Kamis, 12 Maret 2015

[LN] Light Novel (Manga versi novel)


Light Novel atau biasa disingkat LN adalah novel ringan,maksudnya disini novel nya ini punya nomor series gitu, ceritanya bersambung sambung ampe beberapa volume / series, biasanya kan kalau novel bisa ada trilogi, dwilogi atau lain segala macam, nah, kalau LN ini series nya nya itu kayak manga tapi isi nya adalah tulisan dan beberapa lembar ilustrasi gambar. Anggap aja kalau baca LN itu bak baca manga yang dibikin jadi tulisan tulisan. Jadi kita mesti berimajinasi sendir tentang adegan adegan dalam novel itu dibantu sedikit ilustrasi dari ilustrator yang bertugas bikin ilustrasi dari sebuah LN.
G kaya manga yang gampang untuk go international, LN ini susah kali masuk pasar internasional, apalagi Indonesia. Katanya susah banget buat menerbitkan LN di indonesia terkait masalah lisensi dan hak cipta serta tetek bengek yang ada di dalamnya. Kalau baca online, persiapkan saja diri dengan TOEFL setidaknya 500 untuk mengerti transletan fans yang berbahasa inggris. Saya sih g kuat baca novel berbahasa inggris, kalau manga masih mending. Pernah sekali kali saya coba juga, tapi hanya pada bagian yang saya ingin tau banget aja. Setelah itu karna berbahasa inggris, saya g gali leih dalam lagi soal cerita. Padahal kalau diikuti cerita LN itu banyak yang menarik.
Saat ini LN memang masih kalah saing dengan manga. Saya yang bisanya hanya menikmati karya orang secara ilegal harus puas dengan apapun  fasilitas yang bisa saya dapatkan, termasuk untuk urusan LN ini. Kadang saya lebih banyak menemukan kekecewaan saat ingin tau tentang sebuah cerita lewat LN, ternyata Ln yang mau saya baca belum ada translete ke bahasa inggrisnya, yg ada baru bahasa jepangnya. Serius, kalau berhadapan dengan kanji saya nyerah deh. Sampai sampai pernah terbesit dalam diri saya untuk bisa kanji dan berbahasa jepang. Setelah saya amati panduan kanji pemula, huah, lumayan perlu menghafal banyak juga.
Oya, kenapa saya begitu ingin baca LN? Itu karna anime yang saya tonton yang basisnya dari LN emberikan akhir yang menggantung. Saya paling g bisa lama lama penasaran, makanya saya baca LN biar menghilangkan rasa penasaran saya. Lagian anime yang saya tonton belum tentu punya sekuel nya atau lanjutannya. Membaca sumber cerita dari adaptasi anime itu jadi lebih enak setelah selesai menamatkan menonton sebuah anime,hehe.
Oya, LN itu beda dengan Novel biasa. Novel biasa g ada ilustrasinya, Cuma tulisan tulisan aja sepanjang mata memandang. Mungkin kalau ada gambar itu sampulnya atau biografi penulisnya aja,hehe.
LN bukan nya g ada di indonesia, hanya aja LN yang nyampai resmi ke indonesia itu hanya LN kelas 2 atau kelas 3 yang saya g tau apa keberadaannya benar benar ada di jepang itu sendiri. Sedangkan untuk LN kelas atas atau kelas 1 itu mungkin perlu banyak uang untuk menerbitkannya disini. Udah  keluar banyak uang, belum tentu juga LN bakal laris di indonesia, makanya penerbit jadi mikir banyak kali buat nerbitin LN kelas satu di indonesia.

