Rabu, 25 November 2015

[SPOILER] Boku wa Tomodachi Suku Nai (Haganai), satu lagi ending LN yang bikin kesal maksimal

yang udah nonton haganai, dan bertanya tanya dengan ending yang menggantung, tak jelas dan tak mengenakkan. maukah kalian tau gimana kelanjutan kisah kodaka si bodoh yang ga bisa baca suasana ini? bersediakah kalian membaca uneg uneg kekesalan saya saat tau bagaimana seri ini berakhir? kalau bersedia, silahkan baca sampai habis.

saya ga baca langsung LN aslinya, dewa banget saya kalau bisa baca kanji, haha. tapi saya hanya membaca komentar orang orang luar di forum. awalnya saya ga percaya dengan apa yang mereka bicarakan dan apa yang mereka kesalkan di dalam forum. tapi sampai akhir postingan, tidak ada penyangkalan bahwa ending dari LN ini benar benar sampah banget.
saya pikir cukup Oreimo yang bikin saya kesal dengan ending harem (tapi sebelumnya kakak beradik itu sudah ........ ga mau menjabarkan), tapi haganai jauh lebih mengesalkan walaupun LN ini tampak juga harem ending. tapi caranya menuju kesana itu ga enak banget.
mari kita mulai dengan akhir di anime. saat senna menyatakan perasaannya ke kodaka di ruangan club, kodaka kabur dan ga mau lagi ke ruang club, lalu kodaka disadarkan oleh rika agar jangan berbuat hal yang g mengenakkan begitu dan memintanya bicara pada senna tentang apa yang dirasakannya. saat kodaka ingin mnegutarakan isi hatinya pada senna, malah ada sms dari yozora kalau dia kabur.
tapi pembicaraan tetap berlangsung, kodaka mengatakan dia juga menyukai senna, tapi dengan keadaan yang sekarang g mungkin baginya untuk pacaran, ini demi keutuhan club. kodaka meminta senna untuk bersabar menunggunya. senna pun menyanggupinya. 
asal tau aja, keluarga yozora itu berantakan, dia ga mendapatkan kasih sayang dari mama nya, salah satu alasan kaburnya mungkin juga faktor keluarga selain karna faktor pernyataan cinta senna ke kodaka.
ga disangka sangka si yozora kaburnya kerumah kodaka, dia disembunyiin oleh adeknya kodaka, kobato. kobato lebih merestui hubungan kakanya dengan yozora ketimbang senna. tapi kodaka menjelaskan pada mereka berdua tentang pembicaraan yang dilakukan kodaka dengan senna.
saya ga tau lagi bagaimana kelanjutan di vol 10 Ln nya, tapi semua fans heboh dengan apa yang terjadi di vol 11. tau kah kamu? terjadi NTR yang amat mencengangkan dimana dalam kondisi ketidakstabilan club, Yukimura meminta kodaka untuk pacaran dengannya, kalau ga yukimura mau hengkang dari club. ga mau itu terjadi akhirnya kodaka menyetujuinya. asem banget, kesal banget tau masalah ini. akhirnya mereka berdua keluar dari club namun club pertemanan tetap jalan dengan anggotanya yozora, senna dan kadang kadang rika juga datang walau ga sering.
saat kodaka pacaran dengan yukimura tanpa landasan cinta ini, kodaka juga melakukan pernyataan cintanya ke rika. asem ga tuh? ga tau malu banget. setelah menyuruh senna menunggu demi keutuhan club lalu dia malah pacaran sama yukimura, dan sekarang menyatakan cinta pada rikka. rasanya pengen masukkin tu cowok ke dalam blender terus mau saya blender ampe halus. kamu tau apa yang terjadi berikutnya, rika menolaknya. GOOD JOB RIKA. 
dan event lainnya, saat yozora ingin mengutarakan perasaannya ke kodaka, kodaka menolaknya, katanya penolakkan yang dilakukan kosaka ini lebih buruk dari apa yang pernah pembaca bayangkan. kayak apa itu kira kira? disini saya sudah mencap kodaka sebagai ba*in*an. walau saya juga ga menyukai yozora, tapi bisa kan caranya lebih diperhalus. lagian ternyata senna juga turut membantu yozora dalam melancarkan aksi kokuhaku / pernyataan cinta ini.
lagi, masih masalah yozora, hubungan ga akur dengan ibunya membuat nya di tolong oleh Stella yang ternyata kakaknya senna. atas asuhan dari Stella, yozora menjadi butler dirumah Kashiwazaki, rumahnya senna juga. saat yozora sadar dari pingsannya setelah cekcok dengan ibynya, yozora mendapati dirinya ada di kediaman kashiwazaki, mungkin tepatnya itu kamarnya senna, karna dikamar itu banyak banget foto nya yozora kepajang di langit langit ampe yozora jadi merinding ketakutan. tau kan senna tu hobby moto si yozora diam diam. yah, dengan begitu yozora jadi sangat mengagumi Stella dan tinggal dikediaman kashiwazaki sebagai butler.
setelah meninggalkan club selama setahun dan pacaran dengan yukimura juga udah setahun, club pertemanan mau mengadakan reuni. yukimura bilang, kalau kamu datang ke acara itu maka kita akan putus. tapi kodaka tetap datang ke acara itu dan mereka pun putus. cerita berakhir dengan mereka makan nabe bersama diruangan klub.
asal tau aja, sampai akhirpun sebenarnya senna masih menyukai kodaka. saya berharap seperti yang diharapkan para fans lainnya bahwa haganai masih menyisakan satu vol LN lagi (walaupun terlihat seperti ga mungkin), karna menurut saya ini perlu untuk meluruskan apa yang belum jelas, seperti, mau sampai kapan kodaka menyuruh senna untuk menunggu, bahkan kodaka ga mengkonfirmasi kalau dia masih pantas untuk ditunggu. masa SMA mereka juga masih berlanjut, belum akan tamat. yukimura putus dari kodaka, rikka menolak kodaka, kodaka menolak yozora. yang terakhir memang senna yang masih menunggu kodaka. sampai akhir ceritapun ternyata memang senna chara favorit saya di LN ini. dan diakhir saya menetapkan Yukimura sebagai B*TCH tingkat tinggi disini selagi Kodaka adalah super CR*P. dan simpati saya kepada yozora, saya ga bisa membencinya lagi setelah tau permasalahan hidupnya. setidaknya baik senna maupun yozora sudah mendapatkan teman yang diinginkannya. masa bodoh sama yukimura ataupun kodaka, saya pengen mereka mati aja deh, haha

