Senin, 02 Maret 2015

[SPOILER] siapa gadis yang berjanji dan akan dipilih raku (Nisekoi)


Sinopsisnya begini. Ichijo raku yang merupakan anak laki laki tunggal seorang ketua kelompok yakuza “shuuei group” dipaksa harus pura pura pacaran dengan anak perempuan tunggal seorang ketua mafia “beehive” bernama kirisaki chitoge selama 3 tahun dengan tujuan 2 kelomok besar yang tadinya lagi bersiteru hebat ini dapat akur (melihat anak bos mereka masing masing yang sudah bagai anak sendiri bagi mereka) sebab g mungkin mereka berdua pacaran (rakuxchitoge) diganggu dengan konflik berdarah mereka yang berkepanjangan . Perlu diketahui bahwa dihari pertama mereka bertemu (raku dan chitoge) g pernah akur dan selalu bagai anjing dan kucing. Ketika dihadapkan pada situasi “mau bagai mana lagi” ini mereka benar benar mengeluarkan kemampuan acting yang dapat membuat anak buah mereka jadi melihat mereka sebagai pasangan muda mudi yang lagi kasmaran. Disisi lain yaitu raku sudah memiliki orang yang disukai nya, yaitu kosaki onodera. Sebenarnya onodera juga suka dia, tapi karna kedua nya g menyampaikan nya satu sama lain, jadi cinta ini bagai ingin ber “high five” tapi yang ditepuk bukan tangan pasangannya malahan angin (ngerti g nih?),haha. Di masa lalunya raku (kecil) pernah ketemu cewek dan mereka jadi sering main bersama, tapi sang gadis kecil harus pergi, dia ngasih raku liontin yang ada lobang kuncinya, sedangkan kunci nya dia yang bawa. Meraka berjanji dengan kata “zaxia in love” dan jika ketemu lagi akan membuka liontin itu dan menikah,hohoho.
Cerita kian berlanjut dengan berbagai karakter devolepment mereka masing masing. Hingga akhirnya ada 4 cewek yang memegang kunci yang keemppat empatnya juga menyukai raku. Diurutin dari kunci pertama yang dilihatin :
1.       Onodera kosaki
2.       Kirisaki chitoge
3.       Tachibana marika
4.       Kanakura yui
Onodera adalah cewek pertama yang diceritakan memiliki kunci, g tanggung tanggung dilihatin di chapter 1. Katanya waktu kecil dia pernah berjanji dengan laki laki kecil teman mainnya dulu dan dikasih kunci. Cewek kedua adalah chitoge, dia memuin diari lamanya di lemari dan nemuin kunci juga, sebenarnya dia lupa soal janji dan kunci itu, Cuma karena diingatin sama tsugumi dia jadi cari tau lagi. Cewek ketiga itu marika dan keempat itu yui yang merupakan kakak sepupunya raku.
Yang akan saya ceritakan kebawah mungkin hanya pemikiran saya saja bagaimana naoshi komi akan menjawab misteri kunci dan liontin yang ada di manga ini dan juga misteri dengan siapakah raku nantinya akan dipasangkan.
Saat ini, sampai chapter terakhir saya baca, raku masih bersikeras bilang kalau dia menyukai onodera dengan berbagai pembenaran pembenaran yang dirancang nya sendiri. Sedangkan belakangan ini setelah kemunculan yui dan bikin sensasi menantang chitoge buat dapetin raku, perkembangan misteri ke arah kunci dan liontin jadi terpinggirkan lagi.

Saya g mulu mulu deh. Orang awam akan jawab kalau cewek yang memberikan liontin itu ke raku pasti chitoge. Yah, saya sependapat dengan orang awam tersebut karena ini ceritanya komedi romantis harem jadi g bakal dibikin ribet deh sama authornya. Dari awal aja naoshi komi ini kelihatan niat banget pengen raku ini berakhir dengan rute chitoge. Terbukti dengan bagaimana cepatnya hubungan cinta raku dan chitoge berjalan sedangkan dengan karakter lainnya bagaikan diam ditempat saja. Ntah kenapa setelah adegan janji di chapter 1, yang dilihatin malah chitoge pas udah besar. Chitoge menjadi karakter utama pertama yang dilihatin naoshi komi setelah time leap 10 tahun, baru habis itu raku yang lagi masak. Dan lagi, letak gambarnya setelah adegan janji masa kecil, kayak mengindikasikan kalau sedari awal naoshi komi itu emang mau jadiin chitoge sebagai si gadis yang ngasih liontin ke raku. Itu sih maunya naoshi komi sensei, kalau pada akhirnya naoshi komi lebih memperturutkan kata fans nya maka mungkin saja raku akan mengikuti rute onodera,haha.

Sebenarnya banyak bukti yang mengarah kalau chitoge lah yang ngasih raku liontin, ini yang saya ingat aja (mungkin pembicaraan ini akan lebih banyak menyinggung pada dua kandidat utama, onodera dan chitoge)
1.       Buku hariannya chitoge. Terakhir dibuku itu dia bilang, kalau dia g keberatan nikah sama si cowok di masa kecilnya itu kalau nanti mereka udah besar (janji mereka janji buat nikah,kan?). Plus di sana chitoge bilang juga akan berpisah dengannya untuk kembali ke amerika. Sekarang ini udah jelas kalau cowok yang dibuku harian itu emang raku

2.       Si gadis itu berambut panjang. Kalau dilihat lagi, chitoge memiliki potongan rambut paling panjang dari cewek yang lain saat kecil. Yui nee panjang juga, masih kurang panjang dibandingkan si gadis dalam janji. Disini onodera dan marika gugur jadi kandidat pemegang kunci asli

3.       Raku bilang dia dikasih liontin dan si gadis megang kuncinya. Onodera bilang dia diberi kunci sama si cowok teman kecilnya itu. Ini jadi g nyambung,kan? G mungkin raku ngasih kunci sedangkan liontinnya aja yang ngasih si gadis, nanti kuncinya jadi g pas dong. Intinya, cewek yang ngaku dikasih raku kunci bukanlah cewek megang kunci yang asli. Sampai saat ini chitoge belum ingat apa apa soal kejadian beri memberi liontin dan kunci, walau demikian g masalah karena dia belum ngaku kalau dikasih kunci

4.       Pertama kali ketemu sang gadis adalah di bukit pas malam malam. Marika g mungkin bisa main malam malam keluar. Onodera rasanya juga ga mungkin sebengal itu pas kecil, Yang nakal waktu kecil itu chitoge. Emang sih dia takut gelap. Tapi itu setelah ia ngaku terjebak selama lima jam dalam mesin cuci (mungkin saja ini kejadiannya setelah ia balik ke amerika pas di jepang dia masih belum takut gelap). dalam memorinya tsugumi, chitoge memang karakter nya nakal dan bertindak sesukanya pas kecil, bisa jadi chitoge masih belum memiliki trauma saat waktu kecil ke jepang. dan lagi bukit? apa rumah raku dekat bukit? jika diingat lagi bapaknya raku dan bapaknya toge itu melakukan sebuah kerjasama dan mungkin saja dilakukan bukan di sekitaran kediaman shuuei gumi melainkan ditempat yang lebih nyaman buat bisnis, seperti penginapan di atas bukit. tentu aja kalau mereka kesana anaknya juga akan ikut, siapa anaknya? ya raku dan chitoge. 

