Senin, 09 Mei 2016

[MANGA] Rekomendasi Manga Romance yang patut dibaca Jilid 2

yo, saya mau lanjutin rekomendasi manga yang patut kamu baca. beberapa udah dibikin ke versi anime ataupun live action, jadi kalau kamu udah lihat versi anime/dorama/live action, g ada salahnya buat cek karya aslinya, karena banyak point dari manga yang g terealisasikan ke bentuk adaptasi tadi, dan ada juga sebagian manga yang memiliki cerita yang jauh lebih bagus ketimbang adaptasinya tadi, bisa saya ambil contoh "ao haru ride". selain manga yang memiliki adaptasi, saya juga masukin manga yang emang udah dapat lisensi indonesia sehingga kamu udah bisa menemukan judul judul ersebut di Gramedia atau toko toko buku. yups, lets check this post out...

1. Kurosaki-kun no iinari ni nante naranai
nih saya kasih pic dari vol 3, yuu te kawaii yo...
kita bisa mengartikan judulnya kayak "gua g mau nurutin kata katanya si kurosaki". dikarang dan di gambar oleh Makino sensei, ini adalah manga shojo komedi romantis yang mengangkat kisah seorang cewek M ketemu cowok S. rasanya saya benci cowok S di shojo manga, jadinya saya benci kurosaki kun, haha. ceritanya berpusat tentang akabane yuu seorang cewek biasa yang jatuh cinta sama shirakawa takumi yang dijuluki white prince. karna ortunya pindah kerja, membuatnya harus tinggal di asrama. saat pindah itu dia dibantui nunjukin arah sama si takumi, tapi nasib baik hanya bertahan sebentar karena setelah itu dia harus berurusan dengan kurosaki yang dijuluki black devil karena yuu berani sekali untuk memotong rambutnya sikurosaki yang kena permen karet. apes emang, incaran pangeran ganteng, tapi malah diuber uber boldog, ups, maksud saya setan hitam. sete;ah kurosaki bener bener memotong pendek rambutnya, tuh anak dapat julukan baru, black prince dan mata cewek cewek mulai banyak menatapnya, jadi idola baru. nantinya, tentu saja banyak hal yang membuat yuu x kurosaki terjadi macam mereka sekelas, kurosaki duduk tepat dibekalang yuu. dan banyak juga kejadian intimidasi yang dilakukan kurosaki terhadap yuu tapi yuu tetap bertekad untuk g takut sama intimidasi tuan setan. akankah yuu tetap dengan pujaan hati pertamanya (takumi) atau menjadi cewek M yang takluk dengan cowok S? silahkan baca manganya. manga ini menarikbuat diikuti, premisnya bagus, jadi g ada salahnya kamu ngoleksi manga yang satu ini. btw, udah tersedia di gramedia sampai vol 3. kamu mungkin g akan nemu kalau nyari dengan judul diatas karena judulnya udah disadur kedalam bahasa inggris menjadi THE BLACK DEVIL AND THE WHITE PRINCE. kalau judulnya begini, jadi g mirip lagi dengan judul jepangnya kan? jauh beda malah walau maksud nya nanti jatuhnya sama aja.


2. Kodai-ke no Hitobito
dibikin oleh Kozueko Morimoto, ini cerita bukan tentang anak sekolahan, tapi tante tante umur 30, hehe. Cerita berpusat pada Hirano, seorang karyawan wanita berusia 30 tahun yang memiliki daya hayal yang tinggi. Dia bertemu dengan Mitsumasa Kōdai, rekan kerja yang tampan, yang juga mempunyai telepati yang bisa membaca pikiran orang lain. Mitsumasa terpesona dengan sifat Kie, dan mereka mulai menjalin hubungan. Ibu Mitsumasa, Yūko menilai bahwa Kie tidak pantas untuk menikah dengan anaknya, tapi ibu pemimpin keluarga Ann membuat Yūko menarik pernyataan itu. Sekarang Ann mengajarkan Kie bagaimana menjadi seorang wanita yang tepat, dan kehidupan Kie ini menjadi terkait dengan keluarga Kodai. mungkin kamu bisa coba manga walau terkesan ceritanya rada dewasa, tapi bukan berarti kontennya yang dewasa ya, tapi penokohannya aja yang dewasa. 