dan begitulah, akhir cerita ini. rasanya saya menyesal sudah mengenal haganai, karna pas diawal ini anime menjanjikan banget, tapi pa yang terjadi di ending LN benar benar membuat saya menilai rendah series ini. 

106 komentar:

  1. Anjir Banget ni haganai, ngga kusangka akhirnya begitu ,hahhhhhhh,,,,endingnya payah bagengt , sy setuju , sebaiknya yukimura dan kodaka mati saja,sie yukimura itu , nggak kusangka dia kurangajar banget,kodaka juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud hati sang author bikin ending tak tertebak, nyatanya malah bikin ending sampah, haha

      Hapus
    2. mungkin maksud author adalah memberi pelajaran bagi kita kalo comedy romance harem tidak lah selalu berakhir bahagia :v
      Gua jg udh mencium bau bau ending nyesek gegara ad rikka :v
      Yg pas pertama kali di atap sama kodaka wkwk
      Keliatan karakter sebenernya kodaka

      Inget sorata gua dr anime sakurasou

      Btw, udh dr 2016 baru ccomment 2k18 guvluk kan? :v #barunonton

      Hapus
    3. Sama njir... Gw penasaran.. Eh.. Taunya sampah kyk sakurasou.. Msh lbh mendingan oreshura shomin sample

      Hapus
    4. njir kampret la kenapa author pada g mau harem ending klo harem mungkin bisa lebih hype hahhhhh "inilah kehidupan" hahhhhhh

      Hapus
  2. Buset dah. awal2 nntn animenya lngsng jatuh cinta sama nih anime. storynya bagus banget. eh ga nyangka ending ga jelas begini. selingkuh sama Date A Live aja deh :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung aja endingnya g dijadiin anime, kalau sampai, fans anime juga pada ngamuk tuh, haha

      Hapus
  3. Yang penting si kobato baik baik saja :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, tu anak baik baik aja, berharap dia bisa cepat sembuh dari chubibyou.