5.       Si gadis nangis gara gara baca buku bergambar yang endingnya sedih. walau onodera punya buku bergambar itu dirumahnya tapi dia kelihatan g ada moment dengan bagian ending buku cerita itu dia malah bilang karna ending ceritanya g ada makanya dia jadi berhenti baca buku itu. Marika jelas g tau menau soal buku ceritanya. Chitoge ingat punya buku itu juga tapi g ingat bagian raku menulis ulang ending cerita itu.dia bahkan bilang dia pake pita merah karna si cewek dalam cerita memakainya juga.

6.       Zaxia in love adalah kata kunci dari janji yang dibuat sang gadsi dengan raku. Walau toge kurang ingat dibagian yang diingat raku, tapi kata kata zaxia in love adalah kata kata yang sama sama mereka ingat. Cewek lain belum memperlihatkan kalau mereka familiar dengan kata zaxia in love ini\

7.       Mata si gadis warna coklat atau hitam. Ini membuat chitoge tersisih dari kandidat pemegang kunci asli. Tapi akhirnya papa nya bilang matanya toge pas kecil warnanya coklat, pas udah gede jadi biru.

8.       Raku hampir mengatakan siapa yang berjanji padanya di malam ulang tahun chitoge, seperti akan mengatakan kalau itu chitoge. Tapi pas di flash back kuncinya malah kunci onodera. ini emang point plus buat onodera, tapi bisa jadi ini jebakan agar pembaca dibikin bingung lagi, karna membuat pembaca bingung menentukan ending itu adalah kepuasan tersendiri bagi sipembuat cerita. 

9.       Yui malah mendeklarasikannya cintanya ke chitoge walau tau chitoge hanya pacar boongan raku, ini bagai pernyataan perang dan kenapa pula harus ke chitoge kenapa g kemarika atau onodera juga. Jawabannya tak lain dan tak bukan dimasa lalu chitogelah yang memegang hatinya raku, jadi bisa aja raku dan chitoge ini CLBK.

10.   Yui nanya ke raku apa raku akan bisa menyukai gadis kecilnya yang udah besar sekarang kalau dia dikasih tau sama yui siapa gadis itu. Yui tau permasalahan kelompok beehive dan shuuei group ampe meraka jadi terpaksa jadi pasangan boongan. Kemungkinan hubungan tak akur raku dan toge udah dikasih tau oleh bapaknya raku ke yui, makanya yui jadi nanya ke raku apa raku masih akan suka jika tau siapa gadis itu.

11.   Walau di hari ulang tahun ke 16 chitoge dan raku udah coba membuka liontin itu, tapi malah kunci chitoge nyangkut disana karna patah. Penyebab kenapa kunci chitoge yang harusnya bisa buka tu liontin jadi g bisa karna ada yang nyangkut didalam liontin itu. Kunci yui terbukti retak, pecahan kunci yui yang g pas dengan liontinnya itu pasti nyangkut di liontinnya raku yang membuat kunci manapun g akan bisa buka tuh liontin. Jadi sebelum pecahan tadi terambil, kunci manapun g akan bisa membuka liontinnya raku.

tambahan, tapi mungkin ini diluar manga dan alur cerita, tapi bisa jadi ini juga bukti
  1. pada lagu ending OVA nisekoi, ketika disorot lubang liontinnya raku, yang muncul chitoge,haha
  2. udah ada yang baca spin off nya nisekoi atau malah udah nonton? yang itu loh, onodera dan kawan kawan jadi mahou shoujo, saya lupa judulnya, yang pasti onodera lah bintang nya disana. kira kira kenpa naoshi komi menyetujui pembuatan manga itu (perlu diketahui naoshi komi bukan yang bikin tuh manga, dia hanya sebagai "original story" doang)? salah satu alasannya karna fans nya onodera ini buanyak bingits. menurut saya g cuma itu. besar kemungkinan, di ending tu manga onodera bakalan jadian sama raku. nah apa hubungannya dengan nisekoi? ada dong. jadi nanti fans nya onodera ga terlalu kecewa dan marah marah sama naoshi komi kalau nanti nisekoi beneran berendingkan raku x toge. kan di spin off nya nisekoi fans nya kosaki udah dkasih fans service,haha. jikalau niseko itu buat rakuxtoge, maka spin off nya itu rakuxdera. hm, mungkin di anime ga kelihatan ada raku disana (spin off), tapi di salah satu chapter manga raku dilihatkan sebagai pangeran sekolah gitu, kaya ganteng dan bla bla bla, haha.
  3. chitoge itu heroine pertama, makanya pas di radio nisekoi yang bawain acara adalah toyama nao yang adalah seiyuu nya chitoge, kadang ada tamu, yaitu karakter nisekoi lainnya. ane g yakin ini juga bisa jadi bukti atau g tapi dengan mendominasinya Nao (chitoge) pada nisekoi dalam event event nisekoi, mengharfiahkan alur cerita utama akan di pegang dia. rasanya g enak aja, udah di angkat sedemikian rupa oleh staff dan author (naoshi komi) tiba tiba dia malah berakhir broken heart. naoshi komi dan staff anime meninggikan toge selangkah dari yang lain pasti ada sebabnya, bukan hanya karna hal hal sepele aja.
  4. jangan lupakan soal one shot nih manga. udah pada baca? itu loh, ceritanya raku dan toge emang temen dari kecil, tapi karna raku ingkar janji toge marah dan mereka bertengkar sampai SMA. saat SMA kejadian deh nisekoi itu dengan alasan yang sama dengan nisekoi manga yang kita baca saat ini. tidak ada onodera, marika dan yui disana. yang ada hanyalah raku yang ingin menepati janji yang tertunda nya sama chitoge. dari awal naoshi sensei udah menyetting kalau raku ini buat toge, tapi ga tau sih sesuai dengan meningkatnya popularitas masing masing karakter apakah naoshi sensei akan tetap dengan ending awal atau malah mengubah endingnya dengan couple yang  lain. 

Spekulasi tambahan, masalah buku cerita bergambar yang nyasar ke rumah onodera. Buku itu bisa jadi hadiah perpisahan dari chitoge ke onodera. Atau chitoge meminjamkan buku itu ke onodera tapi sebelum dikembalikan chitoge udah lebih dulu pergi ke amerika, jadi onodera tetap menyimpannya sampai tiba waktunya mereka ketemu dan balikin buku itu lagi. Tapi sayangnya onodera lupa akan hal itu,hehe.
Ntah kenapa naoshi komi membuat hubungan cinta onodera dan raku jadi disitu situ aja, padahal kalau salah satunya melakukan “kokuhaku” (pernytaan cinta) masalah selesai dan mereka happy ending. Sebaliknya, hubungan cinta raku toge malah melesat, baik itu karena disebabkan pancingannya si marika (suka jelek jelekin chitoge di depan raku tapi pada akhirnya membuat raku sadar kalau toge g seburuk yang marika bilang) atau pun bantuan nya onodera sendiri baik secara langsung (semangatin raku buat ngibur toge) atau g langsung (kejadian kejadian g beruntung). Yah, raku emang bilang karna mereka berteman makanya dia jadi melakukan banyak hal untuk chitoge, ini karna raku belum sadar aja perasaan dia yang sebenarnya ke chitoge. Kayaknya shuu harus ekstra keras membuat raku paham ini. Oya, alasannya menyukai onodera belakangan ini jadi kayak dipaksakan karna masih menyangkal kalau dia sekarang memang ada rasa sama chitoge.
Sekarang ini lagi naoshi komi sensei lagi bikin konflik chitoge yang kembali ke amerika padahal belum jalan 3 tahun mereka di jepang. Chitoge udah merasa nyaman dengan teman temannya dan dia juga menyukai raku. Toge lagi disekap sama si claude di sebuah ruangan dan g boleh kemana mana termasuk ke pesta perpisahan. Ini nyesek juga kalau harus pisah tanpa bilang selamat tinggal, makanya toge nangis deras banget, bahkan dia belum sempat kokuhaku sama raku. Kalau dia jadi ke amerika bakalan menyisakan banyak penyesalan, makanya moga chapter depan naoshi komi sensei memberikan ceria lanjutan yang wah untuk minggu depan. Jadi g sabar.

setelah arc marika yang berkepanjangan kemaren akhirnya kita dibawa lagi ke inti cerita dimana fase nya udah nyampai chitoge vs onodera. mereka sama sama bertekad untuk maju dan lebih berani dalam mengungkapkan perasaan masing masing. bagaimana lanjutnya nanti selagi raku bingung dia cintanya sama siapa? palingan juga filler lagi nanti, hahaha.

