Senin, 04 April 2016

[ANIME] Shinsekai Yori, Dunia Berlatar 1000 Tahun yang Akan datang



Untuk sesaat saya keranjingan nonton anime anime mind f*ck yang kalau ditonton bakal bikin kepala pusing. Padahal aslinya saya penyuka anime slice of life. Menonton yang beginian sebenarnya akan lebih bagus untuk ditonton lebih dari sekali karena biar kita paham nih cerita jalannya seperti apa. Dulu waktu saya nonton anime, waktu kecil, kalau nonton ya nonton aja, g bakalan ngerti dengan rangkaian peristiwa yang ada dan istilah istilah yang disuguhkan disana. Berbeda dengan pas udah gede sekarang, kalau nonton aniime tanpa tau konflik asli dan teori teori didalamnya itu jadi berasa kayak percuma aja nonton nih anime.  kita g akan bisa menilai nih anime bagus atau g kalau kita g negrti dengan segala hal didalam anime tersebut. Jadi, kalau kamu bilang sebuah anime bagus tapi g ngerti keseluruhan ceritanya, sama aja boong, jadi kamu bilang tu anime bagus dari perspektif mana? Gambarnya? Kalau banyak berantem bilang bagus, gitu? Kalau banyak adegan ecchi bilang bagus juga? Atau banyak cewek moe nya  juga dibilag bagus? Yah, sebenarnya bagus itu relative bagi setiap orang, tapi tetap aja penilaian soal alur cerita, latar belakang dan devolapment chara nya menjadi pertimbangan terbesar kenapa sebuah anime dikatakan bagus dalam artian lebih luas.
Karna tulisannya udah ngaur gini saya akan kembali ke topic. Anime main f*ck yang saya tonton beberapa bulan yang lalu adalah Shin Sekai Yori kalau dalam bahasa inggris artinya “from new world”. Kalau kamu udah nonton dan paham pasti nyadar kalau judul nih anime ini mengatakan  “kamu manusia era sekarang, kami dari dunia 1000 tahun kedepan dan beginilah kehidupan kami”, yups, seperti ingin menyampaikan seperti inilah kami hidup di jaman 1000 tahun dari jaman sekarang. Pada saat itu manusia memiliki  kemampuan supranatural yang bisa menggerakkan benda dan memanipulasi material material yang ada di sekitar mereka. Kemampuannya juga bisa merusak dan membunuh selain dari manusia. Kalau dibilang 1000 tahun kedepan akan sangat modern, disini malah settingnya digambarkan kayak jaman jaman sejarah, kayak jaman edo. 

Saya pernah berpikir, jika didunia ini manusia bisa menggunakan magic, sihir atau kekuatan supranatural maka dunia g akan secanggih sekarang. Teknologi tercipta karena manusia tidak memiliki kemempuan untuk itu dengan raga mereka sendiri. oleh karena itu mereka menciptakan teknologi. Menurut kamu apa gunanya HP kalau kita bisa komunikasi lewat telephati, apa gunanay kendaraan kalau kita bisa pergi kemana saja dengan melayang. Banyak saya lihat di anime anime yang menampilkan magic setting tempatnya di peradaban yang g modern kayak kita, mereka tidak merasa teknologi dibutuhkan karena mereka sendiri saja udah memiliki kemampuan setara dengan teknologi teknologi itu sendiri. sekian.
Pun di shin sekai yori, peradaban mereka g modern, mereka g butuh peradaban yang modern juga, karna apa apa yang mereka butuhkan bisa dipenuhi dengan kekuatan supranatural mereka.
Baiklah, saya mulai dari perkenalan tokoh. Kamu akan diajak Watanabe Saki sebagai pusat dari cerita nih anime, dia akan menuntun kamu menguak sisi gelap dari kehidupan 1000 tahun yang akan datang. Tentu saja Saki tidak sendiri karena Saki bukanlah chara antisosial, dia ditemani teman teman masa kecilnya yaitu Asahina Satoru, Maria (lupa nama lengkapnya), dan Aonuma Shun. Setelah Saki lulus dari akademi Waki, dia masuk menjadi murid baru di akademi Sage dan bertemu lagi dengan 3 temannya yang dari akademi waki tadi yaitu satoru, maria dan shun. Karna system pembelajaran di Sage adalah berkelompok, saki dimasukkan kedalam kelompok 1 bersama 3 temannya tadi ditambah dengan Itou mamoru dan Reiko (lupa nama panjang). Total 6 orang, tapi sayang setelah episode 1 kamu hanya akan melihat kelompok 1 dengan total anggota 5 orang saja minus reiko.