      Hapus
    2. Jangan sampe dah dia sembuh dari sindrom kelas 8

      Hapus
  4. Padahal udah jatuh cinta pada ni anime.s1 bagus ,sampe penasarang siapa yang akan jadi pacar kodaka senna atau yozora(gue ngarepin senna sih) tapi malah si yukimura .jadi gak top.deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga merasa kecewa dan nyesel udah ngikutin nih anime, buang2 waktu dan uang aja

      Hapus
    2. what?!? endingnya sama yukimura? gua baru selesai maraton haganai lagi cari2 seri manga lanjutannya terus liat komen ini kok jadi nyesek ya, padahal saya ship yozora:(

      Hapus
  5. Gak terima gw Yozora d sakitin bgt.... Kodaka!! Kusso otoko!!!! Yukimura!! Kusso B*tch!!!!
    dari awal padahal gw dah sayang banget ma Yozora.. Ma Senna, hmm., biasa jha sih... Whaaa!!! Authorx,, membuat cbuah karya d awal.. Namun menyampahkannya d akhir!! ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haja, maunya bikin ending yg tak terduga, tapi malah jadi awut awutan gitu. Ada ada aja deh authornya.

      Hapus
  6. Yozora nya dibikin kayak sampah disini!! Parah bgd nyesel gw baca LN nya Seharian!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente baca gan? Dapat translasi dari mana?

      Hapus
    2. Di kiminovel ada gan cuma,cuma sape vol 10

      Hapus
  7. Kecewa bgt sama ending nya, ga tau apa mau nya si author. Nyesel ngikutin serinya juga

    BalasHapus
  8. Wew... sampe begitu parahnya ni LN. ane aja baru nonton Season 1 baru nyampek episode 8. ane coba pending nontonnya dulu karna penasaran ama karakter Yozora yg super Jahil dan super pedes kalo ngomong. hampir tiap episode gak pernah berhenti ngehina Sena,, dilain pihak, si Sena cuman bisa pasrah aja ama kritikan pedas si Yozora walaupun Sena characternya Fully Elegan banget (suka ngerendahin orang, tapi masih bisa sadar) dan ane gak habis pikir ama sikap si kodaku yg cuman diem aja ga bisa nengahin situasi.
    dari season 1 ane dah bisa nebak Kalo Kodaku bakalan berakhir ama Sena. tapi ya itu, setelah baca review dari postingan ini,, malah jadi ilfeel ama story lanjutannya.
    niat si pengarang dibikin cinta berbelit dan gak bisa ditebak,, tapi malah ngebuat jadi mumet dan ilfeel pembacanya.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sena emang best girl walau rada b*tch, tapi masih mendingan karakternya dia ketimbang yozora. kodaka itu super sampah dan LN ini adalah salah satu LN yang bikin saya pengen muntah kalau nonton atau baca manga/LN harem, padahal dulu saya suka tipe cerita harem begini.

      Hapus
    2. jangan lebay ah, kodaka itu fungsinya sebagai katalis.. emang kadang2 bikin kesel si kodaka karena kaya gk punya kepribadian dan dia mentalnya lemah

      Hapus
  9. begitulah anime harem jepang yang gak punya cerita akhir yg menyenangkan, masih mending high scol dxd. walau terlalu hentai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nisekoi, Yamada kun ending nya cukup memuaskan kok

      Hapus
    2. Nisekoi harem tapi endingnya bagus-bagus aja ah
      Love Hina juga

      Hapus
  10. endingnya coeg sekaleehhh~~
    lagian apa ga ada vol 11?

    BalasHapus
  11. Iya, gw baru aja siap nonton anime nya dan dari tadi sibuk cari-cari situs online buat baca LN nya, tapi ternyata dah dpt pencerahan duluan d sini. Arigatou, minna!!!