Oya, intinya, kalau nih cerita berakhir harem, naoshi komi sukses bikin cerita sampah. Jika berakhir dengan memilih salah satu cewek,
1.                     kalau onodera (pilihan fans) ntah kenapa terasa janggal dan membuat cerita jadi berending hambar, kecuali naoshi komi mengemasnya dengan chapter chapter yang menegangkan, atau bisa diterima akal lah.
2.                     Kalau chitoge (pilihan author) lebih terasa pas dan sesuai dengan judul,  

Jika berakhir dengan twist, naoshi komi sukses merusak ceritanya yang udah bagus menjadi aneh diending, tentunya dia g mau fans jadi meledeknya gara gara twist g mutunya dia. yang pasti dengan siapaun raku di ending nanti asalkan naoshi komi mampu mengemas ceritanya sangat menarik dan masuk akal maka itu udah cukup.

belakangan saya rada kecewa dengan salah satu cerita harem yang make twist tepat sebelum ending harem. ah, kesal banget deh, ampe saya jadi mikir ga tertutup kemungkinan juga naoshi komi berani ngasih twist kayak gitu. kita jagoin chitoge atau onodera, endingnya malah sama shuu, kan ga enak banget, haha. tapi biasanya, biasanya ya. heroine pertama punya kans yang lebih gede buat menang, bukan berarti heroine ke 2 ga punya kesempatan, tapi kenyataanya emang power heroine 1 impact nya lebih gede ketimbang heroine ke 2. ini pengalaman saya nonton anime, baca LN dan baca manga.


for next spoiler manga nisekoi akan tamat segera kah?

o iya, kalau kamu pengen baca fancic nisekoi menyangkut kelanjutan 219 mungkin bisa coba baca ternyata, kamu lah gadis yang berjanji denganku (nisekoi fanfic). atau pengen lihat koleksi fanfic nisekoi lainnya kumpulan fanfic nisekoi.

209 komentar:

  1. aku berharap raku bisa jadian beneran sama chitoge :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang,gan. masih banyak kesempatan chitoge buat menangin hatinya raku. masih ada 3 bulan lagi mereka dikelas 2 dan 1 tahun lagi dikelas 3. saya optimis endingnya rakuxchitoge karna mangakanya juga lebih condong ke mereka

      Hapus
    2. Yoshh gw Stuju bgt Raku X Chitoge😍😍

      Hapus
    3. Aku juga setuju raku chitoge 😗

      Hapus
    4. Nonton animenya baru sampe S2
      S3 kapan sih?

      Hapus
  2. satu lagi , pas raku hilang ingatan , sebelum ingatannya balik raku bilang chitoge yang berjanji sama si raku , liat aja chapter 91

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sempat,gan. masih gantung omongannya si raku waktu itu mah

      Hapus
  3. Keren,,,, boleh ngga ini jadi referensi artikel ane,,, ane mau nulis masalah ini juga,,,, berandaotaku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp ane tim Onedara

      Hapus
    2. silahkan,gan. tapi cantumin backlink nya ya gan.
      oya, ane team chitoge (kayak nya udah ketauan dari tulisan diatas),hehe
      ane udah lihat blog nya agan, keren...

      Hapus
  4. Ane mah nikmatin ceritanya aje
    ntah mau sama chitoge onodera marika yui ato malah tsugumi yang penteng ketawa :v
    intinya kalok udah tamat jangan ricuh kayak endingnya naruto
    fans ricuh gara" naruto x hinata ato naruto x sakura :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ane ga tau kalau fans naruto ricuh soal naruxhina,gan. ane g pernah masuk forum forum naruto soalnya.
      awalnya juga ane nikmatin gan, lucu soalnya. tapi makin kemari, tepatnya habis chapter natal kemaren, ane eneg dan g lanjut lagi bacanya ampe sekarang.

      Hapus
  5. Bisa pada samaan jatuh cinta sama Raku gitu ya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga manga/anime harem gan. ciri khas harem banget

      Hapus
    2. Cowo ganteng itu bagaikan sultan ganteng :v

      Hapus
  6. Gan, saya sempet dapet spoiler dari fanbase sebelah. Katanya naoshi komi udah bilang kalo manganya nanti bakal berending dengan kosaki. Saya jdi bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujur gan, ane udah lama ga main main di forum nisekoi karna manga nya mulai bikin boring. walau gitu ane masih g percaya ada mangaka yang mau bocorin ending ceritanya sama pembaca, bukannya itu malah menurunkan penjualan tankobon nya, karna jika naoshi sensei bilang spoiler berat kayak gitu kan yang beli komiknya nanti cuma fans kosaki doang, buat apa fans fraksi lain beli komiknya kalau endingnya bukan sama cewek dari fraksi mereka. gitu sih gan kalau menurut ane.

      Hapus
  7. Tipu daya Komi sensei memang selalu bikin tertenyum tenang..

    Fact :

    - Chitoge = Gadis yg memberi liontin perpisahan.
    - Kosaki = Gadis yg menangis di malam hari dengan buku nya.
    - Marika = Gadis yg berjanji menikah setelah dewasa.
    - Yui-nee = Goalkeeper 4 kunci (maksud tujuan agar hubungan mereka saling berhubungan saat remaja nanti) , dengan real key di tangan Kosaki hasil pemberian Chitoge sebagai pemilik asli liontin dan real key.

    - sinz -

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga pernah mikir kayak gitu,gan. tapi seiring betambahnya chapter di manga pemikiran ane tentang pembagian moment itu jadi beramgsur pudar, ane lebih timpang pada teori dimana moment yang diingat raku itu hanya terjadi pada satu cewek saja, yaitu chitoge. chitoge yang ngasih liontin, chitoge yang baca buku sambil nangis (ingat, waktu kecil ortu mereka terlibat bisnis, jadi bisa jadi menyelesaikan bisnis mereka di suatu tempat dimana anak kecilnya cuma ada raku dan toge doang). chitoge juga bisa jadi janji menikah, simak aja buku diasrinya waktu kecil.

      Hapus
  8. Ngomong2 manga nya udh tamat min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomongin masalah manga mah kadang ane bisa lemes sendiri, fillernya kagak nahan. kelihatan kali naoshi komi sensei pengen kali manjang manjangin nih manga. jawabannya, belum, nih manga masih on going mungkin bisa bertahun tahun akan datang baru tamat. terkahir chapter 177, minggu kemaren ga liris chapter baru karna katanya senseinya lagi sakit, jadi 178 baru akan keluar akhir minggu ini.

      Hapus
    2. Tiap hari apa update manga nya min? Trus mimin biasanya baca dmna kalo boleh tau?

