Kamis, 30 Oktober 2014

[MANGA] manga shoujo dan shonen dari sudut pandang romance


Tahun ini anime mulai dikit yang saya ikutin. Saya piker udah saatnya ganti hobi, ternyata malah terjebak dengan manga. Yah, sebelumnya juga slain nonton manga juga sesekali baca manga yang terbit bulanan, tapi kali ini kadar baca manga nya meningkat. Dan saya yakin yang melandasi ketertarikan akan manga ini adalah saat ngeliat tumpukan manga yang saya baca saat SMA, timbul rasa penasaran dihati pengen tau cerita lanjutan dari alur cerita manga yang saya ikuti yang kala itu masih berhenti ditengah tengah karena penerbitan manga yang berbentuk majalah itu diakhiri di volume 55 (HanaLALA).
Adapun cerita favorit saya dimajalah bulanan itu adalah : ouran high school, vampire knight, skip beat, V.B Rose, dan with my brother. Tapi hanya 3 judul paling awal yang saya sebut yang bikin saya penasaran ampe dilanjutin baca online. Sebenarnya beli di gramedia biar enak, udah indo translate lagi, tapi karena g punya budget lebih baik baca online. Yang pertama di tamatin dulu itu ouran high school, berakhir dengan happy ending yang melegakan. Proses menuju akhir pun juga g mulu mulu, sangat bagus untuk diikuti sampi akhir, sasuga bisco hatori sensei. Yang kedua adalah Vampire knight, baca nya kadang diskip skip gitu, tapi saya tau kalau ceritanya sangat bagus. Manga shoujo jarang ceritanya yg complex kayak gini, good job matsuri hino sensei. Oya, endingnya juga happy tapi sayangnya happy end yang menggalaukan, haha.  Nah, yang skip beat g tamat tamat juga ampe sekarang, malah terbitnya bulanan juga di majalah Hana to Yume di jepang. Perkembangannya makin seru, hal yang paling seru emang kalau heroine nya ketemu sama hero kedua di cerita ini, ribut terus soalnya, haha. Oya, mungkin bentar lagi nih manga bakal naik rating umurnya ngeliat adegannya udah ada yang absur.
Yah, saya belum jabarin banyak itu 3 manga. Selain 3 manga itu saya juga ikutin manga bulanan to aru kagaku no railgun, mungkin g banyak yang baca di Indonesia tapi saya suka ngikutinnya, habisnya saya suka heroinnya. Dan yang mingguan ngikutin Nisekoi yang sayangnya dari minggu ke minggu jalan ceritanya suka fluktuasi, kadang bagus kadang enggak. Kalau bagus dibaca, kalau g tertarik tinggalin. Tapi sejauh ini chapter chapter yang perkembangannya jalan ditempat itu masih bisa bikin ketawa. Bagusnya nih manga ditamatin aja, atau alurnya dipercepat, atau lakukan perkembangan yang berarti antara hero dan haremnya.
Karena udah baca manga dan anime yang bertemakan harem tipikal shonen, saat baca manga atau anime tipikal shoujo ntah itu reverse harem atau romance saya jadi tau apa persamaan dan perbedaan dari keduanya.
  • .       Hero atau heroinnya utama dimanga nya tidak peka dengan cinta dari lawan mainnya. Ini kadang bikin greget atau sampai bikin kesal apalagi di cerita shonen. Di shoujo walau heroinnya g peka atas perhatian si hero tapi pada akhirnya ke kalemannya terluluhkan dengan juga merasakan cinta kepada sang hero walau butuh proses. Yah, setelah saling suka, lamanya malah diproses menyatakan cinta. Udah sama sama suka,tapi juga sama sama g peka dengan perasaan masing masing. Nah, bagaimana dengan yang cerita shonennya, bener benar bikin kesal karena terlalu baik dan bikin harem sana sini hingga kehadiran heroin utama kadang tergeser dengan harem yang lain.
  •        Kebanyakan dari mereka adalah tipe M, yang kalau diapa apain sama lawan mainnya akan pasrah aja. Yah, itulah yang kebanyakan saya lihat. Kalau di shoujo kondisi terpojok dan pasrah itu adalah romantic yang bikin pembaca berkata “wah wah wah” atau senyum senyum sendiri, di shonen keadaan di siksa heroin adalah lucky (sengsara berujung nikmat) ampe hero nya diberi julukan lucky bustar. Tapi lucky nya shonen ini kebangetan, terlalu lucky malah dan seperti dibuat buat saja, udah g natural lagi.
  •       Dari yang saya lihat cewek adalah pihak yang mendeklarasikan cinta duluan. Ini yang bikin kesal, g di shonen atau di shoujo, hah. Tapi tetap saja di shojo kondisinya akan lebih romantic, hehe.
  •        Lagi mikir, kalau dapet ide lagi dilanjutin.


Itu hanya sedikit perbandingan cerita shojo dan shoen terkait dengan rute cinta nya. Kalau dari cerita keseluruhan tentunya shonen lebih banyak action dan dirty joke sedangkan shoujo banyak kearah yang   santai dan romantic.
Oya, saya juga baca manga lain kayak k-on!, madoka magica karena udah nonton anime nya jadi iseng baca manga nya. G nyesal udah baca karena emang bagus bagus, walau keduanya ada unsur yuri yang terselubung.
Alasan baca manga kadang karena penasaran dengan sebuah anime yang tamatnya atau berending ngegantung, karna g sabar nunggu season berikutnya (lama soalnya) makanya jadi baca manga. Karena tindakan ini, menyaksikan anime yang udah baca jalan cerita di manga duluan jadi kurang greget, malah udah g berharap untuk season lanjutan lagi.
Yah, manga juga sama aja dengan anime, bikin addict. Kalau dipikir piker ampe kapan saya akan menyukai anime dan manga. Kapan akan terlepas dari ketertarikan semacam ini. Emang ke canduan saya ke anime baru jalan satu setengah tahun tapi dengan usia yang sudah segini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.