Selasa, 09 Februari 2016

[SEIYUU] 50 Pertanyaan Untuk Taneda Risa

Taneda risa ini tergolong seiyuu yang berbakat saya rasa. Kenapa demikian, disaat seiyuu lain butuh waktu bertahun tahun (2 ampe 3 tahun) setelah debut baru terkenal, taneda shi dalam kurun waktu setahun udah bisa merebut hati sutradara dan otaku. Padahal kalau dilihat warna suara sebenarnya biasa aja, tapi kembali kualitas menjadi alasan kenapa dia bisa meraih sukses dalam waktu yang g lama. Seiyuu g akan pernah sukses atau bertahan lama kalau ranah yang dikuasai nya hanya satu genre saja, apalagi slice of life doang. Justru seiyuu yang bisa menyelami setiap genre dan gender apalagi kalau bisa suara nya bisa dijual buat ost akan bisa bertahan lebih lama (khusus seiyuu cewek). Saya rasa taneda shi cukup bisa menyeimbangkan keterampilannya di genre yang penuh dengan emosi dengan genre yang penuh dengan moe. Walaupun sebenarnya taneda shi lebih berat ke genre yang melibatkan banyak emosi. Dilihat dari peran yang udah dimainkannya, tanedashi belum kuat jadi lead di anime yang moe moe kyun, macam kinmoza dan gochiusa. Tapi kalau di genre action dan drama dia sering kebagian lead, kayak di kyokai no Kanata, strike the blood, gokukoku no brinhydlr, dan shigatsu wa kimi no uso. Haha, dibanding adegan yang “chira chira / niko niko” dia bagusan di adegan dengan settingan “ciat ciat / haaat”.

Tapi sebenarnya, kadang seiyuu kurang bisa memanage suaranya terus terusan loh. Gitu juga taneda shi, suara nya di gochiusa lebih bagusan yang season satu dari season 2, ntah kenapa yang di season 2 kayak suaranya dipaksakan gitu buat di gedein, g natural seperti yang diseason 1 (kayaknya yang di season satu itu beneran suaranya taneda shi yang asli tanpa ada perubahan intonasi). Pengalaman kayak gini pernah saya rasakan saat nonton bakemonogatari lalu nonton monogatari second season, kali ini seiyuu nya senjougahara hitagi yaitu chiwa saito. Di awal penampakan suaranya dekat banget dengan akemi homura, setelah season berikutnya suaranya jadi di gedein ntah kenapa.

Hm, berikut interview dengan taneda shi yang mungkin udah dari tahun 2014 kali ya.
1.       Kenapa ingin jadi seiyuu?
Aku sangat suka menggambar, sebenarnya aku memiliki impian untuk bekerja di bidang art. aku tau pekerjaan seiyuu ini dari penyiar radio yang siarannya suka aku dengar saat SMP, dan aku mulai tertarik dalam dunia seiyuu sebagai sebuah bentuk pengekspresian.
Ini sebuah pekerjaan fantasi yang ingin aku dalami dan berpikir “aku ingin mengikuti ini” dan ini menjadi point lain dari inspirasiku.

2.       Apa debut peran mu di anime?
Di sebuah animasi pendek “sakura no ondo”, aku jadi narrator.

3.       Dari semua peranmu, sejauh ini peran apa yang paling menaruh minatmu?
Watanabe Saki from “shinsekai yori”. Dia adalah karakter utama pertama ku, dan aku memiliki emosi yang kuat dalam memerankannya. Aku memiliki progress di series itu, dan banyak lagi perkembangan yang aku dapatkan dari anime itu. Anime ini adala sebuah pekerjaan yang menyentuh ku hingga aku menangis saat menontonnya.
(belum pernah nonton shinsekai yori, apa sedih?)

4.       Apa peran peran mu ada yang sama dengan sifatmu, kalau ada apa?
Aku pernah diberitahu suatu waktu bahwa aku mirip dengan karakter yang ga bisa tenang, apapun yang terjadi
(parno?)

5.       Moment yang paling kamu ingat saat rekaman?
Selama adegan saat moment perpisahan atau ending dari series, aku selalu berusaha menahan air mata ku selagi proses rekaman, dan itu meninggalkan kesan yang sangat kuat.