Kalau boleh milih, ada beberapa LN yang menarik perhatian saya dan saya sangat ingin tau kelanjutannya, kayak
1.       Yahari ore no seishun love come wa machigatteiru (oregairu)
2.       Hataraku Maou Sama
3.       Boku wa tomodachi sukunai
4.       To aru majutsu no index
Yah, Cuma 4 itu aja sih. Ada satu novel kenamaan jepang yang udah terbit di indonesia, tapi ini novel, yaitu 5 cm to you. Sayang banget saya g bisa dapetin novelnya didaerah saya, padahal mau beli. Walau udah tau ceritanya, tapi saya masih ingin tetap mengoleksi.
Saya punya firasat kalau oregairu akan lebih greget untuk dinikmati dalam bentuk LN. Pas awal nonton anime saya Cuma nanggepin cerita ini biasa dan belum bisa menelaah lebih dalam soal karakter. Ternyata setelah saya masuk forum dan membahas soal tingkah polah dan arti dibalik perbuatan mereka saya jadi sadar kalau cerita ini sangat luar biasa bagus. Saya jadi sangat kagum dengan yang bikin cerita. Padahal ini berlatar tentang kehidupan sosial anak anak SMA. Pola pikir hero nya disini bener bener g kayak orang kebanyakan dan membuat saya bener bener takjub. Saya jadi mikir apa ada orang yang kayak dia. Orang yang kalau menolong orang itu g kelihatan kalau dia emang lagi nolong, bahkan tampak seperti orang yang berkata kata jahat. Dia benar benar pengertian walau tampak luar nya acuh tak acuh. Walau terkesan anti sosial bukan berarti dia tak memiliki jiwa sosial, terlihat dari cara dia mengorbankan diri untuk membantu orang lain. Kalau kita lihat hero hero lain juga akan mengorbankan dirinya juga buat menolong yang lain, tapi kebanyakan dengan bantuan fisik semacam berantem dan sejenisnya. Tapi yang dikorbankan sang hero di LN ini adalah penilaian orang terhadap dirinya, emang sih pengorbanan nyawa lebih besar, tapi mengorbankan nyawa itu udah terlalu mainstream dikalangan LN atau pun manga, jadi rada menjemukan juga. Dia rela di nilai jelek oleh orang asal bisa bantuin orang yang butuh bantuan dalam masalah moril. Cara penyelesaian masalahnya juga bukan adu tinju, tapi adu argumen. Kalau adu argumen kayak serial detektif, tapi ini argumen yang berbeda dimana argumen ini akan menyadarkan si orang yang di tolong. Baiklah, nama hero nya adalah Hikigaya Hachiman, banyak yang manggil dia 8man (hachi itu artinya 8, awalnya saya baca eightman, ternyata 8man itu baca nya tetap hachiman,haha) juga. Untuk para heroin juga kayaknya juga udah banyak yang kayak gitu di LN atau manga, tapi ntah kenapa daya tarik kedua heroin inti disini lebih menyegarkan dan dapat poin bagus dari heroin yang memiliki karakter yang sama dengan mereka. Yukinoshita yukino adalah cewek yang hampir perfect, karna itu dia jadi dia jauhi dan dulu jadi objek buli. Setelah SMA dia jadi cewek dingin dan blak blak an dan g akan bohong terhadap apa yang ada dipikirannya walaupun orang yang jadi lawan bicara nya menjadi tertekan. Dia bukan tipe cewek munafik. Saya suka pengkarakteran dia walau kalau di real world akan sangat kejam kelihatannya tipe cewek yang kayak gini. Yuigahama yui adalah cewek SMA biasa. Dia biasa aja, ceria, suka senyum dan baik juga. Tapi ntah kenapa karakter dia yang biasa itu bikin saya juga suka dengan penokohan dia. Kenapa? Saya juga g tau... tipe kayak yui banyak ditemui di real world.
Serius, saya benar benar pengen baca LN ini setelah nonton anime nya di tahun 2013 silam. Studio yang memproduksi anime nya g mengkonfirmasi adanya season 2 sampai saat sekarang ini, sayang banget mengingat penjualan BD nya juga cukup membanggakan. Padahal cerita lanjutannya mungkin akan sangat seru dari cerita awal. Inti  ceritanya adalah tentang raja iblis yang melarikan diri ke bumi dan menjadi pelayan di restoran cepat saji, di sisi lain ada “yuusha” atau pahlawan yang memburunya untuk dibinasakan. Tapi sesampainya di bumi “mao” (raja setan) malah g berkeinginan lagi berbuat jahat dan malah suka menolong, sang yuusha pun jadi dibikin galau mau diapain tuh raja iblis. Nah, season 1 itu hanya pendahuluan dari cerita, lanjutan dari anime mereka malah dapat titipan anak cewek bernama Alas  dan manggil yuusha sebagai “mama” dan mao sebagai “papa”. Yah, gimana pula manusia setengah malaikat kayak yuusha punya anak bareng raja iblis, ckckc. Pasti lucu banget. Tapi sayangnya, there is no season 2. Atau untuk menghibur diri kita bilang aja belum ada , bukan tidak ada, hehe.
Sama kayak oregairu yang membahas masalah sosial anak SMA. Tapi boku wa tomodachi sukunai atau disingkat haganai ini lebih ke harem komedi. Disini ceweknya banyak dan berbagai tipe. G semua karakter bisa saya sukai. Sendirinya saya sebenarnya g suka heroin utamanya, mikazuki yozora yang kelewat jutek dan g bisa move on. Bahkan hero nya jga g terlalu suka karna ke “dense” an nya dia itu. Bahkan saat udah ada yang bilang suka ke dia, dia malah menghindar. Padahal memiliki teman aja sudah susah baginya, kalau g ikut club pertemanan mungkin dia juga g bisa punya lawan bicara (ntah dia anggap lawan bicara nya di club pertemanan ini temannya atau g), ini udah ada yang kokuhaku (nyatain cinta) malah dia nya yang mengihindar. Cerita animenya sangat gantung dan akhirnya saya baca lanjutan LN berbahasa inggris. Hasegawa Kodaka sang Hero ternyata juga menyukai Kasiwazaki Sena tapi belum mau pacaran sama dia, istilahnya di pending dulu untuk kepentingan kelangsungan club. Sementara yozora ntah kapan bisa move on dari masa lalu. Saya ingin tau kelanjutannya ini tapi g tau mau baca dimana.