      Hapus
    3. sama kayak rilis manga shonen jump yang lain, hari kamis itu paling cepat. tapi ane jarang banget dapat chapter barunya dihari kamis, paling banter jumat atau sabtu udah keluar sub englishnya.
      ane ga pernah tetap baca dimana. tapi menurut pengalaman ane http://www.mangamint.com/ paling cepat ngeluarin sub english.

      Hapus
  9. We dukung onodera.....
    #TeamOnodera :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh... Onodera Fans Club... hehehe...

      Hapus
    2. Ane team onodera, ane ska bngettt sma onodera,
      Tpi soal keegoisan gw, gw gk seegois wktu suka sma sasusaku wkwkw, gw gk akan marah-marah klo emg chitoge yg mnang, tpi gw jga ngarep bgt raku x onodera, tpi mas mba ni manga blm selesai ya, jgn smpe ada yg sok bilang "udh pasti chitoge menang " ato "udh pasti onodera menang" karena manganya aja blm selesai.. So keep calm and support our team

      Hapus
  10. Ane liat logo nisekoi di huruf "i" nya di ganti ama kunci milik onodera, apakah ini?

    #teamOnodera

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, yang itu ya. usut punya usut katanya logo yang agan liat itu bukan logo resmi nisekoi melainkan buatan fans. logo resmi nya hanya tulisan nisekoi berhuruf katakana.

      Hapus
    2. Ane pikir tu logo resmi dari versi huruf abjadnya ternyata bukan ya,

      Hapus
    3. gimana ya gan, logo versi huruf latin kayak gitu ga ditemukan di situs resmi nisekoi http://www.nisekoi.jp/
      kalau mereka bikin judul latin, ga ada gambar pendan dan kunci, coba aja cek.

      Hapus
  11. semoga aja chitoge yang sama raku !

    BalasHapus
    Balasan
    1. harapan saya juga gitu. tapi itu kembali lagi ke naoshi komi sensei nya

      Hapus
    2. Ikut seneng klo chitoge ma raku, tpi ngarep banget raku ma onodera

      #teamOnodera

      Hapus
  12. Yg masih jadi pertanyaan...
    ISI TUH LIONTIN APAAN ??
    Emgnya sehebat apaan sih tuh rahasia ???
    Klo luar biasa, kenapa gk sekalian aja bikin SEASON 3 FINAL ??
    (Harapan Ane sih gitu :3 )

    BalasHapus
    Balasan
    1. season 3? kamu lagi bicarain animenya? ini saya bicarain manga nya.
      ada pendapat juga yang bilang isinya sepasang cincin. kalau menurut saya, liontin dan apa itu isinya udah bukan penentuan lagi raku bakalan sama siapa akhirnya, jadi saya menyimpulkan juga, isi tu liontin dan rahasia janji 10 tahun yang lalu (sekarang udah jadi 11 tahun) ga sehebat yang di gadang gadang di awal seres dulu (menilik manga)

      Hapus
    2. Yg bikin ane kesel, semakin jauh... Semakin Rumit walau juga gk serumit Kasusnya Conan...
      Tpi Yg masih nyangkut di Otak ane cuma isi dari liontin itu.... Soalnya ane yakin saat2 terakhir sebelum tamat biasanya tuh benda baru bakal kebuka...
      Klo Manga ya emg ane belum baca... Cuma ngeliat Kisah percintaan yg tiap harinya ngegantung rasanya kaya...... APA GITU.... Kesel sendiri jadinya :v

      Moga aja END-nya Raku jadinya sma Cwe yg kita maksud ya gan :v :3
      Lagian klo jadi Anime lg... Kira2 bakal berapa Season ya ???

      Hapus
    3. iya gan, karna ngegantung itu ane juga jadi ngikutin manga nya. nanti pas baca manga juga pasti jauh lebih gregetan dari pada nonton anime,hehe...
      jadi anime? bisa 5 season kayanya tu,haha. di manga nya aja ceritanya terkesan dipanjang panjangin gitu, kalau jadi anime pasti bikin boring.

      Hapus
    4. Iya gan gw tau isinya apaan
      Isinya catatan si promise girl
      Foto si raku sama promise girl sama
      Sobekan kertas apa yah rasanya pernah liat maaf gan lupA
      Emang apa spesialnya onodera sih dia gak masuk dalam tipe cowok tau naoshi komi pasti bikin onodera buat trap chitoge raku buktinya pas chitoge pengen ciuman sama raku onodera dateng
      #team chitoge
      にせこい

      Hapus
    5. Spesialnya onodera? Jangan salah gan, tu cewek dambaan cowok cowok Jepang. Cuma pas udah mau tamat aja popularitasnya rada turun, pas awal awal dulu slalu ngalahin chitoge, its real. Fungsi onodera yah spt kita tau buat menjebak dan bikin pembaca bingung aja, plus buat manjang manjangin cerita.

      Hapus
    6. #teamchitoge
      #rakuxchitoge

      Hapus
  13. Gue hanya berharap endingnya sama onodera. Wlapun manga nya ke arah chitoge. Yg bikin ngenes bisa2 nya naoshi buat raku ada benih2 cinta ke chitoge. Gak konsisten dgn 1 cinta perama ke 1 chara. Itulah yg bikih tokoh utama dan endingnya gak dsukai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alur harem emang gitu gan, apalagi manga ini shonen. kalau agan mau baca manga yang konsisten dengan cinta pertama atau satu cinta agan baca manga shoujo aja. banyak yang konsisten ampe jatuhnya udah kayak pengemis cinta. shoujo manga heroine nya setia banget sama incaran pertamanya. ga kayak shonen yang suka berpindah hati.

      Hapus
    2. Bukan masalah genre mbak, tp persepsi penikmat. Biar org udah tau mslh genre atau sdh memaklumi, tp ttp aja org yg suka gmna dan tidak suka.

      Hapus
    3. Tapi mksd naoshi sebenarnya kya nya berhasil dgn membuat mbak erina memikirkannya dgn mbuat artikel ini dan kiat2 yg mendebatkannya. Salah satu perhitungan naoshi juga. Bisa di anggap sukses.

      Hapus
    4. haha, naoshi komi ga hanya sukses bikin orang orang pada suka menebak dan memperdebatkan ending atau pemilik kunci, tapi juga berhasil bikin fans nya gregetan dan ntah kenapa tahan nunggin lanjutan cerita walau bakalan dikasih filler dan ceritanya muter muter.

      Hapus
  14. chitoge :'( walaupun suka naik turun. tpi ttp dukung chitoge...

    BalasHapus
  15. setuju vrooh gua yakin akhirnya raku sama chitoge...!!! teamchitoge mana suaranya ...

    BalasHapus
  16. kalau animenya di season 2 blm ada yui, berarti bakal ada season 3 dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah nunggu season 3 buat ada yui gan. denger denger yui bakal keluar lebih awal di OVA nisekoi mendatang

      Hapus
  17. Aq dukung raku love chitoge (psangan pling serasi sling mengerti meski chitoge kdang kurang jujur) klo onodera NO! (Di trlalu lemah gemulai gg bkin semangt) ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ane juga suka tuh pasangan yang banyak cekcoknya kayak rakuxtoge ketimbang pasangan yang adem ayem. kalau buat onodera bagusnya cowok yang agresif (jadi kayak manga shoujo jatuhnya)

      Hapus
    2. Bner bgt itu min! Klo manganya cman bru kluar smpe chapter 191 iah min??

      Hapus
    3. http://www.mangamint.com/nisekoi-192
      itu ada link chapter 192. hah, masalah marika puanjang banget ampe bosan juga lihatnya.

      Hapus
    4. Ok thanks min..
      Haha iah min.. tnggl 2 cwe lg nih yg blm raku ungkapin perasaan sesungguhnya.. tpi aq ttp bkal dukung rakuxchitoge!! 🙌 horayy.. !!

