Senin, 06 April 2015

[SPOILER] shigatsu wa kimi no uso (kebohonganmu di bulan april)


Ga bisa tidur. Jadi saya putusin buat ngetik dikit. Pertengahan maret kemaren saya ketemu anime tearjeaker terbaik yang pernah saya tonton ampe saat ini. Judulnya “Shigatsu wa Kimi no Uso” yang artinya “Kebohonganmu di Bulan April”. Saya kasih rate 9,5/10 karna saya benar benar tergerak dengan anime ini. Awalnya saya menganggap rendah anime ini, bahkan saya agak ogah ogahan nonton episode 1. Saya yakin nih cerita bakal luar biasa walau diawal emang biasa, makanya saya cari cari dimana letak menariknya nih anime dengan melihat karakternya. Saya emang jadi dapet gimana pengkarakterannya di internet PLUS saya juga kebagian spoiler ending. Sial banget emang, maksud hati Cuma ingin tau kayak apa tokohnya, tapi malah kebagian ending cerita juga. Tapi karna shock setelah baca spoiler itulah saya jadi langsung semangat nontonnya. Lagu opening yang saya dengar pertama kali biasa aja itu berubah jadi menggalaukan bagi saya. Padahal kalau didengar itu adalah lagu yang bahagia, g sedih sama sekali. Jadinya pas nonton saya skip biar g bikin galau lebih parah, padahal lagunya serius bagus banget loh. Kalau di dengar sekarang mah saya udah tahan, malah sekarang udah bisa saya putar berulang ulang karna fase galau saya yang udah lewat, hehe.
Ceritanya tentang Arima kousei yang depresi dan g bisa (mau) main piano lagi setelah ibu nya meninggal karna penyakit akut. Lalu Miyazono Kaori seorang violinist yang akan mengubah takdir si arima ini. Sebenarnya sinopsisnya gitu aja, makanya saya g tertarik nonton shigatsu ini karna sinopsis nya gitu doang. Untung kemaren kena spoiler,kan, hahaha.

SPOILER

 Jadi depresi nya ini membuat kousei g bisa lagi konsentrasi mainin piano nya padahal kousei ini udah banyak cetak rekor kemenangan dan tak terkalahkan, dia berbakat banget dan artis dikalangan kompetisi piano jepang. Katanya saat dia main piano, dia g bisa dengar permainan nya sendiri, padahal dia g budek. Yah mau g mau, terima g terima beginilah apa adanya kousei dan depresi berkepanjangannya saat itu. Suatu hari di bulan april dia ketemu cewek di taman bermain lagi main pianika buat manggil burung, kousei belum kenal tuh cewek tapi katanya itu cewek “colorfull” dimatanya, kousei sendiri mengakui kalau hidupnya itu malah monotone. Itu cewek namanya Miyazono KaWoRi. Kaori ini temannya Tsubaki yang mau minta dikenali ke Watari, Tsubaki dan Watari adalah sohibnya Kousei. Jadi 3 bersahabat ini kedatangan tamu yaitu Kaori itu sendiri. Kaori ngakunya suka watari makanya minta dikenali. Tapi dekatnya malah ke si kousei, mungkin karna main chara dan narator nya kousei jadi waktu kaori lagi sama watari g dilihatin.
Saat kousei menceritakan tentang depresinya ke si kaori, kaori malah maksa dia main piano lagi, maksa sambil nyemangatin sih. Beberapa netter  ada yang ga suka dengan tindakan pemaksaan kaori ini, tapi lihat hasilnya itu bagus buat kousei pada akhirnya. Jadinya kaori ini minta kosei jadi pengiringnya, kousei awalnya ga mau, tapi sekarang kaori udah ga maksa lagi, dia memohon, makanya kousei luluh juga. Saat berada dikompetisi bisa dibilang permainan mereka setengah kacau setengah menakjubkan, tepuk tangan buat mereka malah lebih meriah, tapi sayangnya kaori berakhir pingsan usai tampil. Sebenarnya sampai sini kousei ini belum sembuh juga dari luka lamanya, malah si kaori cari perkara baru dengan masukin kosei ke kompetisi piano. Dikompetisi pun kosei gagal, tapi dia menampilkan sesuatu yang membuatnya memiliki perbedaan dengan arima kousei yang dikenal khalayak dulu, permainannya lebih berkembang lebih tepatnya.
Jadi intinya, kaori ini selalu bisa yakinin kousei untuk terus bisa main piano. Kaori pernah bilang ke kousei kalau dia sebenarnya bukan ga bisa main piano, hanya saja dia nya aja yang ga mau main piano lagi. Saya setuju dengan kaori, karna perasaannya yang ga mau main piano itulah dia jadi ga bisa mendengarkan permainannya sendiri. Salut sama KaWoRi.
Singkat cerita ketahuanlah ternyata si kaori ini penyakitan dan berumur pendek. Ini membuat kousei kembali sedih dan terpuruk sama kayak kehilangan mak nya dulu. Saat dia lihat kaori di RS selalu aja ada bayang bayang emaknya yang diwarat di RS waktu dulu. Miris nya lagi, saat dia udah mau mengakui kalau dia emang menyukai kaori si kaorinya malah makin parah aja kondisinya. Dan ini bikin kousei kembali ke titik dua tahun yang lalu. Waktu emaknya masih hiudp kousei menjadikan emaknya sebagai alasannya bermain piano, sekarang saat dia sudah menjadikan kaori  alasannya kembali bermain, si kaourinya juga mau pergi ninggalin dia, sakit banget ane bayanginnya pas nonton.
Singkat cerita kaori akhirnya beneran mati, tapi ga kayak kematian emaknya yang hanya nyisain luka dan depresi, kousei lebih tabah dalam menghadapinya dan malah udah bisa membuang depresinya. Saat di pemakaman si kousei dikasih surat yang ditulis sebelum kaori wafat. Disitu dia bilang dia boong soal menyukai watari, dia malah bilang menyukai kosei, diulang 3 kali.
Yah, ini bittersweat ending......
Kalau boleh bilang ini kayak menonton gabungan nodame cantabile dan 1 liter of tears.

