Kamis, 12 Maret 2015

[SEIYUU] seiyuu dan hal hal yang berkaitan dengannya

Seiyuu atau dalam bahasa indonesianya disebut pengisi suara atau dubber. Kalau bahasa inggrisnya Voice actor. Dalam film atau serial yang membutuhkan proses dubbing ini ada beberapa yang membuat penonton akan nyaman menonton hingga akhir :
1.       Dubber nya pintar acting
2.       Teamwork nya bisa memilih peran yang pas dan cocok untuk si dubber

Kalau di indonesia dubber itu kurang terkenal dan bahkan susah untuk atau siapa orang dibalik karakter yang diperankannya. Tapi kalau di jepang lebih dikenal dengan istilah seiyuu untuk dubber ini. Di jepang sendiri seiyuu ini lumayan terkenal dan punya nama. Saya kasih nama sepasang seiyuu yang nama nya belakangan ini sangat terkenal dikalangan penyuka anime dan kalau g tau sama nama ini berarti dia hanya menikmati anime sebagai tontonan belaka tanpa tau apa apa dibalik pembuatan cerita. Dari seiyuu nya cewek, siapa yang g kenal hanazawa kana. Udah cantik, suaranya bikin gemes, udah meranin banyak karakter di anime, kayaknya juga udah coba berbagai karakter dere dere dari tsun ampe kuu,haha. Kebanyakan karakter yang dibawainnya juga terkenal seiiring dengan keterkenalan dia sebagai seiyuu. Terakhir saya dapat kabar kalau dia juga akan main dorama juga. Karakter nya yang mungkin bakalan banyak dikenal seperti : tachibana kanade dari angel beats, gokou ruri dari oreimo, onodera kosaki di anime nisekoi, dan banyak lagi. Ntah kenapa setiap ada anime bagus yang saya tonton minimal dia ada nyumbang suara walau Cuma bentar atau ibaratnya Cuma peran support yang muncul satu atau dua scene. Dari kalangan yang cowok siapa yang g kenal yuki kaji. Tampangnya imut imut, suaranya juga berkarakter, saya akui dia cocok untuk karakter cowok hentai atau echi. Suaranya dia ini mudah untuk dikenali saat menonton anime. Banyak karakter yang dia perankan tapi yang terkenal adalah : eren jegger dari SnK. Ada beberapa karakter hentai nya dia tapi saya males bahas.
Dua orang diatas itu lagi naik daunnya di dunia per seiyuu an. Adapun yang udah terkenal dari dulu dan umurnya juga udah kepala 3, beda dari mereka bedua yang masih muda dan masih 20an. Kayak kugumiya rie yang identik dengan karakter tsundere nya, nana mizuki dengan keberhasilannya sebagai seiyuu sekaligus penyanyi. Walau ada banyak seiyuu yang udah kepala 3, ajaibnya mereka masih unyu unyu,wow. Bahkan yang 40an juga masih ada yang unyu unyu.
Kalau menilik dari seiyuu favorit saya, seiyuu pertama yang saya jadikan spot untuk pertama kali adalah Hikasa Youko, karna dia meranin mio dengan sangat pas menurut saya, suaranya juga bagus pas nyanyi. tapi jangan salah, kepribadian hiyochi ini sangat bertolak belakang dengan mio, jika mio pemalu, maka hiyochi itu ga tau malu, haha. Beberapa yang saya suka suaranya
·         Hikasa yoko
·         Satou rina
·         Chiwa saito
·         Toyama nao
·         Hanazawa Kana
·         Sawashiro miyuki
·         Asumi kana
·         Kanae ito
·         Uchida maaya
·         Dll

