Kamis, 16 Juli 2015

[SPOILER] oregairu, benarkah berakhir dengan kesimpulan hachixyuki dan keikhlasan yui?

udah gatel tangan saya pengen nulis soal oragairu dari dulu, satu udah berhasil saya pos soal ketidakinginan saya kalau oregairu berakhir dengan couple. dan satu lagi yang ini saya pengen mengutarakan pendapat saya tentang review oregairu yang dibikin fans indonesia di blog mereka dari epiosde final season dua nya. buakn berarti saya ikut menyimpulkan seperti yang sudah mereka lakukan, hanya saja ada rasa ketidak puasan pada diri saya saat membaca review mereka. mereka timpang sebelah dalam artian bukan pihak yang netral, kesukaan akan yukino dan hachiman membuat mereka mencari cari pembenaran bahwa hubungan mereka akan lanjut sampai pada tahap pasangan, dan membuat yui sebagai pihak kalah, saya bukan pembaca LN, bacapun cuma vol 1 dan 2, dan sekarang saya udah niatkan untuk baca vol 11 ampe tuntas kalau tranlsate englishnya keluar. mungkin ini akan membuat yang baca juga menganggap argumen saya tak menarik karna berusaha melawan arus hachimanxyukino dan terkesan membela yui (ane tau fans yukino dan hachiman jauh lebih banyak di indonesia maupun dunia)

okay,
pertama, dari episode 11 udah banyak yang menyatakan yui sebagai chara yang menjadi korban NTR, aku rapopo. benarkah? awalnya saya percaya, tapi melihat bagaimana hachiman suka mem flash back kenangannya tentang yui saya jadi mikir (sekali aja wajar, tapi dia memflashback 2 kali), ini belum berakhir, yui belum benar benar dapat NTR flag. mirisnya ada review yang bilang kalau yui berusaha/sengaja untuk membuat hachiman mengingat kenangan mereka berdua. haduh, jangan salah paham gitu,gan. kita ga tau apa yang dipikirkan yui karna anime atau LN nya murni dari perspektif hachiman. jadi bagaimana bisa menuduh yui sengaja melakuannya? karna penggambaran hachiman kepadanya adalah gadis yang baik, maka saya akan berpositif thinking bahwa yui g bermaksud apa apa tentang ucapan dan tindakannya yang membuat hachiman mengingat soal kue pemberiannya ataupun kenangan melihat kembang api.

kedua, setelah menganggap yui adalah karaker aku rapopo lalu memperlakukannya seperti karakter tercampakakkan disetiap review. kasihan kali kamu yuigahama-san. bagaimana bisa mengatakan kalau saat mereka melihat penguin, yui ditinggalkan oleh hachiman demi nyusul yukino sedangkan hachiman bilang yui tu sibuk memfoto pinguin, kalau keadaannya begini siapa coba yang diacuhkan, bukannya hachiman? makanya si hachi nyusul yukino gegara si yui sibuk sama urusannya sendiri, tentu aja dari gelagat yui selama ini kesibukan foto fotonya itu hanya kedok agar hachiman ga usah nemenin dia. sedari awal yui emang ga pengen kokuhaku di tempat penguin itu, kepergian yukino pun sebenarnya juga sesuatu yang ga terduga. jadi berhentilah berpikiran kalau hachiman merasa ga enak sama yukino terus nyusul kedalam padahal sebenarnya hachiman cuma merasa diacuhkan dan berpikir lebih baik di dalam.

ketiga, kekalahan yui dengan menganggap yui serakah dengan bilang di last scene sebenarnya yui pengen jadian dengan hachiman dengan yukino masih tetap menjadi sahabatnya. apa benar begitu? yui emang bilang dia serakah dan ingin memiliki semua, tapi apa defenisi seperti itu yang diinginkan yui? selama saya nonton oregairu, yui adalah orang yang paling menjaga kalau dalam bahasa jepang "taisetsu" dalam bahasa inggris "treasure" hubungan mereka bertiga agar ga retak dan pecah. apa orang yang ingin terus menjaga hubungan persahabatan ini rela bertindak sesuatu yang akan menghacurkan hubunagn mereka? yui emang sudah tau intrik permasalahan hubungan mereka, makanya dia menjebak yukino agar memperjelas perasaan seperti apa yang terdapat dalam setiap individu di klub relawan. yui mengindikasikan bahwa dia ingin pacaran dengan hikki tanpa memecah klub agar yukino angkat bicara, tetapi bukannya yukino jujur malah berusaha bohong, untung dicegah hikki dan bilang agar yukino juga memutuskan masa depannya, bukan ngikut katanya yui. yang mereka butuhkan bertiga memang jujur dan mengakuinya, baru habis itu mencari solusi. nah, episode 13 kemaren itu baru hanya sebatas jujur dan mengakui. solusinya masih belum ada karna baik hikki maupun yukino belum memutuskan kedepannya akan bagaimana setelah mengetahuinya ternyata mereka saling suka. yui pun walau terlihat ikhlas belum memutuskan juga apa yang akan dilakuinnya kalau seandainya yukino hikki memilih buat pacaran.

