Senin, 28 Maret 2016

[ANIME] Durarara, Anime Epic Tentang Orang Orang Luar Biasa di Ikebukuro season 1

awalnya lihat lihat di hard disk pengnnya nonton apa ya, terus kepikiran waktu itu dikasih akame ga kill, adek saya bilang bagus, temen saya juga bilang bagus, di inet juga banyak yang bilang bagus. ternyata setelah saya paksakan nonton, saya terhenti di 9 episode saja, BORIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIING, apa ini? isinya berantem mulu, premis cerita kayak dipaksakan, saya g tahan ampe menskip skip per episode ampe ending, terus anime nya saya hapus, hehe. terus nyoba lagi nonton kami sama no memochou, ini sama aja boringnya, saya bahkan g sanggup nyentuh episode 2, belum saya hapus, soalnya belum tertonton ampe tamat, hehe.

akhirnya saya memutuskan nonton tontonan yang saya sendiri g nyangka bakalan seseru ini, yaps itulah DURARARA, kalau disingkat jadi DRRR.

rasanya emang udah telat 6 tahun untuk menyadari kalau ada film semenarik durara. tapi sayangnya tipe film seperti ini enaknya cuma ditonton sekali atau dua kali untuk mempertajam pemahaman tentang ceritanya. kalau untuk selalu diulang ulang ini bukanlah anime yang cocok, bagi saya.

saat pertama kali menonton saya tidak berusaha untuk membaca sinopsis dari anime ini, cuma nekat langsung nonton gara gara salah satu tokohnya suka seliweran di polling pemilihan karakter cowok yang disukai fans cewek, yaitu orihara izaya. katanya dia ini orangnya licik tapi masih aja banyak cewek jepang yang mengidolakan dia, jadinya saya penasaran dan coba nonton.

kesan pertama saat menontonnya, "kayaknya saya akan cepat bosan dengan ceritanya", tapi seiring berjalannya waktu saya dengar suara miyano mamoru (kida masaomi), terus kaji yuki (walter), ada juga kamiya hirosi (orihara izaya), terus daisuke ono (shizuo). saya lalu mikir, "ini seiyuu papan atas ngumpulmya disini ternyata", haha. sayanganya saya g begitu familiar dengan seiyuu nya mikado, sekarang aja saya lupa siapa seiyuunya. di episode kedua keluar lagi 2 seiyuu cewek papan atas, hanazawa kana (sonohara anri) dan sawashiro miyuki (celty). dan saya makin terpukau "gila, ini seiyuu papan atas bener bener ngumpul dimari". 

lupapakn masalah seiyuu dan kita coba lihat musiknya. saya suka openingnya, beat nya enak. bgm nya kadang klasik, ada juga yang horror, haha. intinya opening satu dan dua saya suka.

lanjut ke cerita. awalnya saya mikir sekumpulan anak normal (mikado, masaomi dan anri) akan di ajak menjelajah kota yang diisi oleh beberapa orang orang yang luar biasa seperti celty si pengendara tanpa kepala (best chara saya), orihara izaya si informan licik (saya akan bilang sekarang kalau saya sangat membenci karakter satu ini), shizuo si orang terkuat di ikebukuro, simon di penjual sushi asal rusia yang g kalah kuatnya dari shizuo tapi cinta damai, hmm... ada shinra juga, si dokter tanpa lisensi. ada beberapa orang lagi tapi g begitu menarik perhatian saya ampe saya aja lupa namanya, hehe. 

awalnya dugaan saya benar, 3 sekawan yang secara tak sengaja memiliki koneksi dengan orang orang tak biasa tadi, tapi seiring berjalannya episode saya makin dibawa hanyut dengan suasana kota ikebukora dan misteri misteri tentang orang orang kuat disana. dan dugaan saya satu persatu mulai roboh, seperti "film ini kaan membosankan", "karakter utama yang normal". kedua duanya runtuh. film nya epic banget ampe saya nonstop ngabisin 24 episode karna pengen mengungkap siapa dia dan ada apa sebenarnya. peran utama yang tadinya bikin boring ternyata menyimpan sesuatu yang besar dalam diri mereka masing masing. sungguh menakjubkan untuk mengetahui hal hal yang dikuak dalam penceritaannya ini.

oya, dalam bernasrasi, tokoh tokoh di anime ini bergantian menjadi narator. suatu yang unik, karna mereka tidak menarasikan kehidupan diri mereka, tapi menceritakan orang lain malah. nanti juga akan diungkap satu satu siapa orang orang luar biasa yang masuk sebagai karakter di anime ini.