END OF SPOILER

Kayaknya saya agak sedikit kurang jelas memberikan gambaran cerita, emang lebih asyik nonton sih, karna lebih lengkap. Disini saya Cuma cerita kosei kaori, padahal intrik lain masih banyak yang menarik kayak Tsubaki, Takeshi, Igawa dan Nagi.
Musiknya keren, saya emang cukup tertarik dengan musik klasik. Art nya luar biasa indah memanjkan mata saya. BGM nya keren banget karna dapat menyampaikan perasaan perasaan yang ada di anime nya. Anime ini hampir tanpa celah (saya bilang hampir loh). Beberapa hal yang masih kepikiran bagi saya
1.       Baik kaori maupun kousei belum ada saya dengar mereka menyapa dengan nama depan ataupun nama keluarga. Kalau ada yang denger mereka saling menyapa dengan nama mereka masing masing tolong kasih tau saya. Sejauh yang saya dengar dan tonton ulang, baik kosei ataupun kaori hanya manggil dengan sebutan “kimi” atau “kamu”, paling banter kaori manggil kousei “yuujin A”
*ralat, saat saya mengulang nonon ini secara ga sengaja nemu adegan dimana kaori bilang "arigatou, arima kousei-kun" di akhir kompetisi biola babak 2, tepatnya di episode 5. ada adegan juga kousei bilang, "ini kedua kalinya kamu panggil namaku", ini terjadi di episode belasan waktu kaori lagi dirawat di RS. seperti yang dikatakan kosei, kaori hanya manggil nama kosei dua kali itupun nama lengkap.
2.       Hasil kompetisi pianonya kousei yang terakhir menang apa kagak?
3.       Ngapain di penghujung musim dingin (Maret) atau awal musim semi (april) si kousei n friend masih SMP, bukannya harusnya SMA.
4.       Nasib kisah cinta Tsubaki
5.       Apakah Watari masih akan Playboy?
6.       Akankah Kousei bisa move on dari kaori dan menerima cewek lain? Ada 3 loh, tsubaki, nagi dan igawa
7.       Dll

Okay sekarang penilain (uneg uneg) saya terhadap karakter utama
·         Arima kousei : nih anak jadi cowok cengeng banget, asli sebenarnya gregetan juga lihat dia dan depresinya yang berkepanjangan itu yang kayaknya tiada akhir. Saya juga kecewa dia ga “kokuhaku” ke kaori padahal udah tau suka.
·         Miyazono kaori : saya pikir dialah daya tarik saya buat nonton nih anime. Dia ga tsundere tapi jelas dia pemaksa dan semaunya. Judul anime ini ada karna tindakannya juga. Dia pembohong, tapi ga merugikan orang. Dia pembohong tapi tulus. Dia pembohong tapi dia punya arti.
·         Tsubaki : ga bisa move on dari masa lalu. Dasar osananajimi tomboi. Kalau suka ya “confess” jangan baru dapat saingan baru menyesal dan sadar soal rasa cinta. Jangan pikir satu saingan udah pergi yang lain ga bakal muncul, masih ada saingan yang lain tau, ada igawa dan nagi juga tuh.
·         Watari : harusnya semangati kousei buat “confess” dari awal kek. Harusnya dia tau kaori tu sukanya kousei dan berjiwa besar menyatukan mereka. Tapi emang dasar playboy, selagi masih ada kesempatan ga mau kasih ke sahabat sendiri.