sebenarnya apa yang diinginkan yui, kalau menurut saya sih dia itu ga pengen perasaan cinta memecah SC. tapi disisi lain dia lihat yukino lebih membutuhkan hiki, makanya di episode akhir dia kayak mengalah. dia ngalah bukan karna hikki mumgkin akan lebih memilih yukino, tapi dia ngalah karna dibandingkan dengan dia, yukino sangat membutuhkan hikki. kawaiso,yui. jadi ingat kushieda minori di toradora,hiks. kalau dipikir pikir peluang minorin ataupun yui buat dapetin cowok yang disukanya lebih gede, tapi haruis ngalah sama sahabat sendiri karna lebih mencintai sahabat sendiri dan hubungan baik ketimbang cowo yang ditaksir. yang udah baca penggalan LN vol 11 tapi masih merasa hikki ga ada rasa sama yui berarti yang baca masih belum terima kenyataan kalau kapalnya yui itu belum tenggelam.

jadi teman teman, jangan terlalu menyudutkan yui, kasihan soalnya, udah patah hati terus dilebih lebihkan pula dalam menceritakan keterpurukannya. disini keinginan yui udah ketauan, tapi saya ragu kalau itulah yang diinginkannya secara dia selalu jadi penyambung hubungan hikki yukino kalau lagi bermasalah.

lalu, apa hubungan yang kata si hikki "real" itu adalah pacaran? ketiganya mungkin atau bahkan sudah mengakui perasaan masing masing, tapi apakah hikki akan memilih salah satu sebagai hubungan yang "real"? saya belum dapat percaya hikki akan melakukannya. lagian real belum berarti pacaran. boleh saja dia menyukai yukino, tapi dari yang saya perhatikan mungkin hikki memilih untuk ga pacaran (ah, jadi ingat cerita LN haganai waktu kodaka bilang ke sena dia suka sena tapi untuk kelangsungan klub, pacarannya tunda dulu, mohon bersabar,haha)

dan yukino, apakah masih ingin mengulangi kesalahan yang sama dengan kejadian dia hayama dan haruno di masa lalu? saya juga ga yakin yukino mau mengulangi pola yang sama di masa lalu untuk dilakukan lagi di masa sekarang, jadi yukino mungkin juga ga berharap untuk pacaran. saling mengetahui perasaan masing masing saja udah cukup untuk saat ini.

saya yakin ketiganya menginginkan hal yang sama, KEUTUHAN SERVICE CLUB.

dengan begini, ending no couple bisa tercapai, hahahaha...




*curhat
alasan saya menonton oregairu adalah yukinoshita yukino, dia keren, saat melihat episode yang fokus ke yui saya jadi males males gitu ngikutinnya apalagi pas episode pergi ke festifal. tapi apa yang terjadi saat saya baca LN, ternyata yuigahama yui adalah karakter yang menarik. tambah lagi diseason 2 character devolepment membut saya kian jatuh hati dan berpaling dari yukino ke yui. yukino yang keren di season 1 malah terlihat aneh di season 2. hikki yang kuat di season 1 berubah jadi cengeng di season 2. tapi memang perubahan mereka inilah yang menjadi ceritanya,haha.