kiri ke kanan shun, mamoru, maria, satoru, saki


Kamu juga harus kenal dengan istilah istilah disini agar nanti pas nonton juga g pusing. Hal pertama yang kamu harus tau itu adalah “jiryouku”, ini adalah sebutan untuk kekuatan supranatural mereka. Mungkin kamu bisa menyamakan ini dengan “cakura” di anime naruto, atau “mana” dianime anime genre magic. Biasanya dalam sub indo jiryouku diartikan dengan “cantus”. Nah, manusia manusia jaman itu memiliki jiryouku yang tumbuh berkembang didalam tubuh mereka membuat mereka bisa melakukan berbagai hal dalam kehidupan peradaban manusia jaman itu. Kemampuan yang sering dipakai itu kayak mengontrol benda, kayak telekinesis gitu. Pada dasarnya untuk lulus SD (bukan SD sih tapi setingkat SD kayaknya) mereka butuh memiliki kemampuan ini (jiryouku), kalau udah punya baru mereka bisa lulus dan bersekolah di akademi sage (setingkat SMP). Kalau ternyata anak manusia g kunjung memiliki jiryouku juga, mereka akan menghilang atau kenyataannya mereka diserang/dibunuh oleh “nekodamashi”. Nah, istilah kedua nekodamashi adalah kucing sebesar harimau yang warnanya hitam, binatang ini jelas jelas mutan, dia akan menyerang anak anak yang tak kunjung memiliki jiryouku atau anak anak yang memiliki masalah yang dianggap pihak akedemik sebagai suatu bahaya bagi peradaban manusia kala itu. Nekodamashi adalah binatang suruhan pihak akademik. Reiko, salah satu anggota kelompok 1, hilang gara gara diserang nekodamashi karna reiko dipandang memiliki jiryouku yang kacau. Parahnya, setelah  diserang nekodamashi, teman teman mereka jadi tidak sadar akan keberadaan mereka lagi, seperti mereka emang g pernah ada, ini efek dari cuci otak yang dilakukan pihak akademik.
Banyak misteri misteri yang bagus disini, saya takjub dengan sang pengarang novel yang bikin nih cerita kompleks banget. baiklah kita lanjutkan petualangan saki dan teman temannya yang masih berumur 12 tahun. Perlu diketahui kalau anime 25 episode ini terbagi atas 3 arc, arc 1 saat saki 12 tahun, arc 2 saat saki 14 tahun dan arc terakhir saat saki 26 tahun. 