Kenapa Cuma kaori aja yang baik dimata saya,ya. Terserah deh. Ini hanya penilaian pribadi. Walaupun kesannya saya menjelek jelek an yang lain selian kaori saya ga benci mereka kok, hanya saya menyayangkan saja kenapa mereka begitu.

Akhir kata, ini anime recomended banget banget banget. Sampai saya nulis nih tulisan, saya belum berani nyentuh tearjeaker lainnya. Saya mau nunggu anime komedi baru yang bikin saya ketawa terpingkal pingkal dulu baru saya bisa melihat tearjeaker lagi. Ada g ya?



kalau mau baca fanfic kimiuso silahkan ke fanfic kimiuso

35 komentar:

  1. Ini anime tearjeaker pertama yg gue tonton dan sumpah bikin hati gue sakit susah tidur dari 3 hari yang lalu(awal nonton) ampe sekarang. Gue jadi takut nonton anime tearjeaker lg untuk saat ini. Sebagian besar pendapatnya gue setuju. Oh iya padahal gue ngarep banget nih anime ada s2nya ternyata salah manganya ending di ch 44 dan persis ceritanya sama kea animenya. Gue gak suka sad ending dan seandainya diremake gue pengen pembuat cerita ini bikin Kaori bisa sembuh. Dan seandainya bisa dilanjut cerita ke s2 ganti judul anime jg gpp deh. Dan kalopun Kaori tetep mati bila ada s2nya gue pengen Kousei jadian ama Nagi hehe. Entah kenapa gue gak suka ama Tsubaki tapi gak benci juga. Kalo Kaori gak jadi ama Nagi masih ada Igawa haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang,gan. OVA nya masih ada dan publish bulan Mei. setidaknya kaori nongol lagi disana karna di MAL dia masih jadi main chara di OVA nya.
      kalau saya lebih suka igawa sih yang jadi sama kosei. kalau kosei jadi masuk sekolah musik, kemungkinan bakal satu sekolah itu igawa, takeshi sama kosei. sayangnya mangaka nya udah ga lanjutin lagi manga nya jadi lanjutannya bisa dibikin sendiri sama fans nya, hah.

      Hapus
    2. sayang sekali kalo mangakanya gak ngelanjutin lagi. kalo fans yg lanjutin jatohnya doujin kan?
      syukurlah kalo ada OVA tp sih masih gak cukup karena ujung2nya Kaori tetep mati :'( . Aku mendukung remake :'3

      Hapus
  2. sakit hati gue nontonnya T_T, coba happy ending aj

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pengennya gitu, tapi mau gimana lagi bittersweat ending lebih dipilih sama mangakanya. tapi saya ga nyesal udah ngikutin nih anime karna emang cerita dan nuansanya "INDAH".

      Hapus
    2. coba endingnnya... Tsubaki sama Kousei wkakakakakakka

      Hapus
  3. cerita ini mirip banget sama kehidupan gua. dari penampilan tokohnya,sifatnya...
    sayangnnya, gw di posisi Tsubaki... taunnya Kaori dan Kousei sama-sama suka...
    HUUUUAAAAA! *pengen banting laptop rasanya* rasannya Jealous banget liat Kaori dan Kousei deket2, :v asli...gw nyesel banget nonton anime macam gini... ^BIKIN SAKIT!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, di pihak tsubaki emang sakit sih,gan. tapi siapa suruh geraknya lambat,haha.

      Hapus
    2. Yang sabar aja deh... wkwkwkw

      Hapus
  4. Padahal mreka berjanji akan berjuang, kaori menjalani operasi..Kosei lomba piano, tpi ntah knapa ending kaori mati...duh anehnya 😣😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jadi memperlihatkan suatu kenyataan, bahwa sering yang kita usahakan ga berjalan dengan yang kita inginkan. kuasa TUHAN diatas segalanya, hehe

      Hapus
    2. padahal janji bakal disisi kousei selamanya tp malah pergi eps next :'v

      Hapus
  5. Padahal mreka berjanji akan berjuang, kaori menjalani operasi..Kosei lomba piano, tpi ntah knapa ending kaori mati...duh anehnya 😣😣

    BalasHapus
  6. Ett tolong doonk Sama pembuatnya suruh bikkin s 2 nya huhuhuhu sedih banget ceritannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHA, emangnya saya siapanya naoshi arakawa? ampe dia mau lanjutin nih cerita cuma gara gara saya yang minta, haha