3. Senpai to Kanojo 
arti dari judulnya itu simple "senior dan dia(cewek)" mengisahkan mengenai Rika Tsuzuki, seorang siswi SMA berusia yang jatuh cinta dengan seniornya yakni Keigo Minohara yang duduk di kelas 3 SMA. Perasaan cinta tersebut tumbuh ketika Rika baru masuk sekolah di bulan April, meski demikian, Keigo sang senior sebenarnya masih mencintai perempuan lain yang bernama Aoi Ikita. dari gaya gayanya nih cerita bakalan nge feel, uh, pedih (jadi ingat strobe edge), haha. mangaka dari manga ini adalah Atsuko Nanba. btw, nih manga cuma 2 volume, pendek banget umurnya. tapi dari premis cerita yang kayak diatas, emang susah buat dikembangkan, jadi 2 volume aja sebenarnya udah cukup.


4. ore monogatari
ini dia, cerita yang sampai sekarang belum bisa saya lanjutkan untuk mengikutinya. cerita akan berpusat pada tokoh utama bernama Takeo Goda, seorang yang beringas dan memiliki badan yang besar, para perempuan di sekolahnya mengatakan ia terlalu buruk dan tidak menginginkanya (padahal nih orang baik hati dan suka menolong loh), mereka lebih menginginkan teman Takeo yang ganteng bernama Sunkawa (cowok idaman setiap wanita, hehe). Terbiasa dikucilkan, Takeo tetap bertahan dan menerima nasibnya (tabah, euy). Suatu hari ketika ia menyelamatkan seorang gadis bernama Yamato dari pelecehan di kereta, kehidupan dan kisah cintanya tiba-tiba berpaling 180 derajat. dan saya bener bener takjub sama tuh gadis kok bisa bisanya suka sama takeo. Suna is the best, hahaha.


5. Nigakute Amai
 Manga ini menceritakan pekerja kantoran bernama Maki yang berusia sekitar 30 tahun, dan seorang pria gay bernama Nagisa yang berprofesi sebagai guru di sekolah khusus laki-laki. Maki adalah “wanita karnivora,” istilah yang berarti wanita yang tegar dan agresif dalam mengejar pria. Dia menarik dan handal dalam pekerjaannya, tetapi masih single dan tetap tidak beruntung dalam berhubungan dengan pria, dan dia tidak bisa bersih-bersih atau masak. Nagisa adalah vegetarian yang jago memasak. Manga ini berpusat pada makanan dan mengikuti kedua orang yang berbeda kepribadian ini saat mereka hidup bersama. kalau dipikir pikir ini adalah manga kedua dalam list yang menceritakan cewek 30 tahun, hahaha. premis ceritanya lumayan bagi kamu yang bosan dengan tema cinta SMA.


6. Oboreru Knife
 Dikarang oleh Goerge Asakura yang diterbitkan oleh elexmedia LEVEL di Indonesia.  Ini berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Natsume seorang gadis dewasa dan cantik kelas 6 SD yang menjadi model dari Tokyo yang tiba-tiba suatu ketika harus pindah ke sebuah desa disisi negara Jepang karena sang Ayah akan mewarisi sebuah penginapan didesa tersebut dari sang kakek. Di desa ini Natsume bertemu dengan anak laki-laki yang seusianya disebuah teluk dekat pantai yang memancarkan cahaya yang memikat hati Natsume sejak pandangan pertama. Ko, nama anak laki-laki itu yang kadang disebut Natsume sesosok 'dewa'.