6.       Ceritakan incident buruk atau hal yang paling dikenang selama rekaman di studio?
Ini terjadi saat aku memerankan kuriyama mirai di “kyokai no Kanata”. Ada adegan dimana dia menjadi lapar, dan saat itu juga perut ku berbunyi. Lalu akupun bilang “aku ga butuh efek suara” sembari tertawa. Dan bahkan setelah kejadian itu perut ku suka berbunyi dimanapun, aku ingin menyudahi moment ini dengan perutku.

7.       Apa ada seiyuu yang menjadi idola atau rival mu?
Industry ini banyak seiyuu yang aku respect, baik itu karna pekerjaannya atau karna personal mereka. Saat aku merasakan semangat dari para senior aku bilang pada diriku “aku harus berjuang lebih keras”, dan itu menjadi motivasi bagi ku.

8.       Jika kamu bukan seiyuu, maka apa yang akan kamu lakuin sekarang?
Mungkin sebuah pekerjaan di sector art, atau kerjaan yang biasa, kerja kantoran.

9.       Apa pengalaman terberat mu selama jadi seiyuu
ini kerjaan yang berhubungan banget dengan vocal, jadi benar benar vocal harus dijaga dan dipertahankan untuk tetap sehat dengan melakukan kebiasaan yang bagus bagi tenggorokan. Walaupun begitu, ada juga kalanya kita kena demam juga, dan itu akan jadi sangat menyusahkan bekerja dalam kondisi seperti itu.

10.   Disisi lain, hal apa yang paling menyenangkan dari menjadi seiyuu
Saat kamu mendapatkan tanggapan dari orang lain atau feedback dari pekerjaan yang kamu lakuan. Mengetahui bahwa karakter yang aku perankan dapat menyentuh orang lain itu adalah sebuah kepuasan yang bisa aku dapatkan. Saat aku diberitahu “kamu sangat bagus dalam menyuarakan karakter ini”, aku tersentuh dari lubuk hatiku yang terdalam dan merasa sangat bahagia karna telah menjadi seorang seiyuu

11.   Suka nyanyi? Sampai saat ini, apa kesan terkuatmu dalam hal menyanyi?
Aku bukanlah orang yang bagus saat bernyanyi di depan orang banyak, aku sangat  menyukai bernyanyi. Hal yang paling diingat saat aku menggumamkan acapella selagi orang orang liatin di studio rekaman. Aku jadi begitu deg deg an.

12.   Dari semua radio yang kamu bawakan, surat pembaca mana yang paling berkesan?
Ada bagian dimana pendengar mengirim kabar tentang sesuatu yang sedang aku kerjakan, itu sesuatu yang mengejutkan tiap minggunya.  Belum lagi itu juga memberikan kesan yang bagus.

13.   Adakah sesuatu yang menjadi keharusan saat kamu berakting?
Selagi membaca alur dan mengikuti arah cerita, aku juga harus memperhatikan ekpresi dari perasaan emosional karater, yang mana akan seperti apa mereka akan diperanan. Dalam hal ini “jangan pikirkan, tapi rasakan”

14.   Peran apa yang paling ingin kamu kuasai
Aku pikir aku memiliki suara yang cocok untuk karakter gadis berepribadian ceria dan personality yang kuat (macam tsundere dan dere dere lainnya). Aku sendiri sangat menimati memeranan karakter gadis yang menghidupkan suasana.

15.   Apa tujuan dan mimpimu menjadi seiyuu
Aku pikir aku adalah orang yang ingin selalu memiliki progress. Tanpa ada perasaan yang membatasi dalam menjadi seiyuu, aku harus terus maju. Aku akan lebih menyemangati diri sendiri dan bekerja lebih giat lagi dari sekarang.

16.   Berikan saranmu Untuk orang yang memimpikan menjadi seiyuu
Walaupun akan banyak rintangan, tersenyumlah, pikirkan saja kalau ini emang  menyenangkan , berikan kemampuan terbaikmu untuk jadi seiyuu. Mari bekerja keras bersama.

17.   Selain dari anime yang kamu perankan, ada anime lain yang kamu tonton?
Cosmic baton girl comet-san, prince of tennis, sailor moon. Aku menyukai semua itu, bahkan aku tonton ulang hingga sekarang.

18.   Berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya, apakah ada peran yang ingin kamu mainkan atau karakter yang kamu kagumi?
Sampai sekarang aku masih ingin untuk menyuarakan hero dari manga shonen

19.   Sebagai penonton, anime kayak apa yang kamu suka?
Lebih ke cerita yang perkembangannya serius (mindf*ck), dimana scinfic akan menjadi cerita lebih greget.