      Hapus
    5. 3 mungkin, ada chitoge, onodera dan tsugumi,kan.
      setuju, rakuxtoge till the end

      Hapus
    6. Udh tsugumi jdi bodyguard rakuxtoge aja.. hehe ..

      Hapus
    7. buat manjang manjangin cerita pasti nanti tsugumi juga dapat bagian kena tolaknya setelah nyatain perasaan (kokuhaku), baru deh nanti jadi bodyguard nya rakuxtoge

      Hapus
  18. Bisa jdi si min?? Yh gg pp.. yg pnting akhirnya sma chitoge si raku... hehe ヽ(´▽`)/

    BalasHapus
  19. Menurut ane gadis 10 tahun yg lalu yg janji sama raku tetep onodera deh. Tapi siRaku bingung sama perasaannya yg sekarang & akhirnya lebih milih chitoge. :D ane serius ni :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling bikin ane ga yakin kalau onodera adalah gadis 10 tahun yang lalu yang bikin janji untuk menikah dengan perantara liontin dan kunci itu adalah poin no 3 gan. kenangannya ga sinkron. raku bilang, dia dikasih liontin. ondera bilang dikasih kunci. harusnya kan kalau onodera yang janjian sama raku dia mestinya pihak yang ngasih raku liontin dong, bukan pihak yang dikasih raku kunci. liontin dan kunci kan dibeli satu paket gan, kalau beli nya misah nanti kan jadi ga cocok antara liontin dan kunci. begitulah gan. tapi belakangan fans juga ga begitu peduli lagi soal liontin dan kunci itu. siapapun gadis masa lalu itu yang akan dipilih raku adalah cinta dia di masa sekarang ini. satu persatu kandidat berguguran menyisakan pertarungan chitoge dan onodera di chapter terbaru ini.
      haha, saya optimis raku milih chitoge. tapi saya udah persiapkan diri juga untuk ga kecewa kalau kalau nanti milih onodera atau malah twist, hhoho jadi kepanjang

      Hapus
    2. ya juga mba :D tapi ane yakin si onodera tetap dapet peran super duper penting di ending nanti,entah apa itu ane jg belum tau. Kalo ship sih menurut ane jg 90% raku-chitoge deh. Yaudah nikmatin aja manganyaa menurut ane ini bau2nya udah mendekati ending. Mungkin tengah/akhir 2016 udah tamat :D
      *btw tadi salah komen* wkwk

      Hapus
    3. kalau itu juga ane sepakat. final pasti chitoge vs onodera.

      Hapus
    4. Gak gitu2 juga mbak. Emang pertandingan olahraga? :D

      Hapus
    5. Lagian ini judul juga nisekoi(false love) jadi kalo endingnya sama onodera agak gak masuk deh. Kecuali kalo si mangaka mau endingnya berakhir bikin orang nangis2 kaya your lie in april,bisa aja chitoge gk dipilih :D

      Hapus
    6. jangan salah, bisa bisa nanti juga jadi manga olahraga loh, kemaren pas marika aja udah kayak manga action,hehe, kidding...

      Hapus
  20. Iya juga mba :D tapi ane yakin si onodera tetap dapet peran super duper penting di ending nanti,entah apa itu ane jg belum tau. Kalo ship sih menurut ane jg 90% raku-chitoge deh. Yaudah nikmatin aja manganyaa menurut ane ini bau2nya udah mendekati ending. Mungkin tengah/akhir 2016 udah tamat :D

    BalasHapus
  21. Semoga endingnya berakhir dengan Chitoge

    BalasHapus
  22. Gini gini muncul tokoh baru yang punya liontin nih *yhaa..

    #teamchitoge

    BalasHapus
  23. haha, tapi di chapter 199 udah jelas raku ngakuin klo dia suka sama chitoge gara2 dikomporin marika pas marika mau pergi ke amerika buat ngobatin penyakitnya selama 2 thn
    (+) raku dikasih liontin sama cewe masa kecilnya,sedangkan onodera bilang dikasih kunci sama anak laki2 waktu kecil,
    (+)di ending lagu nisekoi s1 gadis di atas batu itu udah jelas chitoge

    makasih

    itu sih review ane setelah liat manga.nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ane sih belum mau kegirangan dulu dengan chapter 199 kemaren,gan (walaupun pas baca tadi pagi ane emang loncat loncat, haha). secara yang kita hadapi ini sekelas naoshi komi yang PHP nya ga ketulungan. kira kira udah berapa kali dia bikin fans chitoge happy happy, terus nanti dijatuhin lagi? rasanya udah ga kehitung lagi. setelah dia bikin arc yang greget macam dating kemaren, siap siap bakal dikasih mamam filler menyebalkan lagi, hahaha. ane ga mau terlalu baper lagi deh sama nisekoi, pas kena hit jatuhnya sakit a.k.a mengesalkan.

      Hapus
  24. hehe aku suka banget dengan shu hehe dia kocak gak ketolongan. harap ada pasangan untuknya. Dari awal aku emg dukung chitoge gak tau knpa lucu aja liatnya, semangat banget haha. kalo onedera aku gak suka terlalu lemah gemulai. aneh aja cewek gitu *lah aku juga cewek haha tapi aku team toge! fighting! makasih jelas banget tulisannya diatas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps, shuu harusnya sama Ruri tu. biasanya kalau cerita romance gitu kan pasangan akan bertolak belakang sifatnya. kayak S dan M. kalem dan jahil. konyol dan serius. kocak dan alim. kasar dan baik. tegas dan nakal.
      onodera dan raku itu sifatnya setipe jadi kalau dipadukan jadi kurang seru lihatnya, beda kalau toge dan raku, bakal ada banyak warna dalam hubungan mereka jika mereka beneran berending menjadi couple yang asli bukan nisekoi lagi.

      Hapus
  25. Bukannya Chitoge sama Raku marahan pas Chitoge yang kesiangan pergi ke sekolah sampai loncat pager terus disitu ada raku dan kena lututnya chitoge sampai2 raku minta pertanggung jawabannya dari chitoge. Ternyata marahannya krena one shot itu, hha aku krang update..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan karna itu aja sih. kalau togenya minta maaf dengan sepenuh hati dan merasa bersalah saat di kelas pasti pertikaian mereka ga pernah ada. tapi togenya minta maaf nya asal asalan + menghina raku, makanya si raku naik darah dan mereka berantem.

      Hapus
  26. Ending ttp raku x chitoge. Haha

    BalasHapus
  27. #TeamChitoge forever

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganbatte nee #TeamChitoge '-')b

      Hapus
  28. Gan mau nanya ni animenya yg nisekoi s3 kpan keluarnya
    #kira-kira aj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata ane sih pertengahan taun ini gan '-'

      Hapus
    2. belum ada info resminya gan

      Hapus
    3. Klo mau lihat situs resminya dmna
      Dan 1 lagi anime nisekoi s3 klo dimulai dri manga dri chapter berapa ??

      Hapus
    4. coba pantau disini,gan http://www.nisekoi.jp/

      Hapus
  29. Onodera sama Shuu aja deh kasian :'))
    Tapi Ruri gimana jadinya ya ? :"")

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga chemistry nya kalau shuu sama onodera,gan. ruri dan shuu udah kombinasi yang pas ^^

      Hapus
  30. Numpang tanya,kalo di manganya ada cerita waktu mereka liat cerita buku bergambar itu? Kalo ada di chapter berapa tuh? Gak ngikutin mangaya dari awal soalnya x.x

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca dari chapter 87 ampe 92. karna cerita buku itu masuk dalam rangaian arc chapter 87 ampe 92 itu.