      Hapus
    2. lu kira kaori di edo tensei?:'v

      Hapus
  7. ini salah satu anime yg paling berkesan banget mnurut q, dan pling aq rekomendasikan banget. ceritanya menarik, seru, ost nya keren, gambarnya mantap, walaupun nyesek sih endingnya. smpe2 aq susah move on sma anime ini (hiks). tpi ni anime layak bnget di nonton dan ga' bakal nyesel habisin kuota buat download ni anime(hehehe).
    menurut q sih ga' usah ada s2 nya ckup smpe di situ aja critanya, soalnya kaori nya kan udah ga' ada (hahah), dan ceritanya ini udah bgus bnget jdi jangan smpe di buat s2 nya tapi malah kalah bagus sma s1 nya, tentu klo itu terjadi bakalan merusak kesan dri s1 nya jga. yah intinya klo mau dibuat s2 nya harus bisa lebih sukses dri s1 nya.
    denger2 ada live action untuk anime shigatsu wa kimi no uso ini mngkin bisa coba untuk di tonton..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ingat dulu pas udah namatin nih anime di bulan april langsung saya suruh adik dan teman teman saya nonton ini juga, biasanya saya g terlalu excited buat rekomendasikan tontonan. lalu soal move on, bisa dibilang saya belum sepenuhnya bisa move on bahkan sampai sekarang,haha.
      S2 itu imposible, sih, kan materi nih anime dari manga, dan mereka udah tamatin semua materi di manga. saya rasa juga naoshi arakawa g akan ngelanjutin cerita yang udah luar biasa ini, takut nanti jadi jelek dari pendahulunya.
      soal live action, jangan terlalu berharap tinggi dengan live actionnya, lihat trailer aja udah banyak hal yang saya sayangkan dan kecewakan, jadi akan lebih bagus saat menontonnya nanti (mungkin Bisa di download thn 2017) jangan pernah membandingkannya dengan anime, karena saya yakin fans anime pasti banyak yang akan kecewa (termasuk saya). live action biasanya akan mengubah, memotong dan menambahkan beberapa hal dari manganya dan kadang itu membuat pembaca manga dan penonton anime jadi g nyaman, udah banyak kasus macam ini. apalagi kita yang udah menganggap anime nya udah terlalu perfect, saya rasa akan sulit nantinya untuk menerima live action yang adegan adegan didalamnya udah di modifikasi sedemikian rupa dari cerita asli.

      Hapus
  8. Kenapa sejak emi igawa muncul.saya malah suka ya.malah lebih milih emi igawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga, lebih seneng kalau emi bisa gantiin posisi nya kaori buat kousei

      Hapus
    2. Apalagi sama-sama musisi jadi lebih ngepas kesannya, betul? (meski ane juga respect yg pairing kousei x tsubaki btw)

      Hapus
  9. yuujin A itu kata khiasan udah trkenal djepang apa cuma di anime.. secara garis bssr sh tau. tp lebih rincinya artinya apa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya memaknainya hanya kayak "Si A" yang perannya g terlalu penting (figuran), tsubaki menganggap kousei hanya figuran dalam hubungan kaori dan watari. pengganti sebutan orang ketiga juga tapi disini dibikin jadi julukan / nama alias. di anime yang udah saya tonton baru kimi uso yang pakai istilah ini. intinya yuujin a lebih kearah julukan aja, sama kayak "si pirang" "si kacamata" dll

      Hapus
  10. Kalau kaori tdk di operasi, kira2 hidupnya msh panjang apa pendek ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendek juga gan. penyakitnya udah akut amat soalnya. kalau operasinya berhasil juga ga menjamin sembuh.

      Hapus
    2. Akut? lebih tepatnya kronis (penyakit berkepanjangan)

      Hapus
  11. S2 remake si kousei tuh cuma ngimpi njayy :v lapor sama pembuatnye :v sayang banget kalo kaori tewas..

    BalasHapus
  12. Gimanapun bagusnya yang namanya sad ending palinggg wa benci.

    BalasHapus
  13. Ok,owe bener" gak jadi nonton.
    Trims ya...

    BalasHapus
  14. Ini anime sad ending tapi sad endingnya rasanya agak ngegantung jadi lebih baik diremake mau di bikin sad ending kek ato happy ending kek yang penting endingnya ngak bikin gantung ato ending bikin lebih bagus

    BalasHapus
  15. Kata Kaori Tekan tombol reset dan semuanya akan kembali seperti semula

    BalasHapus
  16. S 2 nya di lanjutin ngk ya? Padahal mantap ni anime

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.