    Btw, gw Team Sora

    BalasHapus
  12. ane barusan nonton s1-s2 nya, endingnya ngegantung banget, jadi ane nyari nyari pencerahan.
    setelah baca pencerahan disini, ternyata hati ane bukannya jadi cerah.
    pengen marah tapi ya mau gimana lagi, ceritanya kayak gitu. dari yang awalnya ane ga bisa berhenti nontonin anime nya, sampe sekarang jadi pengen ngelupain kalo udah nonton anime nya.
    nyesel ane nonton nya, sampah banget sumpah dah.
    padahal ane berharap yozora yang jadi sama kodaka :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan klo bisa pengen hipnotis yg hilangin ingatan tentang haganai

      Hapus
  13. Uwahhhh,, ternyata kayak gitu endingnya,, GILE LU NDRO

    BalasHapus
  14. beginilah genre Anime Eechi + Harem endingnya gak terduga,di anime yukimura dibilang laki sekarang malah jadian ama tokoh utama,gw rasanya juga mulai curiga dengan endingnya Baka To Test Jangan2 yg jadian sama Akihisa Yoshi sentah itu kakaknya Yoshi/Kinoshita Hideyoshi/Yuuko bukanya Himeji/Shimada

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo baka to test bgus bnget gan endingnya g mengecewakan, jdi ada juga cerita msa lalu himeji yg ternyata bner" bikin sedih, oh ya diendingnya shimada sama himeji sma" nyatain cintanya ke akihisa dan siapa yg dia pilih? baca aja LNnya dijamin g mengecewakan, oh ya humornya selucu di animenya loh 👍

      Hapus
    2. klo baka to test bgus bnget gan endingnya g mengecewakan, jdi ada juga cerita msa lalu himeji yg ternyata bner" bikin sedih, oh ya diendingnya shimada sama himeji sma" nyatain cintanya ke akihisa dan siapa yg dia pilih? baca aja LNnya dijamin g mengecewakan, oh ya humornya selucu di animenya loh 👍

      Hapus
  15. terrible, but not too much

    Disini authornya bener2 pinter, sebenernya ini ending yg memang masuk akal. Kita semua gk boleh lupa dan harus tahu kalo ini LN tentang pertemanan, bukan tentang cinta.. Awalnya semua yg masuk klub pertemanan ini punya tujuan masing masing.. Mulai dari kodaka, dia pengen punya teman baru kemudian pacar, Yozora pengen teman dan orang yang bisa dia kagumin, Rika pengen teman, dan Yukimura pengen jadi laki2 sejati yg tegas ; dalam hal ini karena dia bukanlah laki jadi tujuannya menjadi wanita yg tegas seperti lelaki.. Jadi emang akhirnya mereka semua bisa meraih target sejak awal mereka gabung ke klub.. Endingnya pun, They ate stew together like on the first volume.. Dilihat dari sisi pertemanan, it's a good ending indeed, tapi dilihat dari sisi percintaan, it's way way too bad for everyone

    BalasHapus
  16. cacad banget endingnya tapi emang LN ini lebih ke pertemanan dibanding kepercintaan, gw juga lebih mikir yozora/senna yg menjadi MC di LN ini, but damn gw bener" seneng kalo endingnya kayak gini kalau si kodaka sifatnya kayak gini

    btw nih LN di axed ya? kayak force ending gitu

    BalasHapus
  17. Yah.... Kena trap deh... Gue kira lanjutan season 3 nya bakal bagus soalnya di season 2 nya nggantung banget kesel liatnya pas nyari tau tentang season 3 ehh pas baca ini malah tambah kesel liat nih anime ban*sat bener si kodaka tampilan kayak preman udah keren tapi sifatnya kayak banci.... Sedih liatnya gue kira bakal happy ending malah jadi anime NTR kzlll banget bro pengen gue nabok yang ngebuat nih anime cerita bagus kok diakhiri NTR mati aja lu author semakin tahun anime kualitas romance nya rendah kebanyakan banyak bumbu NTR.....