SPOILER

awalnya mikado ingin kehidupan yang lebih manarik dan bersikera ingin sekolah di tokyo tepatnya di ikebukora atas ajakan teman sd nya dulu yaitu masaomi. di perjalanan masaomi banyak menceritakan keadaan kota kepada mikado dan menceritakan juga tentang orang orang yang terkenal dijalanan ikebukuro seperti simon, shizuo, pengendara bermotor hitam, orihara iyaza, the dollars (geng) dan scarf kuning (geng), seiiring berjalannya cerita juga diceritakan soal si pemenggal.

satu satu tokoh ini dikupas secara ekslusif di beberapa episode dengan gaya penceritaan yang suka maju mundur, kadang dibikin pusing sendiri, hehe. nanti hasil akhirnya akan bikin kita bergumam "oh, jadi begitu". segalanya tidak tertebak disini, mysterinya mantap. makanya saya betah untuk menonton karna dugaan dugaan saya sering meleset. itu hanya sampai habis 2/3 dari total episode, 1/3 kisah terakhir saya  udah terbiasa menontonnya dan mulai bisa menebak nebak cerita.

konflik intinya ternyata bukan tiga serangkai ini yang sengaja melibatkan diri mereka pada kasus orang orang luar biasa di ikebukoro tapi gara gara masalah mereka orang orang hebat ini jadi terbawa ke kasus yang mereka hadapi kecuali orihara izaya yang emang ternyata otak dari segala adu domba disini.

beberapa kisah emang sangat menarik untuk diikuti, kayak celty si pengendara tanpa kepala yang ternyata bukan manusia, dia adalah dullahan yang lagi nyari nyari kepalnya, ngeri g tuh. tapi si shinra, dokter hebat tanpa lisensi malah sudah jatuh hati padanya sejak umur 4 tahun, sekarang dia udah 24 tahun, 20 tahun untuk mencintai makluk tanpa kepala.

shizuo yang masa lalu nya g saya suka, amarahnya terlalu berlebihan ampe saya eneg sendiri dengan nya. dia slalu mengobarkan api permusuhan sama izaya, tapi selalu aja dia yang dapat malangnya, kasihan banget.

kenyataannya selalu bikin saya tercengang, ternyata mikado adalah pendiri dan pimpinan the dollars, geng yang disegani di jalanan ikebukoro, yang anggotanya sendiri g tau wujud pimpinan mereka kayak apa.

hal mengejudkan kedua adalah, anri yang kelihatan culun dan lemah itu adalah si pemenggal yang asli dan ibu dari semua sindrom saika yang ditularkan pedang penebasnya.

ketiga, yang udah bisa saya tebak, masaomi juga kepala geng scraf kuning. dan dia mendirikan geng itu saat dia masih SMP.

perlu diingat bahwa 3 kelompok ini sangat berpengaruh di ikebukoro dan sangat banyak anggotanya.
tiga serangkai yang tampak normal ini ternyata memiliki potensi luar biasa yang  mereka rahasiakan. karna semua informasi itu udah terkumpul pada izaya, dia mencoba bermain main dengan 3 serangkai ini dan saya rasa udah sampai tahap adu domba agar mereka perang.

momen terbaik adalah saat izaya kena lempar mesin minuman atau saat simon berhasil menijunya tepat dimatanya. ah, saya sangat senang kala itu karna dia suka kali bermain main dengan emosi manusia. saya benci antagonis macam dia, tapi kebanyakan orang sangat suka karakter macam ini.

gini aja, jika seandainya orang macam ini (izaya) muncul dikehidupan mu dan mempermainkan hidup dan emosimu, apakah kamu masih akan suka sosok kayak gini? dan tiba tiba dia muncul dihadapanmu membeberkan semua rencana liciknya padamu hanya dengan alasan "aku mencintai manusia, dan aku suka ekspresi yang dibuat oleh manusia" apakah kamu akan memaafkannya begitu saja? yang ada palingan kamu ngejar ngejar dia pake golok. 

END SPOILER
masaomi, mikado, anri

ternyata inti ceritanya masih berpusat di 3 orang tokoh utama (3 serangkai) dan orang orang terkuat se ikebukuro. sangat menarik melihat mereka menguak misteri satu persatu.

intinya anime ini recomanded...

8 komentar:

  1. Anime dengan plot terbaik

    BalasHapus
  2. saya datang dari masa depan dan saya iseng komen diberbagai artikel

    BalasHapus
  3. Sip rekom yang membantu

    BalasHapus
  4. saya dari masa depan, karena saya bisa reading steaner

    BalasHapus
  5. Si izayany emang keren kampret1!1!... bisa buat 3 kubu jd kerusuhan besar... memang sih,rencana yg dibuatnya sedikit kurang pas... mafia aj smpe terlibat

    BalasHapus
  6. saya datang ke situs ini karena 3 kali udah ngulang semua series episode dan baru paham

    BalasHapus
  7. Dari dulu anteng di dalam Hardisk dan belum ditonton bersama dengan anime-anime angkatan 2010 lainnya 😂 kepingin nonton tapi kepingin tau review lengkap dulu.
    Thank's ya, review yang sangat membantu. Saya jadi semangat marathon 🤣

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.