20.   Anak seperti kamu?
Tomboy, baik dalam penampilan ataupun tingkah laku. Bahkan sekarang pun aku masih merasa belum benar benar berubah dari yang dulu.

21.   Program TV apa yang sering kamu tonton?
Aku suka acara tv kayak travel kuliner, juga suka acara yang menampilkan tempat tempat yang indah, juga sejarah  sebuah lokasi baik local maupun dunia. Juga, aku suka soal kesehatan dan drama misteri

22.   Apa buku favoritmu?
Aku sangat suka manga, jadi kamu g akan pernah bisa mengambil satupun dari ku. Manga yang belakangan ini ku baca adalah “machi de uwasa no tengu no ko”

23.   Game favoritmu
“kingdom heart”. Aku suka memainkan ini lagi dan lagi

24.   Favorit fim mu
Harry potter series

25.   Music kesukaanmu?
Yang di buat Nakata Yasutaka

26.   Motto mu?
“jika ada keinginan di situ ada jalan”. Aku orangnya suka berpikiran negative, saat aku lagi neg down, kata kata ini menyemangati ku kembali.

27.   Ceritakan soal pengalamanmu di bidang olahraga
Walaupun aku bagian dari klub dansa di SMP, tetap aja aku ga punya banyak stamina

28.   Lagu apa yang sering kamu nyanyikan di karaoke
Sakamoto maaya. Aku bahkan masih nyanyiin lagu lagu waktu masih SMP

29.   Makanan kesukaanmu
Dried plump, makanan rasa matcha (the hijau),  rasa manga juga

30.   Makanan yang kamu benci
Aku g suka makanan rasa tradisional

31.   Toko apa yang sering kamu kunjungi
Aku suka café dan selalu mencari cari nya.

32.   Apa kamu punya snack kesukaan
Aku suka yang rasa plump dan mint

33.   Suka minum? Minuman kayak apa?
Yang rasa plump (lagi). Rekomendasi “otome sour” atau “moi”
(sorry, saya g minum alchohol mbak)

34.   Apa yang kamu lakukan di hari terakhir liburanmu?
Aku akan main dengan anjing peliharaan ku, nonton anime lalu malas malasan. Aku tipe orang yang suka tidur, jadi akan sangat menyenangkan bisa tidur di hari libur.

35.   Jika kamu libur seminggu, apa yang kamu lakukan
Jalan jalan. Ke inggris, amerika dan spanyol

36.   Apa ada hobi yang membuatmu terobsesi?
Bikin dan minum the

37.   Kemampuan apa yang  kamu miliki
Aku punya sertifikat mengajar seni untuk SMP dan SMA tipe 1

38.   Kemampuan apa yang ingin kamu kuasai dalam 10 tahun akan datang?
Aku akan pergi ke tempat baru di luar negeri yang belum pernah aku jelajahi sebelumnya. Itu juga akan lebih bagus jika sekalian bisa belajar bahasa asing

39.   Laki laki kayak apa yang kamu suka?
Yang gentleman. Aku suka kacamata, jadi yang terlihat bagus dengan kacamata
(apa ini? kena fetish kacamata kah. Sama aja kayak Akihito di Kyokai no Kanata. Btw, hanae natsuki berkacamata loh, hehe)

40.   Bagian mana dari laki laki yang kamu suka
Mengesampingkan gender, orang orang yang memiliki tangan yang putih dan lembut itu sangat mengesankan.

41.   Barang termahal apa yang baru barui ini kamu beli
Vakum cleaner

42.   Apa yang kamu inginkan sekarang?
Rak buku. Aku punya banyak buku belakangan ini
(buku atau manga tuh?)

43.   Jika kamu diperbolehkan bawa satu hal ke sebuah pulau, apa yang kamu bawa?
Sesuatu yang bisa menghasilkan api.

44.   Jika punya 1 juta yenuntuk dihabiskan, bagaimana caramu menghabiskannya?
Simpan. Atau jadiin buat bagusin rumah orang tua ku

45.   Apa kebiasaanmu setiap hari?
Dengerin radio. Aku suka dengerin radio

46.   Tinggalkan pesan untuk fansmu
Makasih udah baca interview ini. kalian para fans udah ngirimin surat selama program radio ku dan kata kata kalian tidak pernah gagal membuat k uterus bersemangat. Aku akan bekerja keras sebagai seiyuu, jadi aku sangat menantian untuk bisa bekerja dengan setiap orang

47.   Apakah kau ingat pertama kali ketemu uchiyama yumi?
Itu di “sukitte ii na yo”. Kesan pertama ku melihatnya adalah dia orang yang baik dan lucu dan bersama nya benar benar menyenangkan. Aku senang bisa mengenalnya.