    BalasHapus
  18. Tpi gan klo kaya gitu brarti si penulis sengaja biar kodaka di benci sama semua heroine dan ada kemungkinan jga klo kodaka nanti bisa ngebalikin keadaan klub kaya awal. Jdi menurut ane kodaka tuh bkan ba*ing*n dia rela jdi org yg dibenci biar semuanya balik lgi kaya awal

    BalasHapus
  19. iya mungkin aja si kodaka kaya hitler gtu dia buat semua dunia memusuhinya agar tidah ada yg membenci satu sama lain selain dirinya,:v :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan oregairu gan walau sekilas mirip

      Hapus
  20. Min ap mgkn da mslh ma yg ngarang y, kyny gk da tnda2 endingny mau kya gt, soalny d liat dri season 1, ova ma 2 kyny gk pantes klo d akhiri kya gt, trs kyny si pengarang jg mau bkin crita ini berlnjut k season 3 atau minimal the movie lah kya working ma eureka, mgkn krna d pstiin gk da visualisasi lg buat crta ini jd si pngrang bkin kya gt, atau bhkan da sabotase jd endingny kya gt
    Eh spekulasiny jauh bgt y :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. LN harem emang suka ngegantung, ini aja sena kodaka masih gantung. jadi jangan terlalu berharap dengan ending dari LN harem, karna g akan pernah bisa memuaskan hati.

      Hapus
  21. Jadinya siapa yg menang :v ? , nggk ngerti gw sumpah tuh cwek kok bitch ya (yukimura)? :v
    senna masih nunggu ato kodaka jdian sama yukimura? mohon dijawab :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada lanjutan gan. Emang endingnya menggantung begitu aja. Senna masih ngarep sih, yukimura kodaka fix putus. Ending vol terakhir ga ada yg jadi sama kodaka, fix cuma berteman

      Hapus
  22. lah bangsat kasihan bener sena yang udh tulus suka ama kodaka bahkan mau nikah , jadian sama cewek separoh cowok.
    jadi intinya ini ending LN masih sama kayak di animenya ngegantung si sena.
    yah mau gimana lagi ini judul nya aku ga punya teman , bukan aku ga punya pacar ya :V wkwkwwk

    BalasHapus
  23. Barusan namatin s2 nya, pnasaran si kodaka jadian ma spa eh teenyata kya gtu endingnya, vangke sangad, itu senna mending bwt gw aja njerrr :'v

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. kalo jadi Kodaka nikahin aja semuanya (Mission Complete)

    BalasHapus
  26. baru nonton s1 nya,kukira s2 bakal tamat ternyata masih lanjut ke LN. Pas iseng cari pencerahan ternyata endingnya begini -_-,fix ga gw lanjutin s2 nya

    BalasHapus
  27. Sumpah nih.. Padahal lihat ending anime season 2-nya udah kayak gitu, si Kodaka malah jadi b*j*ng*n.

    BalasHapus
  28. Apa cuma gw disini yang nganggep kalo rika itu yang terbaik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ane sih iya, walaupun kgk pernah baca lNnya, yaa walaupun sering jailin si kodaka pas di animenya wkwkw, ane paling sering dah pas nungguin scene rika sama kodaka yang bikin gimana gitu wwkwk

      Hapus
  29. Fak lah pdhl gw berharap ada s3 , eh setelah mampir disini dapet pencerahan, ending macam apa ini njir nyesel gw

    BalasHapus
  30. a*je*g ternyata gni ya ngerasa jdi nyesek pdhal menurut gw haganai storynya bgus

    BalasHapus
  31. Feels so bad after read this

    BalasHapus
  32. Bener" rasanya pengen bisa hipnotis penghapus ingatan karena nyesel banget sumpah udah mengenal haganai klo jadinya gini, satu saya setuju dengan TS char favorite emank senna(y)

    BalasHapus
  33. wtf, gua cuma nonton s1 & s2 setengah. ga nyangka sama yukimura :v

    BalasHapus
  34. ane malah berharap endingnya sama Rikka ..