7. L DK
pantas aja nih manga g nongol dan g akan nongol di Indonesia. nih cerita kadang absurd, lebih cocok di baca 17+, bukan berarti terlalu echi, tapi untuk ukuran penerbit indonesia manga ini udah terlalu nekat lah. ceritanya Kugayama Shuusei adalah anak paling keren di sekolah, tetapi Nishimori Aoi tidak menyukainya. Moe temannya menyatakan perasaan kepada shuuhei dan Aoi mendukung temannya, tapi Shuuhei menolaknya (inilah alasan kenapa si aoi membenci nih cowok). dia mencoba bicara pada tuh cowok karna betapa kejamnya tuh cowok, yang ada aoi malah dibikin kesal. hal yang paling mengejutkan mereka ternyata tetanggaan di sebuah apartemen kecil. suatu hari shuuhei pingsan karna kecapean (karna lapar lebih tepatnya), aoi sadar dan langsung ke kamarnya shuuhei, sejak saat itu dia jadi sering masakin shuuhei. suatu kali pas masak di kamar shuuhei tu anak bengong, api kompornya nyembur kena alarm kebakaran, membuat seisi kamar basah akibat guyuran hujan buatan untuk memadamkan api. alhasil, si shuuhei numpang dikamarnya si aoi. cerita kian berkembang di apertemen kecil mereka ini, aoi mulai menyukai shuuhei yang ternyata memiliki ekspresi yang berbeda beda (selama ini dia pikir tuh cowok dingin selalu), shuuhei ternyata hanya nganggap aoi temennya pada awalnya karna shuuhei bukan tipe orang yang cepat jatuh cinta. shuuhei itu orangnya walau keren dan dingin tapi tuh anak mesum, ntah berapa kali si aoi jadi korban mesumnya (untung tuh anak bisa nahan diri, dia ngelakuinnya karna dia terhibur saat melihat ekspresi si aoi), dan si aoi, walau di mesumin tapi tetap masih suka cowok begituan, kayaknya tuh cewek nagih. mungkin karna karakter pemeran utamanya yang begini kali ya jadi kamu g bakal nemuin ini untuk dilisensi diindonesia. awalnya emang seru, saya akui, habis itu ditengah tengahnya jadi nyesek. apakah shuuhei akhirnya sadar dengan perasaan suka aoi dan apakah dia masih akan menjadi cowok g peka selamanya? simak aja manga KUMPUL KEBO anak SMA ini (jangan sampai perbuatan mereka kamu tiru ya, nanti orang tua kamu jantungan, haha). oya, kalau kamu mau baca, lanjut aja terus bacanya, g usah peduliin adegan rada berani nya, karna mereka g akan sampai pada tahap "hentai", ini masih echi tingkat rendah. selamat membaca

8. Nozoki Ana
awas, manga berikut rada echi, hehe. tentang seorang pemuda bernama KIDO yang sekolah seni di kota lain kemudian mengkost dan dikontrakannya itu tepat disebelah kamarnya tinggal juga seorang gadis bernama IKUNO EMIRU yang mempunyai kelainan Seksual yang agak berbeda dengan gadis lain pada umumnya, dan ternyata adalah teman satu kampus dengan KIDO. bagi KIDO , Emiru adalah salah satu gangguan besar dalam hidupnya, sedang KIDO juga mempunyai seorang pacar yang juga adalah teman kampusnya juga. Kisah ini menceritakan hubungan yang sangat aneh KIDO dan EMIRU ini
 

9. ookami san to kuro ouji
Shinohara Erika khawatir tidak memiliki teman saat baru saja masuk SMU, maka ketika dua orang gadis di kelasnya mulai berbincang tentang pacar masing-masing, dia pun seenaknya berbohong hanya agar bisa ikut dalam percakapan mereka. Dia mengaku juga memiliki kekasih, meski sebenarnya dia bahkan belum pernah menyukai seorang pun, dan Erika masih terus menambah kebohongannya begitu luas hingga kemudian tenggelam sendiri di dalamnya. Pada suatu hari, tatkala teman-temannya mulai curiga, dia berjanji akan menunjukkan foto sang kekasih, lalu memotret begitu saja seorang pemuda yang dia lihat di jalan. Namun di luar dugaan, pemuda tersebut ternyata adalah Sata Kyouya, murid di sekolah yang sama dengannya yang dijuluki Ouji (Pangeran) karena wajah tampannya, maka agar kebohongannya tidak terbongkar, Erika segera memohon kepada Kyouya agar bersedia berpura-pura menjadi pacarnya. Dia sempat lega ketika Kyouya menyatakan setuju, sampai kemudian pemuda yang biasanya ramah itu menuntut imbalan. Dan bukan sembarang imbalan, dia mengharuskan Erika rela diperlakukan seperti seekor anjing. erika yang diperlakukan sadis oleh majikannya ini pun perlahan jadi menyukai kyoya dan kyoya tau itu, tapi kyoya lebih suka membuat erika tersakiti karena kyoya g bisa jujur sama hatinya sendiri, tipe cowok TSUNDERE. manga romance lawak ini cocok buat ngibur kamu kalau lagi suntuk. sayangnya saya belum dapat kabar kalau nih manga akan dilisensi untuk indonesia.