Saya akan lanjutkan, dijaman mereka binatang binatang udah mengalami evolusi, bahkan ada yang namanya “bakenezumi”, saya g akan menjelaskan apa sebenarnya bakenezumi ini karna ini adalah spoiler ending, haha. Tapi mereka kayak semacam babi yang bisa berdiri dengan kedua kaki mereka, diantara mereka ada yang bisa ngomong tapi banyak yang g bisa juga. Mereka hidup berkoloni koloni dan di pimpin oleh ratu mereka. Bakenezumi itu beberapa pintar layak manusia, hanya saja mereka tidak memiliki jiryoku layaknya manusia.. Mereka suka dipekerjakan oleh manusia dan menyebut manusia sebagai “Kami” atau Tuhan. Bakenezumi di sembunyikan keberadaan kepada anak anak yang belum memiliki jiryouku karna anak anak itu akan mudah untuk diserang bakanezumi. Bakenezumi benar benar tidak dapat berkutik dengan jiryouku makanya mereka tunduk dan patuh pada manusia.
Jiryouku, nekodamashi, bakenezumi. Selanjutnya “minoshiro”, ini semacam siput besar dan warnanya cerah. Dia bagaikan perpustakaan berjalan yang akan dapat menjawab setiap pertanyaan yang kita berikan kepadanya (minoshiro itu bisa ngomong), pertanyaan menganai sejarah manusia sering dipertanyakan oleh 5 sekawan ini nantinya. Melihat minoshiro secara langsung dengan mata telanjang akan menyebabkan efek tubuh lumpuh sesaat.
Pada kegiatan camping alam kelompok satu, mereka memutuskan untuk mencari keberadaan minoshiro ini karna mereka adalah sekelompok abg dengan rasa ingin tau yang besar. Dikelompok satu shun adalah master mind mereka, shun anak yang pintar dan berbakat belum lagi dia juga ahli dalam strategi. G salah kalau Saki, sang main chara kita di sini juga memeiliki perasaan khusus padanya. Saki selalu nurut dan nerima argumennya shun sementara kalau yang ngomong satoru, saki malah beradu argument sama dia, berantem atau bahkan mukulin satoru.
Mereka sebenarnya udah dilarang pergi jauh jauh masuk kehutan, tapi ya itu tadi, mereka adalah grup petualang dengan rasa ingin tau akan keberanian yang tinggi. Mereka berhasil menemukan minoshiro dan mengungkap sedikit soal peradaban manusia jaman dulu dari minoshiro itu. Mengetahui rahasia besar itu mereka hanya bisa melongo (kenapa mereka begitu kaget, silahkan nonton animenya, hehe), saat mereka hampir mendapatkan jawaban dari pertanyaan pamungkas mereka, pendeta datang dan menyegel jirouku mereka. Kalau jiryouku tersegel berarti mereka g bisa melakukan hal hal luar biasa seperti sebelumnya, mereka g lebih dari manusia kayak kita sekarng ini.
Ditengah jalan pulang bersama pendeta mereka diserang bakenezumi. Pendetanya mati, anak anak berlima itu berhasil kabur namun terpencar, satu lagi yang perlu digaris bawahi, mereka tanpa jiryouku sekarang, sehingga mudah bagi bakenezumi untuk membunuh mereka.  Sisa cerita silahkan tonton anime.
Setiap arc selalu ada sisi menebarkannya, ini bukan anime yang actionnya bertebaran dimana mana, tapi ini adalah anime yang menuntut kamu untuk  mikir ekstra saat menontonnya. Semakin kamu jauh menontonnya, semakin banyak juga istilah istilah dan penjelasan yang keluar.
Masuk arc 2 saat mereka 14 tahun dan kamu bakal dibikin galau untuk terus melanjutkan nonton atau drop sampai disini. Tenang saja, hal g mengenakkan itu hanya terjadi di episode 8 saja. Kamu bisa move on setelahnya, hehe. Setelah move on kamu akan mendapati kalau ini akan menjadi salah satu anime terbaik yang pernah kamu tonton.
kiri ke kanan shun, mamoru, maria, satoru, saki
Arc 2 ceritanya lebih mendalam, disini kita akan berhadapan dengan “gouma”. Gouma adalah manusia yang cantusnya menjadi tak terkendali dan menimbulkan kerusakan dimanapun mereka berada. Gouma adalah sindrom yang g bisa disembuhkan, oleh karna itu jalan satu satunya adalah dengan mati. Manusia yang menjadi gouma ini sadar kalau mereka adalah malapetaka, kebanyakan kasus ini berakhir dengan gouma mengakhiri hidupnya sendiri.
Kasus gouma kembali terjadi, kali ini menimpa salah satu dari anggota kelompok 1, dan dia adalah orang yang berbakat, dan yang paling penting dia adalah laki laki yang disukai sang main chara. Yups, Shun. Bagaimana saki harus menerima kenyataan ini? kamu akan mendapati hal yang miris dan menyayat diakhir hayat shun apalagi saat dia bilang ke saki “selama ini aku selalu menyukaimu”. Sayangnya saki g sempat membalas perkataannya kalau dia juga memiliki perasaan yang sama terhadap shun.
Setelah shun tiada, seperti biasa, ingatan murid murid akademi sage kembali di refresh dan menghilangkan shun dari otak mereka. Tapi ajaibnya saki masih bisa ingat dengan samar kalau ada anak laki laki dikelompok mereka yang hilang, dia juga ingat kalau dulu kelompok satu berjumlah 6 orang, tapi dia g tau nama dan wajahnya.
Tak berapa lama kemudian, masalah datang lagi, kali ini soal mamoru yang melihat nekodamashi. Tentu saja mereka akan takut melihat nekodamashi ini secara kalau kamu melihat mereka berarti kamu adalah target penyerangan hewan itu. Takut akan hal itu mamoru kabur. Tentu saja 3 temannya g akan tinggal diam. Mereka mencarinya dan menemukannya, mendengar alasan kabur dari mamoru, mereka sepakat untuk mencoba bicara pada pihak akademik. Satoru dan Saki akan mencoba bicara sementara maria akan menemani mamoru. Siapa sangka setelah mereka selesai dengan tugasnya dan ingin membawa mamoru dan maria pulang, mereka berdua malah raib. Maria hanya meninggalkan sepucuk surat perpisahan untuk Saki dan alasan kenapa dia juga ikut ikutan kabur dengan mamoru.
Berakhirnya arc ini hanya menyisakan kepedihan bagi Saki. Satu persatu anggotanya pergi dan sekarang hanya tinggal dia dan satoru saja. Time skip 12 tahun yang akan datang saat mereka berumur 26 tahun.
