Minggu, 26 Juli 2015

[SPOILER] kyokai no kanata (dibalik cakrawala)


Kemaren saya menamatkan “kyokai no kanata” yang dalam bahasa indonesianya berarti “dibalik batas” atau bisa juga “dibalik cakrawala”. Yang bilang, kok baru nonton sekarang? Bukannya gitu, saya udah lama punya nih anime, hanya saja belum sepenuhnya tertarik menontonnya (nonton bolong bolong, makanya jadi ga ngerti ceritanya), animenya sudah saya koleksi sejak nih cerita masih airing dan rutin didownload perminggunya, Cuma ya itu, belum ada ketertarikan untuk menontonnya sepenuh hati. Mungkin karna heroinnya berkacamata dan heronya punya fetish kacamata pula. Belum lagi suara heroine lainnya ga sesuai dengan yang saya harapkan, menurut saya karakter kayak mitsuki itu harusnya punya suara yang kuat, bukan tinggi. Seperti biasa, saya butuh pancingan buat nonton sebuah judul anime dengan sepenuh hati. Kali ini saya coba dengan memunculkan nama “taneda risa” diotak saya. Yang ga tau taneda risa, dia seiyuu yang ngisi suaranya kaori di shigatsu wa kimi no uso, nah di kyokai no kanata ini taneda risa berperan sebagai “kuriyama mirai”. Awalnya saya ga sadar kalau seiyuu nya mirai ternyata seiyuu nya kaori juga, karna ga ada kemiripian. Beda dengan suara kaori dan aya dari kiniro mozaic atau erina di Shokugeki no soma yang masih bisa saya lihat kemiripannya. Awalnya, suara mirai emang jauh banget dari kaori, tapi makin banyaknya episode dan ada bagian mirai nyanyi barulah nampak persamaan suaranya. Malah sekarang suara mirai itu udah jadi kayak suara kaori, keimutannya berkurang dari yang saya rasain diepisode awalnya dulu. Saya jadi terkagum dengan taneda san yang bisa membuat saya ga sadar kalau suara mereka sama,hehe. Bahkan saya sulit mencari kemiripannya di awal.
Jadi, kebanyakan prolog ini, kyokai no kanata adalah sebuah tontonan yang sangat bagus ternyata, saya menyadarinya saat menontonnya dengan penuh seksama kemaren. Biasanya kyokai no kanata ini saya acuhkan saja pemberitaannya, tapi setelah nonton full begini jadi pengen nonton movie ke duanya yang menceritakan kelanjutan dari series nya.
Jadi kyokai no kanata ini menceritakan tentang sepasang manusia yang spesial yang dipertemukan oleh takdir. Kuriyama mirai adalah seorang cewek SMA keturunan pengguna darah yang terkutuk, keberadaannya ditakuti dan dianggap monster, jika terkena hujan darahnya, siap siap kerpos dan tinggal nama. Pun begitu dengan kanbaru akihito, dia manusia setengah siluman yang abadi, karna dia ga mati mati ini dia jadi ditakuti oleh temannya saat kecil. Jikalau bagian manusianya melemah, makanya sifat silumannya akan muncul dan sangat membahayakan. Suatu sore, akihito yang mengira mirai ingin bunuh diri mencoba menghentikannya, malangnya dia berakhir dengan ditusuk dibagian dada, bagusnya akihito abadi dan ga mati.
Nah, nantinya cerita berkembang ke arah yang lebih serius setelah sebelumnya dikasih beberapa episode pengenalan dan pemanasan. Kata “kyokai no kanata” saja baru terlontar pada episode 7, dan disanalah sebenarnya ceritanya jadi kian menarik. Kebiasaan saya adalah nyebar spoiler, jadi yang ga mau kena spoiler berhennti sejenak disini dulu.
SPOILER