10. Childhood Sweetheart
mangakanya Saki haruki, typical cerita manis gitu karna si protagonis udah suka teman sedari kecilnya mulai dari Tk (anak TK udah ngerti cinta ya? luar biasa). tapi udah SMA g juga berani kokuhaku lantaran udah terlalu dekat (alasan doang). nama protagonis kita adalah Tsubasa selahi heronya dalah Shou. setelah beberapa lama di kelas 1 SMA, akhirnya meraka jadian juga tapi tsubasa merasa hubungan mereka g ada bedanya sama sebelumnya, bagai diam ditempat sampai akhirnya Kaneshiro (typical hero penggoda) datang sebagai saingannya shou. dan terjadilah cinta segitiga yang khas manga shojo banget. 
ini adalah salah satu manga yang diterbitkan oleh m&c dan udah mencapai volume 5. silahkan cek di gramedia kalau tertarik buat beli.


11. Sugar Soldier
mangakanya mayu sakai. ceritanya tentang Kisaragi makoto yang keeksistensiannya tersamarkan oleh kakaknya yang seorang model, kalaupun orang mengenalinya pasti dibandingbandingkan dengan kakaknya yang cantik membuat hatinya jadi nyesek sendiri. terus waktu masuk SMA dia ketemu yang cowok ganteng namanya Iriya, typical cowok baik tapi kita g tau apa yang ada diotak dan hatinya. Makoto yang sering berpikiran pesimis dengan menganggap orang ingin mendekatinya karna ingin dekat dengan kakaknya, terpikat pada Iriya. Tapi belum sempat dia mendekati Iriya, dia malah harus menelan pil pahit saat melihat kakaknya lagi kencan dengan iriya. saya sendiri g begitu menyarankan kamu baca ini karena saya juga kurang tertantang untuk tau lebih lanjut, sebenarnya saya benci karakter cowoknya, iriya, kayak tipikal cowok baik tapi brengsek.
nih manga ada 10 volume, tapi sayangnya di indonesia baru terbit ampe 2 volume aja, jadi bersabarlah untuk mengetahui kisahnya lebih lanjut.


12. Preparation for love

mangakanya Takako Yamazaki. sinopsisnya, Nissei Yamato, siswa kelas 2 SMA yang sedang mencari "hal yang ingin dilakukannya dengan serius". Hariharinya ia lewati dengan tidak bersemangat dan menderita, seperti terpaksa mengikuti klub sekolah dan selalu dipecat dari kerja part timenya.  Nissei Yamato, terus menjalani harihari yang tidak bersemangat dalam kegiatan klub, pekerjaan, cinta, dan pendidikan.  Suatu hari, di depan Nissei muncul "orang yang melakukan apa saja". Ia meminta bantuan Nissei untuk mencari seseorang. Tidak disangka, ternyata "orang yang melakukan apa saja" itu memiliki hubungan dengan orang yang dikenal baik oleh Nissei. 
Nissei membawa Tsubura berkeliling di festival sekolah karena Hikari selalu sibuk. Meskipun mereka berdua sering bertengkar, sebenarnya mereka tidak saling membenci, malah sepertinya jarak antara mereka jadi semakin dekat! Hubungan Nissei dan Yuuzutsu juga mengalami kemajuan. Tapi tiba-tiba muncul seseorang yang jatuh hati pada Yuuzutsu!? Selain itu, ada juga cerita cinta Mikado Tonoko semasa kuliah. 
Entah kenapa Tsukinami, cowok saingan Nissei, jadi semakin akrab dengan Nissei. Bahkan dia mengikuti Nissei mengusir hantu yang merupakan perkerjaan dari toko “melakukan apa saja”. Lalu kemudian, tiba-tiba saja Yuuzutsu minta putus dengan Nissei! Apakah yang terjadi di antara mereka berdua?! Inilah volume terakhir komik yang mengisahkan masa remaja yang penuh permasalahan.
jadi begitulah kira kira kerangkanya, cerita khas ABG yang belum sepenuhnya dewasa. mungkin ini bis ajadi koleksi manga kamu karena ini hanya terbit 4 volume loh, cari di gramedia.