      Hapus
  31. Numpang nanya anime nisekoi s3awalnya klo dri manga dri cgapter berapa yaa ??

    Setahu saya terakhir di nisekoi s2 chitoge kehilangan pita
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. chapter yang diambil buat dijadiin season 2 benar benar acak banget. rentang dari chapter 51 ampe 106. dari rentang chapter sekian itu banyak banget arc yang mereka lewatkan. arc yang ter cover dari rentang chapter itu cuma, arc mama nya chitoge, arc valentine, arc kemunculan haru, arc shuu dan kyoko sensei, selebihnya itu cuma cerita cerita lepas yang digabung untuk membentuk satu chapter utuh.
      dari rentang sekian chapter itu juga masih ada arc raku amnesia yang disana udah masuk soal buku cerita bergambar, arc kedatangan temannya marika (dimana raku pura pura pacaran sama marika di depan temannya ini), dan arc yang menceritakan hubungan ruri dengan kakeknya (dsini raku kembali ber nisekoi, kali ini sama ruri di depan kakeknya ruri). 3 arc itu kemungkinan akan masuk season 3 (kalau ada).
      balik ke pertanyaan kamu, mulai dari chapter berapa? saya juga bingung mau jawab apa karna pengacakan ini, bagusnya kamu baca dari chapter 51 aja biar ngerti ceritanya, atau juga bisa mulai dari chapter 87.

      Hapus
    2. Wah makasih ya atas bantuannya
      #Arigatou
      #TeamChitoge

      Hapus
  32. Udah sampe episode 200 "musim terakhir sekolah", tapi kisahnya masih muter-muter. Ada waktu dimana Onodera memimpin, ada juga waktu dimana Chitogenya memimpin. Tapi ane akan selalu setia hingga akhir... :D
    "Kalau ane sih memihak TEAM ONODERA. Hayo mana suaranya......!!!!!!"
    #Ane juga pikir kalau cewek yang feminim (Onodera( tuh lebih cocok dengan si Raku-nya, soalnya mereka berdua memiliki kesamaan yang sangat banyak, baik dari segi siat maupun segi kedekatannya, si Raku-nya juga udah memuji-mujinya (Onodera) sejak awal cerita... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya suka couple yang rusuh sih, ketimbang yang adem ayem. atau ga couple s & m bagus juga tuh, hehe

      Hapus
    2. Iya betul, soalnya klo vouple yng rusuh biasanya ceritanya lebih romantis (sweet) gitu dri pada yng kalem kalem

      Hapus
  33. :3 gw lbh suka chitoge x raku
    Psngn dalam sebuah cerita tu klw gk ada krusuhannya bkin bosan, apa lg cwe yg feminim dri beberpa crta bkn ksal biasanya trkesan krng brni brsaing lbh bnyk mrlakan gw krng ska karakter yg bgtu mskpn cwe ya harus ttp kuat, klw couple kyk onodera sma raku gw tiap liat animenya jd ngntuk -_- bda sama chitoge x raku lucu jd gk bsen liatnya, klw karakter yang buat dag dug tu kyk chitoge ktika dimnjakan dg kelucuan tingkahnya pas ada bagian yang nunjukin sifat feminimnya rsanya dag dug, cba perhtikan raku klw liat chitoge nangis atau ktakutan psti ada prsaan ksal dag dug liatnya, itu jdi ksn mnarik buat sbuah hbngn dan juga sebuah crita, bda dg orng yang feminim klw dilihat ntah knpa bkn ngntuk dan bnyak timbul kegalauan bikn skit di dada dn mmbsnkan biasanya dihiasi dg ksdihn, trksan lbh monoton, klw pcran aja stiap kli ktmu cma halo darling udh mkn pa kbr love you cba gtu gtu aja psti bsan, hmmm pnglaman sih :3 #curhat
    Klw liat dri bkti yang diatas yang dituliskan gw msh prcya naoshi sense ttap konsisten di akhir crta chitoge sma raku (y)
    Gw msh awam soal anime jd maaf klw ada salah
    #slamadamai
    #teamChitoge
    Chitoge x raku \^^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya juga suka couple yang rusuh, hehe. kalau adem ayem aja bikin ngantuk

      Hapus
  34. pemegang kuncinya chitogeee... ok

    BalasHapus
  35. Miminny keren banget bisa buat artikel kayak gini .

    Setuju min,kalo saya lebih milih rakuxchitode.kalo sama onodera rasanya kurang gereget.entar ending ny semoga aja rakuxchitoge..
    min ada gak blog buat download mangany nisekoi ? Kalo ada aja sih min ^-^ ..
    Tolong pencerahanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya download pake domdomsoft manga downloader. itu softwere buat download manga borongan, size nya kecil, installnya gampang. coba aja pake.

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen kamu saya hapus karena saya merasa kamu ga sopan dalam memberikan argumen. padahal pendapat kamu cukup bagus tentang ruri

      Hapus
  37. Hahaa...yg buram tu situ mas....hahaha

    BalasHapus
  38. Sama gan, gw suka chitoge . suka sama chara yg agak sedikit kasar 😃
    #TeamChitoge

    BalasHapus
  39. Gk setuju chitoge atau onodera gua lebih setuju sama teori ini
    https://m.fanfiction.net/s/10643160/1/Promise
    Menurut gua pas bnr ceritanya sama judulnya

    BalasHapus
  40. enggak relaaa X( pokoknya nggak rela klo raku sama onodera X'P.. enak aja.. susah n sama-sama kan selalu sama chitoge, masa jadiannya sma onodera -_-" apalagi ane kurang suka heroine yang rada 'menyek(enyek")' kyk onodera... pokoknya raku itu punya chitoge! titik! lagian di chapter : 'cinta yang sesungguhnya' dah jelas perasaan raku ke chitoge itu beda kyk dia ke onodera... XD
    ship Raku X Chitoge XD....

    BalasHapus
  41. raku ama chitoge aja, ntar onoderanya ama gue :v :v

    BalasHapus
  42. artikelnya keren minnn. btw udah ketauan belum endingnya? saya baru nonton season 1 nih eps 15. pencerahannya ya yang udah nonton...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya akan terjawab kalau kamu baca manga nya, hehe

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Sebenernya ane ngship raku x onodera, tapi semua itu berubah ketika Ep 00 Season 2 :v diputar ... damn!, mau gimana lagi coba VAnya sendiri yg bilang (/゚Д゚)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmm, saya udah lupa apa yang yang dibilang toyama nao di episode 00, emangnya nao bilang apa?

      Hapus
    2. dia bilang kalo onodera ke raku cuma sebelah tangan,sebaliknya chitoge ke raku... kurang lebih ky gitu (¬_¬)

      Hapus
    3. haha, masa? tapi kan nyatanya g bertepuk sebelah tangan juga, raku juga suka kok sama dia, cuma kalau kondisi di manga sekarang emang lagi dalam masa masa krisis,..

      Hapus
    4. memang kalo berdasarkan anime/manga/menurut ane emang ky gitu , ane cuma kaget+heran aja sama perkataanya nao

      Hapus
    5. kayaknya saya butuh tonton ulang ep 00 dulu

      Hapus
  45. baru nonton samapi ep 15 season 1 . Saya break dulu nonton sampai beneran tamat, entah itu ada season 3 atau 4 dst. Karena males bgt nonton cerita yg masih Ongoing, hehe..
    tapi andai suatu saat udah tamat dan saya dapat tahu fakta raku akhirnya bersama onodera, saya ga bakal lanjutin !! , that's a very bad ending bagaimanapun !