    BalasHapus
  35. Menurut saya si biasa karna kalo ada season 3nya pastikan tidak sama dengan light novel karena bisa aja di ganti kalo tidak inginya para fans

    BalasHapus
  36. kukira jadian sama sena , tapi kok sama yukimura anjeng
    kalo sama yozora ane masih terima lah ini sama yukimura anjeng

    BalasHapus
  37. Kecewa gw,gw kira bakal tetep bersama, kenapa jadi pecah begitu persahabatan di klub nya cuma gara2 cinta, jadi nyesel nonton s1 & s2 sama LN nya kalo endingnya kayak gini, BAKA!!!

    BalasHapus
  38. Udah ketauan Yukimura suka sama Kodaka semenjak jadi babunya😁

    BalasHapus
  39. yaaah... jadi kecewa... tapi tetap penasaran mau baca vol. 11 nya. padahal hingga vol. 10 udah mantap. memang si kodaka harus keluar dulu sih dari klub, karena insiden natal itu.

    aku masoh pemula dalam hal2 anime, manga, LN. baru mulai tahun ini. jadi, ada saran anime dengan ending jelek gak?

    BalasHapus
  40. Gua udah jatuh cinta banget sama ni anime, berharap endingnya semuanya baik baik saja tidak ada masalah, gua bahkan nonton ni anime berkali kali, gua udah terpalu inget sama kisah dan karakter2 nya, tapi setelah baca ending sebenernya, pandangan gua terhadap ni anime b*tch banget anj*ng,g*blok, si*lan, s*tan. Gimana gua cara ngelupainnya anj*ng.

    BalasHapus
  41. Gmn ya.. Gue si ga percaya sama spoiler ini, buat gue dengan ending gtu ga masuk di akal.. Dari awal aja MC cowoknya ngejaga bgt perasaan setiap cwek.. Kalo blm ada bukti yg kuat si gw blm percaya kalo emang akhirnya bad end..

    BalasHapus
  42. Briliant ni author nya wokwokwok :v

    BalasHapus
  43. padahal saya sudah harapin kodaka sama sena malah jadi gini ceritanya.Gak menarik, kodaka bajingan sedangkan yukimura nikung teman sendiri mati saja sana kalian berdua terus sena mau nunggu sampai kapan kodaka????
    padahal saya dan pacar saya gak pernah begitu
    kodaka jan**k

    BalasHapus
  44. Moga moga kobato sembuh dari sindrom kelas 8

    BalasHapus
  45. anjay gini ternyata endingnya xD

    BalasHapus
  46. sumpah dah haganai ini di sesason selanjutnya,aku kira kodaka bakalan pacaran sama senna,tapi eh tau taunya setelah baca artikel ini,jadi benci sama anime haganai,masa sih gitu endingnya,kalok beneran gitu ending di season 3 nya kan gak lucu gitu,udh aku tunggu haganai season 3nya ehh gitu bakalan ceritanya,yah,semoga aj gak kayak gitu ceritanya di season 3,tapi aku pengennya kodaka pacaran sama senna soalnya senna udh semupurna untuk di jadiin pacar,wkwk,yah begitulah semoga aja gak kayak gitu di season 3 nya,dan untuk yukimura udh keterlaluan dia nikung temennya sendiri waduh kan udh gak lucu sampai segitunya nikung temennya sendiri,trus kodaka tu cowok bajingan nolak yozora sampai segitunya waduh,pasti yozora patah hati sekali,awalnya nonton haganai,aku gak suka sekali sama yozora tapi baru tau ini di season 3 nya jadi kasihan sama yozora,dan rika good job,wkwkw keputusan rika bener sekali untuk nolak kodaka si cowok bajingan dan playboy itu,dan berharap aja gak bakalan gitu di season 3 nya,aku berharap sekali sama perusahaan pembuat anime haganai,dan untuk pembuat artikel ini terima kasih untuk memberi tau ini����

    BalasHapus
  47. dah nunggu dri 2013 eh taunya mcnya ampas plin plan kga jlas sifatnya :v

    klo gini mnding ngarep sena x yozora aja :v

    BalasHapus
  48. untung gw nonton udah lama (pas ongoing) jadi udah rada2 lupa niat cari2 lanjutannya karena ending anime yang gantung, lewat LN ternyata sampah gini
    THX alot informasinyaaaa!!!!