Ntah kenapa saya g begitu tertarik dengan yang cowoknya. Padahal seiyuu cowok nya juga g kalah bagus dan ganteng ganteng lo, sebut saja uchiyama kouki, nih anak pas difoto jarang nampak senyumnya, tapi dia keren. Terus ada mamoru miyano yang banyak kebagian peran cowok gila atau pun cowok keren.
oya, belakangan saya juga suka dengan suara yang  imut imut macam taketatsu ayana, hanazawa kana, sakura ayane. tapi suara yang cool juga suka kayak hayami saori, taneda risa.
berada di dunia seiyuu itu ga gampang loh. kalau ga pake strategi jitu, bisa bisa bakalan cepat tenggelam.ini aja, seiyuu seiyuu yang udah 30 an keatas udah jarang kedengaran suaranya di anime anime. sekarang ni jamannya seiyuu yang lahir di tahun 90 an atau diakhir 80 an. tren suara moe juga lagi kepake di anime. makanya ga heran suara moe lebih sering seliweran ketika nonton anime anime yang baru sekarang. rata rata saya lihat saat seiyuu udah tenar selama 2 atau 3 tahun lalu nama mreka mulai meredup digantikan dengan pesaing baru. dunia seiyuu emang kejam. untuk beberapa seiyuu bisa bertahan hingga 5 tahun lebih masa tenar, untuk yang ini saya contohin Hanazawa kana yang namanya ga lekang oleh waktu sejak tenar sekitar tahun 2009 atau 2010 ampe sekarang masih belum hilang kilauannya walau nih seiyuu otaknya rada hentai, haha. sedangkan seiyuu yang juga terkenal di jaman itu namanya mulai meredup, ex : seiyuu2 nya K-on!. walau para seiyuu seiyuu nya k-on ini masih aktif tapi peran utama yang didapat mulai jarang kedengaran.
Kalau fans nya seiyuu saya rasa akan lebih memperhatikan suara dan acting ketimbang penampilan seiyuu sendiri. tapi belakangan, trend seiyuu cantik masih beken saat sekarang ini. lihat aja seiyuu seiyuu baru, pada ganteng ganteng, manis manis.  Ada juga yang suka seiyuu karna udah terlalu dalam menggali tentang dunia para seiyuu sehingga menyukai mereka lantaran tingkah polah mereka, mungkin karna mereka talk actif, hobi becanda, hobi buli, mood maker, boke, tsukkomi, hentai, korban hentai, dll. Kalau saya belakangan suka seiyuu yang heboh dan pandai becanda. Males sama seiyuu yang kalem, kalau seiyuunya kalem, saat diacara susah diajak becanda dan hura hura bahkan seiyuu mood maker pun jadi segan mau becandain dia kayak gimana. Darimana saya tau kepribadian seiyuu seiyuu ini? yah cari dong di youtube, kadang saya juga nyasar ke niconicodouga dan jangan kesal kalau ternyata video yang ditonton tak memiliki translate. Boro boro Indonesia translate, English pun ga ada, jadi dingerti ngerti in aja mereka ngomong apa, haha. Yabai, kesukaan saya terhadap seiyuu mulai ekstrim, haha. Tapi sayangnya ga semua event seiyuu yang kamu inginkan akan di upload di youtunbe atau niconico, kadang acranya udah jalan 2 tahun yang lalu baru ada yang upload.

Kalau nanya apa enaknya mengikuti event event seiyuu? Sebenarnya enaknya Cuma di joke. Karna rata rata seiyuu itu pandai banget bikin ketawa dengan kelakuannya. Dan juga kamu akan mendapati sisi yang gak akan kamu ketahui hanya dengan menonton anime aja. 
untuk beberapa seiyuu udah saya bikin profilnya, silahkan di cari di sub menu "chara and tokoh".

2 komentar:

  1. Seiyuu Fav sy:
    - Saori Hayami (Yukinoshita Yukino, Shiraishi Urara)
    -Hikasa Youko (Mio Akiyama, Yusa Emi)
    -Nana Mizuki (Kazanari Tsubasa, Hinata Hyuuga)

    Tiga ini pas nyanyi bangus banget. Apa lagi nana mizuki, jangan ditanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kamu sukanya sama seiyuu yang cocok meranin karakter "cool beuty" gitu,ya. haha

      Hapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.