13. Hana-kun to koi suru watashi
mangakanya Fuyu Kumaoka. Nanase, sang ketua kelas adalah murid cerdas tapi lugu (ceritanya siswa teladan lah). Suatu hari, Nanase memungut benda milik Hana-kun, siswa yang sedang dihukum karena berkelahi di sekolah (benda yang sengaja dibuangnya karena dia pikir udah telat buat ngasih itu ke orang yang disukainya). Sejak saat itulah Nanase mulai menyadari kelembutan hati dan senyum Hana-kun. Meski tahu Hana-kun suka Komari-chan (ini ternyata yang disukai si hana), Nanase tak bisa menghentikan perasaan sukanya pada cowok itu. Suatu hari dia keceplosan berkata pada Komari-chan, “Ini milik orang yang kusukai” sambil memegang hadiah yang dibeli Hana-kun. Tentu saja setelah ini sang protagonis mulai memilki progres terhadap hubungannya, akankah perasaannya tersampaikan? akankah jadian? jawabannya bisa kamu cari di gramedia terdekat, haha. ini manga udah sampai volume 10 yang terbit di indonesia dan itupun belum tamat. kalau saya lihat typical cerita yang muter muter sana sini. udah pacaran, terus ada saingan, terus tiba tiba diterpa badai ampe pisah, terus balikan lagi, ampe konflik terakhir, hubungan tak direstui orang tua. bagi kamu yang suka cerita manis dan intrik sana sini mungkin akan suka dengan manga satu ini. btw, judulnya nanti bakal jadi "HANA-KUN, THE ONE I LOVE".


14. The Perfect Rose
mangakanya Natsumi Ouchi. kisahnya, Nobara Hina, kelas 1 SMA perguruan swasta Matsubase, sebuah sekolah elit. Dia cewek kutu buku, dan merupakan anggota Komite Kedisiplinan. Suatu hari, kehidupan Nobara terusik dengan kedatangan 4 cowok bandel, tapi super ganteng dan keren! Mereka berempat selalu memanipulasi kepolosan Nobara. Pandangan cowok-cowok tersebut tentang cinta benar-benar kering! Tetapi, Soma, salah dari keempat cowok tersebut berkata akan menaklukkan Nobara dalam waktu sebulan! 
oye, reverse harem... manga ini hanya 3 volume, 2 dari 3 udah terbit di indonesia, silahkan ke gramedia.



15. Hey, I'm Popular
mangakanya JUNKO. dan mari kita sambut reverse harem berikutnya. Namaku Kae Serinuma. Suatu hari, berat badanku turun sangat drastis karena syok dengan kematian tokoh anime yang sangat kucintai. Tapi, berkat itu aku malah diajak kencan oleh 4 cowok ganteng di sekolah. wow. tipikal cewekyang tiba tiba jadi kurus hanaya karena alasan yang bodoh banget rasanya, haha. tapi malapetaka berakhir dengan indah bukan, dikelilingi 4 cowok loh, udah kayak cerita "hana yori Dango", haha. ini jug amanga nya udah beredar di indonesia ampe vol 6. 


16. Komono's Confiserie
Sejak kecil, Komomo yang adalah anak orang kaya, selalu berbuat semena-mena pada Natsu, putra pegawai yang bekerja di rumahnya. 10 tahun kemudian, keluarga Komomo mengalami kebangkrutan, hingga ia pun harus hidup dengan bekerja sambilan. Tiba-tiba, Natsu yang telah sukses di Perancis sebagai Pattissier muda berbakat, muncul kembali di hadapannya. akhirnya Komomo terjebak dalam siasat Natsu untuk bekerja di toko milik pemuda itu, mau balas dendam atau mau melanjutkan hubungan lain yang dulu tak tersampaikan? hehe.. setelah ini pun cerita nya memiliki tarik ulur dimana si natsu cemburu atas kedatangan cowok lain dalam kehidupan komono atau giliran komononya yang cemburu dengan cewek yang pernah dekat dengan natsu. manga ini dikarang oleh maki minami dan sudah tamat dalam 5 volume. kamu bisa baca atau beli di gramedia.

17. A Very Straight Girl & A So Twisted Boy
manga yang hanya 2 volume ini cocok buat kamu yang g suka cerita yang kepanjangan. dikarang oleh uri sugata. menceritakan Koito Matsuda, cewek yang percaya pada keadilan seratus persen. Di hari pertama masuk SMA, ia bertemu dengan Taiga Akiyama, cowok yang sangat bertentangan dengannya. Koito ingin melakukan sesuatu untuk Taiga yang terkesan cuek, tapi akhirnya malah tertimpa masalah. Namun, setelah mengetahui sisi yang disembunyikan oleh masing-masing, mereka berdua menjadi saling tertarik. ini adalah kisah Pertarungan cinta antara cewek pembela kebenaran dan cowok tidak jujur.