satoru dan saki
Arc 3, ini lebih tragis dari yang sudah sudah,kehilangan 3 orang teman terbaiknya emang sangat pedih, tapi arc kali ini saki harus kehilangan lebih banyak lagi. Saki 26 tahun sudah bekerja di pusat penelitian makluk asing. Kerjaan sebenarnya dia adalah untuk meneliti bakenezumi. Saki dan satoru dipertemukan kembali karna pekerjaan. Disini akan terjadi peperangan antara koloni koloni bakenezumi. Dan bagaimana sebenarnya salah satu dari koloni bakenezumi itu ingin menghancurkan umat manusia agar mereka dapat berkuasa. Disini juga akan muncul “akki” yaitu manusia yang udah g waras lagi hingga dia dapat membunuh manusia tanpa mendapatkan efek balik. efek balik? yups, ini semacam efek, jika manusia membunuh manusia maka mereka akan mendapatkan efek balik ini, berupa jantung berhenti berdetak, alias mati juga. Makanya manusia g bisa membunuh manusia, tapi akki yang merupakan manusia bisa melakukannya. Penduduk distrik 66 kamisu harus berhadapan dengan akki ini, ntah berapa banyak nyawa melayang akibat tragedy akki ini.
Dalam peradaban manusia saat itu, akki dan gouma adalah hal yang ditakutkan oleh orang dewasa. Makanya anak anak tanpa bakat atau anak bermasalah yang berpotensi menjadi gouma atau akki akan mereka lenyapkan melalui perantara nekodamashi.  Akki luar biasa mengerikan, jika gouma akan sadar kalau mereka malapetaka, tapi akki g, dia benar benar g waras, ini udah kayak monster saja.
Sekali lagi, Peran Saki dituntut  disini. Dia dikasih misi untuk ke Tokyo, Tokyo adalah kota yang udah kena radiasi sangat tinggi sehingga g ada yang tinggal disana lagi. Tokyo sudah menjadi reruntuhan. Saki diperintah mencari sebuah virus pembunuh yang mungkin saja bisa membunuh akki itu nantinya. Berhasilkah Saki? Saya lupa, satoru menemaninya, dan Shun yang dikenal saki sebagai anak laki laki tanpa rupa yang hidup dalam pikirannya juga turut menuntunnya.
 Itu saja yang akan saya sampaikan di arc 3, untuk lebihnya silahkan nonton anime. Bagi kamu yang suka anime yang ruwet, ini sangat cocok untuk ditonton. Masih banyak misteri yang g sempat saya bagi disini itu karna saya ingin kalian mendapatkan jawaban nya dari anime.
Saya belum menuliskan spoiler pamungkasnya disini, saya harap dengan tulisan ini kamu jadi terpancing ikutan nonton, hehe.  Atau yang udah nonton apakah kamu merasakan kalau shin sekai yori punya hawa yang sama dengan to aru majutsu no index? Hehe. Apalagi dibagian sekolah dan manusia yang memiliki kemampuan. Satu lagi, ntah kenapa saya merasa karakter Saki itu mirip dengan inspektur Tsunemori Akane  dari Psycoo pass. Mirip dari psikologinya. Segimanapun tsunemori akane dapat cobaan mental, psycoo pass nya selalu aman. Sama dengan Watanabe Saki, segimanapun beratnya masalah yang dihadapinya dia akan tetap maju mencari pembenaran walaupun kebenaran itu nantinya akan sangat menyakitkan. Tentu saja Saki masih akan tetap stabil dengan segala misteri yang mengerikan itu. Maria pernah bilang, g semua orang bisa tahan dengan masalah yang dihadapi saki, orang lain biasanya akan menyerah dan menghindarinya, bukan malah penasaran dan mencari tau. Saya pikir shun dan satoru adalah karakter paling kepo disini, tapi kenyataannya karakter yang terkepo sebenarnya adalah saki sendiri. sekilas terlihat saki hanya cewek biasa, tapi kemampuan sebenarnya ya itu tadi, mampu bersikap stabil dan berpikir jernih saat orang lain mulai goyah dan menjadi tak terkendali. Karna kemampuan ini juga neneknya satoru menunjuknya sebagai pengganti nya sebagai orang paling berpengaruh di distrik 66 kamisu mereka andai kata nenek nya satoru ini mati atau turun tahta.
Satoru? Saat kecil dia suka dapat info info g jelas ntah dari mana, lalu menceritakannya kepada teman temannya. G sedikit info info yang terdengar ngaur itu ternyata teruji kebenarannya karna mereka mengalaminya sendiri.  yah, tipe anak laki laki berdarah panas, tapi setelah bertambahnya umur dia menjadi lebih tenang dan sedikit keren. Sebenarnya diantara mereka berlima ini g begitu menonjol kali karakternya. Hampir biasa. Maria yang anggun dan berjiwa feminism. Mamoru cowok lemah lembut yang pendiam dan rada penakut. Shun yang kalem dan penuh misteri. Bagian menariknya emang bukan di pengkarakteran sih, tapi di alur ceritanya.
Lalu soal hubungan cinta. Seperti yang saya bilang diatas, jangan menyerah hanya karna satu episode isinya murid murid lagi ber m@h* an, skip aja, episode berikutnya g akan separah itu lagi. Saki dari kecil udah menaruh hati sama Shun, pacarannya sama Maria, lalu nikahnya sama Satoru. Padahal sedari awal g ada tanda tanda saki ini menyukai satoru, begitupun satoru yang selama abg nya pacaran sama shun dan samar samar masih merasakan itu bahkan saat udah gede. Tapi kalau dilihat dari episode terakhir, kayaknya satoru mulai menyukai saki terus ngajak nikah. Kenapa begitu, pas nikahan satorunya nge blushing, selagi sakinya biasa aja, hehe.
selain cerita yang unik dan complex, kostum mereka sehari hari juga menarik perhatian saya, ntah kenapa dimata saya gaya berbusana mereka itu elegan, perpaduan tradisional yang modern.
Terakhir soal lagu opening yang g ada, dan lagu ending pertama yang mengesankan. Hanya ending pertama saja yang saya suka, judulnya “wareta ringo” yang dinyanyiin seiyuunya saki, taneda risa. Ending kedua agak mellow dan kurang impac bagi saya.
Kesimpulannya, ini adalah anime wajib tonton, kualitasnya diakui netter pencinta anime, nilainya masuk jajaran tinggi di MAL.  Bahkan shin sekai yori masuk 5 besar anime terbaik versi saya, hehe.