31 komentar:

  1. Nah, emang klo cuman nonton anime.y kesan seperti itu pasti menimpa smua orang. Tp pas udah baca ulang LN.y dari Vol 1 sampe Vol 11 (Ongoing) itu terlihat natural, gak maksain...
    Sifat mereka berubah, itu bukti klo ikatan antara mereka udah makin kuat (Seperti dari kenalan mulai merambah jadi teman). Tapi baik hikki maupun Yukino, yg gak biasa sama 'ikatan' itu dan gak nyadar pula, malah tak tau bagaimana harus bersikap akhirnya berubah jadi 'lebay' atau OOC (bagi sebagian orang). Berhubung mereka terbiasa sendiri, dan tidak mempedulikan sekitar, ketika akhirnya mereka menemukan sesuatu yang berharga dan ingin melindungi itu mereka berakhir dengan 'kegagalan' karena tak terbiasa dengan itu.
    Beda cerita dengan Yuigahama, dia adalah gadis normal yang tahu benar arti dari menjaga ikatan dan bagaimana melakukannya.
    so, untuk kasus Yukino dan Hikki agak aneh a.k.a OOC di s2, adalah murni dari peralihan dari 'sendiri' menjadi 'bersama' yang mereka belum terbiasa untuk itu...

    Untuk pairing sendiri, sy lebih suka no pairing...
    Sy lebih suka klo mereka menemukan pasangan2 lain... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. make scene..
      g bisa g setuju deh sma komen kamu. lumrah bagi seseorang menjadi beda karakternya setelah hubungannya dengan orang lain menjadi lebih dekat, tapi perubahan yang terjadi pada hikki dan yukino sedikit membuat saya rada ga nyaman. mungkin emang harus baca LN dulu baru benar benar bisa masuk sama perubahan mereka.
      saya sendiri juga pendukung no pairing, menurut saya untuk LN kayak gini solusi terbaik emang tanpa pairing, karna kalau dibikin berakhir dengan pairing jadi seperti masalah masalah yang udah ada dan udah mereka hadapi jadi ga ada artinya, atau bisa dibilang ga belajar dari pengalaman sendiri/orang lain.

      Hapus
    2. Cara nonton LN novel gimana?

      Hapus
    3. LN gak bisa ditonton, karena bentuknya tulisan. Tapi klo mau tau LN Oregairu bahasa indonesia coba cek blog zcaoi.blogspot.com

      Hapus
  2. Hmm menarik, tapi bukannya Yui sudah ada di Another? Mungkin lebih pairing kalau mereka dapet pasangan lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. another?
      iya, bagusnya kalau mau pacaran hikki jangan milih diantara yukino atau yui,saya rela

      Hapus
  3. aku lebih suka yukino yang berpasangan dengan hikki karena dia sangat cantik,pintar,baik hati itulah wanita yang paling baik di anime oregairu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Also cewek yg pling bkin menderita hachiman

      Hapus
    2. Kalo orang pendiem berpasangan sama orang pendiem mau jadi apa ???

      Hapus
    3. Pendiem (-) X Pendiem (-) = (+)
      Gitu gan

      Hapus
    4. tapi di ln nya hachiman benci nice girl alasanya gara gara kejadian ps nembak kaori kaori baek ama hachiman trus hachiman itu kyk trauma gitu ama nice girl nah kata hachi man yui itu nice girl yak sdh bisa ditebak disini

      Hapus
  4. klo baca ulasan ini, ane jd teringat klo oregairu dan haganai punya konsep yang sama, MC (main chrachter) dan dua heroine dalam satu organisasi/klub, ya meskipun eksekusinya jelas berbeda. jd ane mikir klo konsepnya sama seenggaknya endingnya gk jauh beda (secara konsep). sebenernya gk masalah sih ending no couple (meskipun jujur berharap 8man jadian sama yui atau iroha), tp seenggaknya si 8man bikin sebuah 'pengakuan' tentang siapa yg lebih cintai (Yukinon, yui, atau yg lain). mungkin klo 8man gk niat pacaran 'sekarang', dia bisa pacaran setelah tamat sekolah sama seperti kasusnya kodaka dan sena di haganai. soal yukino sama 8man jujur ane juga agak aneh, penuh drama gitu. sedangkan ane dari awal udah punya interest ke yui