18. The World End and Apricot Jam
Rila Kirishima adalah mangakanya. sinopsisnya Ada seorang cowok aneh yang tinggal di kamar 304, di mansion yang sama dengan Hina. Siapa yang menduga kalau sebenarnya dia seorang vokalis berkarisma yang sangat terkenal! Apakah wajah polosnya yang amat biasa itu adalah sosok dia sebenarnya? Ataukah wajah tampan berkilaunya di atas panggung itu yang sebenarnya?! Hari-hari Hina yang tadinya sepi bak berada di ujung dunia pun mulai berubah dengan adanya musik.


19. Home Sweet Home
satu lagi manga pendek yang cuma 2 vol. Shizuka dan Taro bersekolah di SMA yang sama. Mereka menjadi akrab dan kemudian berpacaran berkat seekor kucing liar. Namun tak lama, orang tua mereka menikah lagi dan menjadikan mereka sebagai saudara tiri. Kakak dan adik mereka, Takamasa dan Himeko pun ikut terlibat dalam berbagai macam masalah yang bermunculan dalam keluarga baru itu. Cerita mengenai hidup keseharian sebuah keluarga yang penuh dengan cinta, tawa, pertengkaran, dan air mata disebuah rumah tua.
4 orang kakak beradik. Cinta rahasia dan kebahagiaan keluarga. Dua pasang kakak beradik yang tiba-tiba menjadi satu keluarga karena orang tua mereka menikah kembali. Walaupun Taro dan Shizuka diam-diam tetap melanjutkan hubungan cinta mereka sembari menyembunyikan dari keluarga mereka, namun kemudian hubungan itu diketahui oleh sang kakak, Takamasa. Takamasa yang mengkhawatirkan Shizuka akhirnya menanyai Taro...!
wow, cinta terlarang saudara tiri, premsinya boleh juga walau nih plot udah g baru lagi. kalau mau, cek di gramedia.



20. Kageno's Springtime
Kageno adalah cewek SMA yang pendek, berkacamata, dan wajahnya biasa saja.  Kageno sama sekali tidak punya teman dan setiap hari ia sibuk membantu pegawai sekolah merawat kebun. Suatu hari, teman sekelas Kageno yang keren dan pintar bernama Mitsunaga tiba-tiba meminta Kageno untuk pura-pura jadi pacarnya! Ternyata Mitsunaga kerepotan dengan cewek-cewek yang terus mengejar-ngejarnya. Sebagai imbalannya, Mitsunaga bersedia menjadi teman Kageno. Mitsunaga tiba-tiba menyatakan cintanya pada Kageno! Awalnya Kageno mengira itu hanya mimpi, tapi ternyata Mitsunaga benar-benar menyukainya. Tetapi karena tidak percaya diri, Kageno malah lari dari hal ini. 
tipikal cerita cewek biasa yang ketemu pangeran tampan, udah g baru lagi sih tema macam ini, tapi mari berharap ini ada perbedaan dari cerita cerita manga lain yang sejenis. ini udah sampai vol 5 di gramedia loh. Yuka kitagawa adalah mangakanya. 


21. Sayonara Piano Sonata
lihat cover dan judulnya saya langsung melek karna saya suka cerita yang bawa bawa musik dalam kisahnya. Nao bertemu dengan gadis misterius itu secara kebetulan. Dia terpesona oleh permainan pianonya. Barulah dia tersadar bahwa gadis itu adalah Ebisawa Mifuyu, pianis muda jenius yang kabarnya sudah mundur dari dunia musik! Nao adalah seorang pemuda yang suka utak atik barang, anak seorang kritikus musik yang tak bertanggung jawab. Karena biasa dengar musik, Nao punya selera bagus. Saat mencari onderdil untuk alat yang rusak, Nao bertemu dengan Ebisawa Mifuyu, seorang pianis muda jenius yang sudah mundur dari dunia musik. Ternyata Ebisawa pindah ke sekolahnya, dan di sana dia tak lagi main piano, melainkan main gitar. Dengan bimbingan Kagurazaka senpai, Nao berusaha menguasai bass barunya.  Duel bass vs gitar terjadi.



segitu dulu list kali ini, dan ternyata terkumpul 21, WOW.... aplause buat diri sendiri....

3 komentar:

  1. Pemilihan rekomendasi manganya menarik-menarik. Jarang dibahas dan anti mainstream. List manga lainnya yang saya lihat juga sangat bagus. Thank you udah di share di sini. Di tunggu update'an lainnya :) Gbu

    BalasHapus
  2. Admin, mau nanya dong. Kalau komik nigakute amai sdh terbit d indo belum? Makasih

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.