13 komentar:

  1. Sebenarnya agak kecewa shun ngga ad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kecewa kenapa g dari dulu bilang suka sama saki, malah mau magi baru nyatakan Cinta.

      Hapus
  2. Kesan pertama nonton nih anime, kayak ada rasa pahit pahit nya gitu!! Unsur L.G.B.T maksud nya... Udah plot cerita nya bener2x mind fu*k, jga settingnya mlah muter2x d kepala! Eh, tp pas dr arc pertengahan mnuju ending baru nyadar klo rasa bersalah sma pendapat sya pd anime itu terlalu naif! Dan emang yg kyak begini seharusnya d dibutuhkan oleh kita sbg penikmat anime yg perlu menyuguhkan edukasi dr pada hnya mengandalkan komersil atau fan service doank! Ya, contohnya sperti settingan jaman skarang.... Dikit-dikit oppai :V

    BalasHapus
  3. cerita cinta saki dan satoru hanya ada di manga dan novel nya saja, smentara di anime nya hanya scene nikah nya. bahkan yg menyatukan kedua nya adalah shun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo di manga sma novelnya saki sbnarnya suka ga sama satoru ap jgn" nikah 1 pihak ?

      Hapus
  4. cerita cinta saki dan satoru hanya ada di manga dan novel nya saja, smentara di anime nya hanya scene nikah nya. bahkan yg menyatukan kedua nya adalah shun

    BalasHapus
  5. cerita cinta saki dan satoru hanya ada di manga dan novel nya saja, smentara di anime nya hanya scene nikah nya. bahkan yg menyatukan kedua nya adalah shun

    BalasHapus
  6. cerita cinta saki dan satoru hanya ada di manga dan novel nya saja, smentara di anime nya hanya scene nikah nya. bahkan yg menyatukan kedua nya adalah shun

    BalasHapus
  7. sebenarnya animenya bagus sih,cuma ceritanya memang harus ekstra dipahami,dan yg paling nyebelin itu hubungan mereka

    BalasHapus
  8. kadang ane rada ngeblank liat cerita nya

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.