    BalasHapus
  49. Bentar gw mau nanya nih pada akhirnya Sena kan masih menunggu jawaban dari kodaka kan? Dan Kodaka belum nolak Sena kan?Berarti kayaknya kodaka bakalan ama Sena? Atau kodaka emang gk pilih siapapun? walaupun gw agak benci ama kodaka tapi tetep aja gw bingung ama kodaka sama sena katanya suruh menunggu jawaban.Mohon dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gw sih kodaka nerima si senna, dan bisa jadi gk nerima si sena, dari analisa gw sih klo dilanjutin animenya mungkin endingnya bakal dibuat berbeda, karena bad ending inilah yg bakal memicu kerugian besar klo dipublis sebagai anime nanti, jdi yaa dibuat ending yg berbeda

      Hapus
    2. Tapi si Sena ini ga pernah nyerah,mungkin aja Sena menunggu terus

      Hapus
  50. Walaupun kakaknya ampas Kobato tetap char favorit gw

    BalasHapus
  51. Btw bakal rilis ga s3 nya? Gue penasarann ama authornya ceritanya bener apa engga' gue agak kesel sama si kodaka" gue tunggu kalo emang ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw rasa enggak gan, biasanya lama menunggu info lanjutan animenya paling lama 4 sampek 5 tahun sedangkan sampek sekarang gk ada kelanjutannya, klo emang bakal dilanjutin gw sih berharap endingnya dibikin original atau ending sendiri dari publisher animenya

      Hapus
  52. Ampas bener cuk endingnya, gua nge ship Senna padahal

    BalasHapus
  53. Skip.. asli gua ga selera lagi buat ngelanjutin, MCnya PLIN plan gada ketegasan, asli ya.. gua dari awal season 1 udah Suka bat sama alurnya.. ceritanya ringan,asik. Gak nyangka aja end nya bakal gini

    BalasHapus
  54. Dari awal mah gw sdh gak suka sama Kodaka. Gw nonton nih anime karena si Sena sama kobato- nya aja yang kawaii

    BalasHapus
  55. Jujur gw nyesel parah lambat nonton ni anime, gk guna, tpi menurut gw kyknya LN nya diberhentiin ditengah jalan deh, gw rasa ending seperti ini gk bisa dianggap ending. Klo ini emang ending sebenarnya fix sampah dah, padahal gw berharap banyak ke endingnya tai!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan juga, sikodaka dari awal gw nonton kyk gk peka dan gk peduli gitu anjirr, parah sih jdi cowok gk peka sama sekali, emang pantes gk punya temen ni orang

      Hapus
    2. muncul juga sifat aslinya njir rupanya b*jing*n

      Hapus
  56. Njir bro gw udah berapa kali rewatch Haganai animenya S1 Ama S2 baru kepikiran cari ending nya gmna,pas baca dsni gak nyangka bisa se sampah ini ending nya

    BalasHapus
  57. Tolong dong buat author nya jangan bikin ending kek gini ga jelas banget gw nyesek anjay yakali di awal bahagia eh ending nya malah gitu

    BalasHapus
  58. Bangs*t kenapa dapet anime ending gini truss, kuzu no honkai, domestic kanojo, ending nya bikin emosi, saran dong anime macem gini yg ending nya happy ato sad yg penting bagus gak kek gini

    BalasHapus
  59. terima kasih buat season 1 dan 2 nya benar benar asik, untung aja gada season 3 kalo ada buang buang waktu aja nonton ending sampah. dan gua di 2020 baru tau ending novelnya di sini wkwkw

    BalasHapus
  60. Iya bener si ni anime awalnya buat nyari temen saya pikir juga mcnya keren
    Eh ternyata ampas mana ada ntr lagi jadi gajelas....

    BalasHapus
  61. Nyesel bet ampas ending bangke.

    BalasHapus
  62. ini si yozora sembunyi itu du volume berapa?

    BalasHapus
  63. pantes aja gak di bikinin season lanjutan rupanya karna endingnya ampas dan pasti studio yg mau garap ragu season lanjutannya akan sukses

    BalasHapus
  64. Untung dapat sepopuler soalnya masih di eps 7 S2

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.