Rabu, 02 Desember 2015

[OPINI] Noragami Aragoto dan BGM nya yang Melantunan Suara Adzan

Tadi siang saya melihat posting tentang BGM noragami yang meremix music dengan adzan. Saya langsung penasaran dan lihat TKP seperti yang dikatakan artikel kalau BGM itu diputar di episode 1 dan 6. Hal pertama yang terlintas diotak saya pastinya BGM itu akan diputar di saat pertarungan, karna emang music music di BGM saat battle terasa ada yang ke arab arabab gitu tapi saya ga nyangka kalau beneran ada lantunan adzan di salah satu BGm tersebut. Saya merasa bego dan bodoh, saya adalah penikmat Noragami Aragoto selaku anime yang memiliki BGM ini dan saya juga muslim, sering nonton pake headset pula, tapi kenapa saya ga menyadarinya sedari awal. Bodoh banget saya. Mungkin karna persepsi saya bahwa islam adalah agama yang ga akan pernah dijadikan jepang sebagai mainan anime mereka, ga kayak agama Kristen dan budha yang sering jadi korban untuk konspirasi konspirasi dari jalan cerita anime yang mereka buat. Saat saya bener bener menemukan lantunan itu yaitu saat battle episode 1 antara bishamon yang akan menyelamatkan calon shinki nya dengan ayakashi yang akan memangsa calon shinki bishamon, saya lantas merinding dan langsung stop sembari bilang “apa apa an ini?” yang paling jelas terdengar dan pertama kali saya dengar adalah “asyhaduallaillahaillallah” dan seterus seterusnya. Sampai saya nulis postingan ini saya masih merinding mengingatnya. Ini bukan karna senang atau apa, tapi merinding ketakutan saya kira. Bisa bisa nya mereka melakukannya. Ya ampun seketika saya dibikin bingung harus bersikap kayak apa.
silahkan cek di penghujung menit ke 13 atau diawal menit ke 14 (episode 1)

Lalu saya mulai berpikir dengan tenang dan menyaring apa yang terjadi dengan apa yang telah saya pelajari. Tindakan yang akan saya ambil adalah “MENENTANG HAL INI”, karna adzan adalah sesuatu yang sacral yang ga bisa sembarangan aja bisa di remix dengan music music ntah berantah. Apalagi ini dicampur dengan kebudayaan agama budha.  Bagi saya ini PENGHINAAN, mungkin orang Jepang sana ga tau kalau ini adalah sebuah bentuk penghinaan karna mereka emang ga mengenal islam, dan lagi selagi mereka memasukkan ajaran ajaran Kristen dan budha ke dalam animenya (bahkan kadang mengobok obok agama tersebut) , tapi agama yang bersangkutan tidak terdengar melakukan protes padahal udah dibikin konspirasi sedemikian rupa pada ajarannya (ex : belakangan dibikin malaikat atau pihak gereja yang dibikin jadi antagonis  selagi iblis di pihak yang benar), di anime anime macam ini mereka memasukkan unsur kristiani, karna jelas dari settingan latar kejadiannya seperti diperlihatkan gereja, dll), mungkin mereka juga berpikiran islam ga akan protes jikalau ajarannya juga di obok obok di anime, yah, untungnya mereka belum sampai pada tahap itu kepada islam, mereka baru memasukkan adzan ke dalam BGM yang di remix dengan music kayak music diskotik gitu. Dan saya rasa mereka harus STOP sampai disini dan ga akan merecoki islam lagi untuk masuk bercampur dengan kebudayaan ajaran agama lain. Islam berdiri sendiri, tidak disamakan dan tidak digabungkan dengan ajaran agama lain. itu opini saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.