Terlihat mirai masih belum terampil menggunakan pedang yang dimanipulasinya dari darahnya sendiri untuk bertarung, karna di episode 1 dia masih takut menghadapi siluman. Untung kelemahannya ini ga berlangsung lama, bahkan kemajuan bertarungnya cepat banget mengalami peningkatan. Dan akihito ga henti henti nya ngomongin masalah fetish kacamatanya yang kadang jadi garing.
Baik mirai maupun akihito benar benar bisa melengkapi satu sama lain, saat mirai down, akihito bisa membuatnya bangkit lagi, begitupun mirai yang bisa menekan jiwa siluman yang ada pada akihito.
Sampai nih cerita melesat pada masalah kyokai no kanata yang ternyata sebagian dari jiwanya akihito. Terungkaplah hal yang membuatnya abadi bukanlah karna dia setengah siluman melainkan karna dia menyimpan kyoai no kanata itu didirinya. Mungkin bisa diartikan kyokai no kanata ini sebagai dimensi lain tempat tinggalnya siluman, karna kyokai no kanata tersimpan pada akihito makanya siluman siluman itu jadi main main ke bumi. Keberadaan kyokai no kanata sendiri sangat berbahaya untuk keeksistensian bumi karna ia tercipta dari kedengkian dan rasa benci umat manusia yang berwujud siluman yang akan menghancurkan bumi, yah gitu lah kira kira.
Untuk menghentikan kehancuran bumi akibat kyokai no kanata maka diutuslah mirai untuk membunuh akihito, sayangnya mirai udah kepalang cinta sama sempainya ini hingga dia memilih jalan lain yaitu mengorbankan dirinya sendiri. hanya keturunannya yang bisa ngalahin siluman berbahaya ini, mirai bisa saja membunuh akihito pada malam itu, tapi dia milih buat melebur buat musnahin kyokai no kanata yang ada pada akihito. Me3lebur saja ternyata ga nyelesaiin masalah, mirai harus ngalahin siluman itu benar benar tuntas didimensi lain, sedangkan keeksistensiannya di bumi udah tinggal nama aja.
Hampir saja mirai kalah didimensi lain itu sampai akhirnya dia dibantu akihito untuk sama sama musnahin siluman yang ada pada dirinya itu. Dan walaaaaa, silumannya kalah, dimensi lain itu pun lenyap bersama lenyapnya mirai. Sad ending karna mirainya menguap,haha. Tentu saja saya sedih, tapi ga cukup sedih sehingga bikin nangis. Mungkin yang tadinya sedih dan lihat nih anime benar benar ampe kredit ending abis maka tampak mirai kembali hidup tapi tanpa kacamata. Ada fans yang bilang ini sebuah ketidaklogisan kenapa mirai kembali eksis, mungkin ketidaklogisan ini bisa dijawab pada movie kedua kyokai no kanata i’ll be here mirai-hen yang tayang dibioskop jepang pada april kemaren ini. Hah, jadi ga sabar pengen nonton karna di trailernya tampak mirai jadi hilang ingatan gitu.
SEKIAN SPOILER PENDEK
Yang menonjol dari anime ini emang action dan romance nya selebihnya ada supranatural dan komedi tentu saja ga lupa unsur moe karna kyoto animation terkenal dengan charakter MOE nya. Kasih nilai 8/10 deh. Yah, ga nyesal deh dulu download nih series walau baru ditonton sekarang. Kembali KyoAni ga mengecewakan saya. Nanti coba nonton AmaBuri dah..

Btw, ngomongin ost, lagu endingnya adalah apa yang paling saya suka dari series kyokana ini. Awal dengarnya aja udah terperangah karna keindahan musiknya, makanya terus terusan download episodenya walau belum akan ditonton. Judulnya “Daisy” yang nyanyi Stereo Dive Fondation. Kyoani emang gitu, kalau ga nonton gegara cerita, mungkin art, atau mungkin ost atau malah hanya sekedar menyukai background music doang, kayak yang terjadi pada saya yang nonton free karna dengar bacgroun musicnya bagus.,hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.