48.   Pertanyaan dari uchiyama : resep masak yang Mudah
Kubis asin. Cuma kubis segar di potong potong lalu tambahin pake minyak  sayur dan garam, udah, gitu aja. Mudah banget, harusnya kamu juga bisa bikinnya.

49.   Seiyuu mana saja yang dekat denganmu
Yamaoka yuri, Hidaka rina, touda mai, suzaki aya, nitta emi, member rhondante juga pemain di strike the blood

50.   Tinggalkan pesan pada Toyama nao
Makanan pa yang pengen kamu makan saat ini? ayo pegi makan bareng lain waktu.


Sedikit tambahan tentang pendapat seiyuu lain tentang taneda shi :

Sakura ayane di kimi uso radio eps 14 :
“Waktu audisi aku meranin kaori, aku mikir bagian kaori ini kok susah gini, aku sendiri ga tau mau meranin kayak apa, lalu penasaran sebenranya kayak apa sih seiyuu nya si kaori ini nantinya akan memerankannya. Lalu aku lihat taneda shi berdiri meranin kaori di depan mic nya, aku benar benar gugup waktu mendengarnya, ntah kenapa benar benar keren, actingnya, ah, ternyata taneda risa benar benar hebat.”

Kimi uso no tantou di kimi uso rajio eps 14:
“saat audisi, waktu taneda san audisi, testnya memeranan kaori, kami lalu mikir, nah ini dia”

Yamaoka yuri :
“itu karna kyokai no Kanata radio show, fuyukai radio. Saat kita kerja bareng di Genshikan Nidaime, kami sama sama menyapa “kita akan barengan kerja di kyokai no Kanata”. Lalu kami banyak mengahabiskan waktu di acara radio dan menjadi teman baik”
Orang orang bilang kita mirip karna sama sama punya rambut yang panjang, hanya beda di beberapa bagian aja. Saat acara di Kyoto, kita barengan pake baju dengan pola bintang, lalu saat lagi jalan barenng kita make sepatu yang sama Cuma beda warna. Kita jadi bilang “Whoaaa”
“aku g mikir kami benar benar mirip. Mama ku bilang kalau kami ini kembar di kehidupan lampau”
“butuh sejam atau lebih bahas ini. lagian, dia itu benar benar gampang buat dekat dengan orang. kadang dia itu pendiam tapi mudah buat membangkitkan mood periangnya, tambah lagi kadang dia juga punya saat saat bersikap bodoh/ceroboh. Kami kadang mikir hal hal yang sama. Dia mengejutkanku saat ulangtahunku dimana dia mesan tempat di restaurant. Gelang yang aku pake sekarang ini hadiah darinya, dan aku selalu memakainya. Dia suka dengan effect yang dikeluarkan oleh batu batu berharga dan milih satu buat dikasih ke aku. Tanechan juga punya yang seperti ini tapi beda warna, jadi ini jadi kayak pasangan. Aku pastikan g akan kehilangan ini”
(jujur, saya ga lihat ada kemiripan antara taneda risa dan yamaoka yuri)

Taoyama nao :
“Aku bertemu dia di tengah tengah rekaman drama CD. Dia duduk disampingku saat proses rekaman. Kesan pertamaku terhadapnya adalah “dia cantik”.  Saat aku ingin memperbaiki suasana yang lebi bersahabat dengannya, tapi aku malah g bisa melaukannya, aku menyesali saat saat itu. G pernah kepikiran ternyata dia orangnya menarik. Dan ntah kenapa kita jadi bisa berteman baik. Aku benar benar senang soal itu”

Suzaki aya :
“bener bener mirip deh, (tanechan sama nekochan). G apa apa kan. Ayolah, coba bikin ekspresi muka yang sama. Beneran deh pas audisi aku lihat kamu emang wajahnya mirip sama nekochan. Lalu aku mikir mungkin suaranya juga pas kayaknya. Ternyata beneran tanechan yang lolos (jadi kuroha neko)”

saya juga punya 2 artikel terdahulu soal tanechan.
taneda risa
tane-chan dan ayaneru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.