    Tapi saya optimis chitoge yg menang...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya aja g yakin kalau bakalan lanjut season 3 atau 4. kalau nantinya penasaran bagusnya baca manga aja. lagian gambar di manga nya g jelek, justru bagus banget, jadi dijamin g akan sakit mata

      Hapus
    2. boleh juga sih, tapi tunggu udah tamat aja deh bacanya..hehe

      Hapus
  46. waduh, ini anime tanggung bnget. bikin penasaran itu liontin dari siapa. tapi belum ketahuan. tapi pengennya sih raku sama onodera, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin misteri liontin dan kunci itu ntar lagi (tahun ini) akan terkuak,gan, tapi di manga nya. anime nya ntah kapan akan lanjut, atau malah g jadi lanjut, hehe.
      saya akui ini anime klisekoi emang klise amat, season 1 nya amat sangat menarik, sayang kehilangan daya tarik di season 2.

      Hapus
  47. Kalo aq sih team nya chitoge.asik aja klo liat chitoge ama raku lebih cocok lebih pas, lebih lucu, pokoknya lebih semua mua nya deh, intinya lebih berchemistry...
    Klo pun onedera mmang si gadis janji aq tetap optimis raku akhirnya sma chitoge..soalnya menurut q raku lebih suka sma chitoge perasaan nya lebih real ke chitoge, klo soal perasaan nya ke onedera lebih sperti rasa kagum soalnya raku suka onedera krna onedera sesuai dengan karakter cwe yg dia suka.pokok nya begitulah..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama inikan raku selalu bilang kalo dia it suka ama cwe anggun, lembut dll, kosaki cocok banget tuh sma tipenya raku. terus chitoge karakternya bertolak belakang ma tipenya raku, tpi chitoge tetap bisa buat raku jatuh cinta ma dia (cie..cie..). mungkin inilah yg dinmakan cinta yg tulus tanpa syarat(hohoho..lebay)
      jdi lebih pas aja kalo raku sama chitoge, soalnya kisah cintanya bisa lebih kasih kita pelajaran kalo cinta itu dtang bukan karna syarat ini dan itu, tpi cinta it dtang dan tumbuh dengan sendirinya..(wkwkwk sok tau)
      #TeamChitoge

      Hapus
    2. saya juga mikir gitu, akan lebih masuk endingnya kalau nanti rakuxchitoge, lebih pas ke judul, dari nisekoi (fake love) jadi hontoukoi (true love)...

      Hapus
  48. onodera klo g jd sm raku sm ane aja lah wkwkwkkw,
    tp punya pasangan cerewet kyk chitoge itu seru jg, hubungan jd g hambar wkwkkk #malahcurhat

    BalasHapus
  49. baru aja namatin (belum tamat sih, cuma sampe update-an terakhir) manganya, yah kalo diliat sih memang cocoknya dengan chitoge. yang jadi masalah baru ternyata pengarang tuh buku gambar ibunya raku. ga sabar jadinya gimana lagi tuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar para mama mama tangguh di nisekoi (mamanya chitoge, onodera, marika dan raku) adalah satu geng di SMA Bounyari... bukti fotonya udah didapatkan, sayangnya saya g sempat save tuh foto, kalau kamu jelly bakalan nemu di arc marika dan mamanya.

      Hapus
  50. postingan ini penuh dengan spoiler :'D semoga beneran sama chitoge. #TeamChitoge

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya udah bikin di judul [SPOILER], biar yg ga mau kena spoiler bisa minggat sebelum baca.
      aamiin, moga beneran sama chitoge

      Hapus
  51. harus raku dan chitoge, ga boleh yang lain :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kalau ngotot nanti g terjadi loh gan, santai...

      Hapus
  52. Menurut admin san, chapter 217 maksudnya apa yaaa?😵 mamanya raku kok ngomong gitu sih bikin penasaran abiss. Emang gadis janjinya raku bukan chitoge? Tapi gamungkin banget, ingatannya raku pas banget sama toge kan. Kecuali ternyata raku salah inget(?)
    Yang mendebarkan juga raku udah tau dia mau nembak siapa. menurut akusih toge, soalnya pernah dijelasin perasaannya raku ke toge beda sama ke onodera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapat saya tentang ch 217 udah saya tuangkan di http://santryerina17.blogspot.co.id/2016/03/manga-nisekoi-akan-tamat-segera-kah.html
      silahkan di kunjungi

      Hapus
  53. Dari pada bnyak team yg debat mba ... saya hrap endingnya kyak school days..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endingnya bakal kayak nisekoi chaptet 00, gan. Mungkin, hehe

      Hapus
  54. Aq udah baca chap 221, aq heran aja kok bisa si gadis janji nya kosaki sih ����
    Walau ada firasat sih, padahal rasanya lebih cocok kalau itu chitoge..
    Ya udah chitoge ga' usah sama raku aja deh ����orang si raku nya ga' ganteng kok. Sakit hati aq sma raku..����
    #save chitoge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, belum ending nih, komi masih bisa membalikkan keadaan lagi kok... saya akan tetap sabar ampe ending. Nisekoi mungkin akan jadi cerita harem terakhir yang saya ikuti, udah eneg banget sama genre harem, bullshit semua ceritanya..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  55. Kalo ane sih kemungkinan besar chitoge menang (Ane team onodera) setelah tau bahwa onodera gadis 10 th itu raku buka liontin trs isinya surat yang dibuat onodera untuk menjelaskan bahwa chitoge mencintai raku karena onodera adalah orang yang baik hati

    #teamonodera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya g ada apa apa didalam pendant. Kunci dan pendant hanya simbolis aja kayaknya. Mungkin raku juga akan milih onodera loh, tapi pas mereka udah pacaran, raku merasa hambar, g se asyik bareng chitoge, nah disanalah dia sadar udah bikin keputusan yg salah. Just my imagination...

      Hapus
    2. Kyk nya raku gak seberengsek itu gan xD

      Hapus
    3. Bukti raku brengsek: 1. Menjadi cowok sok polos yg g peka dg Cinta. 2. Bodoh, udah dikasih tau kosaki suka dia tapi g percaya. 3. Cowok php
      Semua hero di cerita harem itu brengsek, haha

      Hapus
  56. Setelah membaca chap 221 yg dukung rakuxchitoge perasaannya mulai terombang ambing lagi ya :'v tapi saya tetap dukung chitoge #teamchitoge yah walaupun rada nyesek baca pas baca chap 221 :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan terombang ambing itu udah hal wajar di nisekoi, hehe

      Hapus
  57. Dichapter 220 chitoge menukar kuncinya dengan kunci onodera karena chitoge tau kalo raku suka Sama onodera.kalo kuncinya dituker.berarti yang ngasih liontin chitoge dungz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yg ngasih kosaki kunci chitoge, yg ngasih raku pendant mungkin juga chitoge. Tapi yg bikin janji nikah raku sama onodera

      Hapus
  58. Saya baru aja baca nisekoi ch 198-221. nyesek sih bacanya, udh seneng raku sadar perasaannya sama chitoge dan raku pilih chitoge buat dinikahin, eh kok di ch 221 ternyata si promised girl nya kosaki
    Well, saya team chitoge.
    Tapi gatau kenapa feeling saya akhirnya raku sama chitoge. Dapet bocoran juga kalo di ch 222 raku buang gemboknya. Dia ga peduli sama janji itu.
    Ga sabar gimana endingnya, semua tergantung naoshi komi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi sekarang sadar dong kalau bocorannya salah. Saran saya jangan percaya spoiler tanpa gambar, nanti kena troll, kayak kasus kamu ini.
      Intermezo aja, raku g mungkin buang pendant karna dia sangat menghargai orang lain, paling g dikembaliin atau dimusiumkan. Ending yg macam kamu bilang itu sebenarnya ending dari salah satu doujin nisekoi dimana raku akhirnya milih tsugumi...

