karna untungnya g banyak, hehe.
Kesimpulan, bagusan baca manga nya dari pada anime nya biar cerita nya clear dan g meninggalkan tanda Tanya di kepala.

3 komentar:

  1. Kak mau nanya, mau baca manganya online dimana sih? Apa harus beli bentuk komiknya?

    BalasHapus
  2. Asli, cari mangan nya kenapa susah bet yak

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.