Saya jujur kurang suka to aru majutsu no index karna saya udah muak lihat karakter kayak kamijou toma, dan saya juga benci heroin g guna kayak index. Tapi kata yang udah baca LN, pandangan orang orang akan berubah jadi positif ke touma kalau udah baca LN nya. Di anime dia jadi karakter annoying banget, tapi kalau di LN katanya karisma nya jadi nampak. Makanya saya pengen baca LN nya biar image touma itu otak saya bisa jadi positif lagi,hehe. Btw, kalau di to aru series ini saya sukanya misaka mikoto, tapi jarang nampak di LN ini.

10 komentar:

  1. Oh setuju!
    =>>Oregairu versi LN lebih berasa. Bnyk cerita yg terpotong or dicepetin di anime.y. Apalagi pas s2, ngenes banget sma ep 11,12 n 13, maksain banget. Padahal harusnya d ep 10 udah final... kenapa gk d ke-s3in aj? :/
    Suka banget sama Hikigaya n Yukino, apalagi klo udah adu argumen... ;3

    =>>Maou-sama! yey! Nih anime kocak abis. Coz gk ad s2.y, sy beralih ke LN...
    ada juga versi "Highschool" ugh... jujur, lebih suka versi ini, entah kenapa. Baca LN.y baru vol-3, jd blum bisa bnyk komen...

    =>> Hanya nonton anime, blum ad niat lanjut LN...

    =>> Gak ikutin 22.y...

    Ohya, di MAL ada LN yg rating.y ngalahin Oregairu, "Utsuro no Hako to Zero no Maria" jd pengen baca LN.y....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau oregairu dapat lisensi di indonesia ga mikir 2 kali buat beli LN nya, tapi kayaknya LN terbit di Indonesia kayak angan angan doang. baik oregairu dan hataraku mao sama udah kena lisensi yen press,haha. jadi yang mau translate ke english kudu hati hati kena jalur hukum pihak yen press, makanya mao sama sulit banget nyari translate english nya, sedangkan oregairu baru di vol 11 kemaren kena lisensi yen press, tapi masih ada yang nekat buat translate, moga adminnya g kenapa napa,hehe.

      waduh, kayaknya LN yang kamu saranin berat nih ceritanya, belum sanggup saya baca yang berat berat bahasanya.

      Hapus
    2. Link LN nya maou sama pliss.....

      Hapus
    3. Link LN nya maou sama pliss.....

      Hapus
    4. udah ga ada yang postingin LN nya mao-sama secara utuh gan karna mao-sama sendiri udah di lisensi sama pihak yen press amerika. jadi semua postingan LN nya di bakatsuki dan situs ga resmi lainnya juga udah dihapus

      Hapus
    5. pantas saja saya mencari translate nya engga ketemu2 di internet -_- , kalo di gramedia ada ga ya kira2 novelnya,?

      Hapus
    6. pantas saja saya mencari translate nya engga ketemu2 di internet -_- , kalo di gramedia ada ga ya kira2 novelnya,?

      Hapus
    7. haha, ga ada gan. LN mah susah masuk pasar Indonesia

      Hapus
  2. yang punya SoftCopy nya LN maou-sama bagi bagi donggg,,,, :)

    BalasHapus
  3. ada yang punya link LN hataraku maou sama? eng atau indo

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.