      Hapus
  59. Ini endingnya masih lama atau gimana ya?
    Habis liat chap 222 bikin kebelet penasaran sama ending
    Saya sebagai pembaca mah cuma bisa berharap...
    #teamonodera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shonen jump cuma bilang mulai dari 222 nisekoi masuk klimaks, g tau deh mau ditamatin kapan...

      Hapus
  60. Episode berapa,pas Chitoge menemukan kuci ama buku? :v

    BalasHapus
  61. entah knapa gw jdi males bnget liat chitoge gan, trnyta sifatnya suka melarikan diri dr kenyataan, punya masalah dikit bukannya diselesaiin malah kabur. Jadi lebih demen onodera & marika (pemikiran dewasa) meski masih umuran bocah, hahahaha...

    BalasHapus
  62. Biar bgmna pun aq lbih suka chitoge dripada onedera..aq jga suka marika
    Tpi tetap team chitoge..

    BalasHapus
  63. gapapa lah,walau di manga kemungkinan chitoge sama raku... gua lebih suka sama onodera

    BalasHapus
  64. Optimis tetap dukung #teamonodera

    Walaupun takdir itu ditentukan oleh mangakanya maupun editornya :v

    BalasHapus
  65. Akhirnya chitoge sama raku..:)
    Terharu liat chap 227..:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng ga karuan ane gan pas bacanya. Ahaha :D

      Hapus
  66. Min, mau nanyaa, lagu ending nisekoi yg eps 15 season1 itu judulnya apaan yaa???
    Btw ane #teamchitoge :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lupa, antara trick box yg dinyanyiin tsugumi atau hanagonomi yg dinyanyiin marika

      Hapus
  67. ngomong2 season 3nya kapan keluar :3
    ane #teamchitoge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya salah satu orang yg g yakin dengan keeksistensian season 3 gan

      Hapus
  68. #teamchitge wins :v

    BalasHapus
  69. Gw suka bingung nih semua kecocokan nya gak ada yang bener bukti
    Mata coklat ;onodera
    Rambut panjang :chitoge
    Jadi ini pertarungan kosaki dan chitoge dong bingung nih gan???????
    #team chitoge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bingung juga mau jelasin gimana, intinya g semua yg kita lihat itu bener, yang bener cuma ending yg dikasih komi doang. Yah, mungkin komi sengaja membuat kita mikir chitoge promise girl padahal dia juga udah masukin ciri ciri promise girl ke onodera juga, pembaca aja yg terkecoh. Tapi siapa juga yg peduli promise girl kalau sekarang raku lebih milih chitoge dan segera menikah.

      Hapus
  70. gue maunya raku sama onodera, mereka udah saling cinta sejak awal. titik. :v

    BalasHapus
  71. Seneng banget chitoge dan raku menikah untung gak sama onodera !
    Raku dari kecil tu suka sama chitoge dy suka cewek rambut panjang bukannya onodera 😛 tpi onoderanya aja kecentilan
    Aaaah kapan sih chapter barunya rilis gak sabar liat chitogexraku menikah 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah tamat, ga ada chapter lanjutan lagi.

      Hapus
    2. Loe ngajak gw brantam gan....
      Raku memang suka sama Onodera sejak 13 tahun yg lalu(dr waktu chapter 227).
      Tpi akhirnya raku merasa lebih menyukai Chitoge..
      Saya yg baru baca manganya kecewa tapi gw tetap di #teamonodera.
      Mungkin ini yang dinamakan sakit tapi tidak berdarah.

      Hapus
  72. Seneng banget chitoge dan raku menikah untung gak sama onodera !
    Raku dari kecil tu suka sama chitoge dy suka cewek rambut panjang bukannya onodera 😛 tpi onoderanya aja kecentilan
    Aaaah kapan sih chapter barunya rilis gak sabar liat chitogexraku menikah 😍

    BalasHapus
  73. karya barunya rush love wajib liat guys

    BalasHapus
  74. Kalau dalam manga nya kan yang berjanji dengan raku onodera . Cuman yang di pilih eh raku chitoge kan anime nya sama gak ya dengan manga nya , maslaah nya cerita manga nya ada yang gak di jadikan ke anime

    BalasHapus
  75. SPOILER!!!
    Yang berjanji adalah Onodera, Tapi Raku terlanjur suka sama Chitoge. Jadi Raku nikah sama CHITOGE!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak mw link yg buat nntonny lengkap dong....

      Hapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. Mau tanya min, situs untuk baca manganya dmna ya?

    BalasHapus
  78. kak season 2 cuma 12 episode kah??

    BalasHapus
  79. Bukti kalau Chitogelah gadis yang berjanji dengan Raku

    1) Judulnya aja kan Nisekoi artinya Cinta Palsu. Sedangkan yang menjalani hubungan Cinta Palsu adalah Raku dan Chitoge.
    2) Waktu Raku tanya ke ibunya Chitoge apa dia tau tentang liontin yang dimiliki Raku, waktu itu ibunya Chitoge bilang bahwa dia lupa dan dia ingat saat sudah naik pesawat, waktu itu jawabannya, "Oh iya, liontin itu aku pernah melihatnya sekali di buku gambarnya Chitoge." Nah, gak mungkin kan kalau Chitoge gambar itu saat dia masih bermain dengan Raku, nyatanya Raku mendapatkan Liontin itu dan mereka berpisah.
    3) Raku dan Chitoge selalu jadi pasangan yang mengejutkan, seperti di acara Romeo dan Juliet.
    4) Salah satu fakta tentang Anime Romance Jepang adalah yang muncul pertama nantinya akan jadi pasangan, meski bagaimanapun hubungannya pasti akhir akhirnya juga sama si yang pertama kali muncul, sedangkan yang muncul pertama waktu itu adalah Chitoge dan Raku kan. Kalau masalah Onodera kayak bagai saingan atau salah satu kandidat, itu pasti cuma untuk membuat cerita lebih menarik dan seru. Kayaknya Chitoge yang dikesampingkan oleh Raku, tapi akhirnya Raku lebih memilih Chitoge untuk semua hal, seperti di Acara Adu Nyali Sekolah. Padahal Raku sudah dipasangkan dengan Onodera tapi Raku lebih memilih menyelamatkan Chitoge daripada harus berpasangan sama Onodera, padahal itu kesempatan emasnya Raku.

    Semua itu menurutku sudah cukup sebagai bukti kalau Raku bakalan sama Chitoge.

    BalasHapus
  80. chitogeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    moga end nya raku sm chitoge

    BalasHapus
  81. Gw sih milihnya sih ONODERA sama sih MARIKA !!!!!!!! buat ENDING nya. 😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣😣

    BalasHapus
  82. GW DARI EPISODE 1 SEASON 1 UDAH YAKIN DAN PENGEN BANGET ENDINGNYA SAMA CHITOGE, KRNA JALAN CERITANYA NGGK SEDANGKAL YG DIPIKIRKAN FANS2 , . BUAT YG NGERTI CERITA AJA

    BalasHapus
  83. kecambah x gorila15 Juli 2018 pukul 23.50

    Untuk pertama kalinya sengaja nyari spoiler ending saking greget ama ceritanya untung sesuai harapan saya hehehe ��
    #teamchitoge

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.