    BalasHapus
  5. Hmmmmm, emang sih ceritanya penuh dengan drama yang canggung, tapi entah mengapa setelah saya melihat nih anime seakan-akan hidup saya seperti di anime tersebut, akan tetapi ya itu mustahil sih dikehidupan saya 😅.
    Kalau masalah suka dan sukanya hachiman ya saya lebih ke yukinno sih, ya saya memperkuat nya pas s1 dan s2 nya pun juga ada, yh dari situ saya bisa simpulkan meski nih ceritanya agak terjebak akan tetapi sebenarnya alur nya mudah dipahami karena di setiap cerita mempunyai makna tersendiri dan makna itu akan terus berlanjut samapai ke S berikut nya, mengapa?
    Ya Anda bisa memahaminya sendiri sebagai otaku anda harus memahami alur dan konsep.
    Dah segitu saja , mohon maaf kalau ada salah kata2 😅😅😅

    BalasHapus
  6. sebenernya yg bikin bingung saya sm oregairu eps ending ini,dibagian "masalah" yg dibicarakannya mksdnya apa,tp klo teori anda jd logis,jd kynya bener itu dimasalah hubungan pertemanan,trs yg ane tangkep abis rewatch,kynya yg dimaksud yui "balas budi" sambil ngasih kue tuh,mungkin balas budi karena udh nolong klubnya biar gk ancur

    BalasHapus
  7. soalnya yui di eps ending terus-terusan nyinggung,aku ingin klub ini tetap ada,trs mungkin yg dimaksud hubungan "real" atau yg saya tonton di subnya "tulus" itu mungkin hubungan pertemanan,soalnya hachiman dari dulu menyendiri gk punya teman, yg bikin ngegantung abis aku rewatch itu permintaan yukino apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terbit manganya gan baca aja chap 61

      Hapus
  8. entah kenapa gua malah makin suka ama yuigahama,melihat sifatnya yang ceria susah maupun senang.ending eps 13 s2 yui mungkin emang iklash kalau dia ngajak date bertiga .dan yui sadar akan perasaan mereka bertiga.sehingga tidak akan bisa seperti ini terus .yuigahama udah susah nyari jawaban buat yukinon malah dibantah ama haciman.salut gua ama haciman dan yui yang memntingkan klub relawan.

    BalasHapus
  9. gua lebih dukung MCnya,selama gua nonton oregairu,hachiman itu orang yg gak suka yg namanya 'masalah',/'merepotkan',makanya gak mungkin dia mau melihat orang yg dekat dengannya tersakiti.dia itu org yg pandai membaca situasi(ya walau terlalu cuek),dia itu tipe orang yg melihat segala sesuatu dari banyak sudut pandang singkatnya orang yang bisa berkata 'tidak'saat semua berkata 'iya'makanya pendapatnya selalu dianggap negativ karna berbeda dgn yg lain.

    BalasHapus
  10. W sih,sukanya yukino karena w suka cewek yg pinter+pendiem sih ^^

    BalasHapus
  11. Kalau gue sih sukanya Yukino x Hacihman sih , karena kalau diliat dari cerita nya emang yukino kebih membutuhkan hachiman dibandingkan Yuigahama, Gue pengen tau gimana cara Hachiman menyelamatkan Yukino . Ingat di anime oregairu zoku saat yukino dan hachiman lagi di wahana permnainan Yukino meminta bantuan kepada hachiman dengan berkata " Suatu saat nanti tolong aku ya " , dari sini gue penasaran gimana cara hachiman menyelesaikan masalahnya yukino , mengingat hachiman selalu memiliki ide ide yang menarik ketika menyelesaikan suatu masalah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah terbesar yukinon itu ada di keluarganya

      Hapus
  12. Kenapa gk pologami aja
    Biar semua happy

    BalasHapus
  13. Baca LN yang lancar dimana yah gan?

    BalasHapus
  14. Benar gak nanti yukino gak perawan lagi????

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun kebenarannya, sepertinya tidak penting untuk dibahas disini gan

      Hapus
  15. Sebenernya kemungkinan end nya Antara Yukino end Atau open end , Kalau Yui End udah ga mungkin karena Yui end udah ada di Oregairu Another

    BalasHapus
  16. Akhirnya nemu site kek gini Alhamdulillah
    Gua ntn oregairu dari season 1 ampe 2 masih ambigu saat last eps season 2 kurang paham maksud serakah dari yuigahama... Saya males baca ln... Kayak nya baakal jadi pelanggan tetep site ini nih wkwkwkkw

    BalasHapus
  17. Menurut gw hachiman itu jadi perebutan beberapa karakter cewek sih.

    BalasHapus
  18. Semoga ending nya jangan kayak boku wa tomodachi ending LN nya demi Klub mereka mengorbankan perasaan

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.